Hibur Warga Saat Pandemi, Kebun Binatang Ragunan Tawarkan Tur Virtual Satwa

Sabtu, 30 Mei 2020 18:00 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Hibur Warga Saat Pandemi, Kebun Binatang Ragunan Tawarkan Tur Virtual Satwa Wisata Virtual Masa Pandemi di Kebun Binatang Ragunan. Instagram Ragunan Zoo ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebun Binatang Ragunan melakukan inovasi dengan mengadakan tur virtual dengan menggunakan Instagram live lewat akun resmi @ragunanzoo. Hal ini dilakukan untuk menghibur warga di masa pandemi Covid-19.

Dikutip dari Antara, Ketut Widarsana selaku Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan mengungkapkan jika pihaknya terus berupaya menghibur warga yang tidak bisa menyaksikan secara langsung atraksi hewan-hewan di Kebun Binatang Ragunan.

1 dari 5 halaman

Dilaksanakan Setiap Minggu

wisata virtual masa pandemi di kebun binatang ragunan

Instagram Ragunan Zoo ©2020 Merdeka.com

Ketut juga menjelaskan jika atraksi berbagai jenis hewan akan dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 10 pagi dan selalu diisi oleh hewan-hewan yang berbeda.

Ia ingin mengajak masyarakat yang berada di rumah tetap bisa berwisata melalui media sosial Instagram.

2 dari 5 halaman

Mengupas Secara Tuntas Seputar Hewan yang Ditampilkan

Dalam setiap pelaksanaan tur virtual tersebut, selain menampilkan kegiatan para hewan, juga akan dikenalkan seputar habitat, cara bertahan hidup, hingga status populasi dari hewan yang beratraksi. Kebun Binatang Ragunan berupaya menampilkan sisi edukasi kepada masyarakat selain memperlihatkan jenis hewan.

“Jadi fasilitas ini dikelola oleh tim, para petugas berkreasi bersama satwa dan disiarkan langsung melalui media sosial, mengenalkan para satwa yang beratraksi, cerita singkat keberadaannya di Ragunan serta fungsi dari satwa di habitatnya hingga status populasi, sehingga mengandung unsur pendidikan di dalamnya,” terang Ketut.

3 dari 5 halaman

Episode Ratna dan Dio

wisata virtual masa pandemi di kebun binatang ragunan

Instagram Ragunan Zoo ©2020 Merdeka.com

Tur virtual satwa yang terdekat akan dilaksanakan pada Minggu (31/5) bersama Ratna dan Dio yang merupakan spesies Orang Utan Sumatera. Atraksinya sendiri akan dimulai lebih awal yaitu pukul 09.00 WIB.

“Jangan sampai kelewatan ya besok akan ada atraksi dari Ratna dan Dio, spesies Orang Utan Sumatera, agar bisa sedikit mengobati kerinduan kalian, jangan lupa ajak keluarga dan teman – teman. Tetap #dirumahja agar pandemi ini cepat berlalu, dan kita bisa bertemu secara langsung,“ tulis ajakan di akun Instagram @ragunanzoo.

4 dari 5 halaman

Miliki Koleksi 2.800 Ekor Satwa

Sementara itu Kebun Binatang Ragunan saat ini telah memiliki koleksi sebanyak 2.800 ekor satwa mulai dari yang kecil seperti burung dan hewan pengerat, hingga yang berukuran besar seperti harimau, gajah dan jerapah.

Hewan-hewan tersebut ke depannya juga akan ditayangkan dalam tur virtual yang dipilih oleh petugas.

Sebelumnya aksi menggemaskan hewan yang telah dilaksanakan dalam tur virtual tersebut adalah gajah sumatera pada 10 Mei, harimau sumatera pada 17 Mei, dan siamang pada 21 Mei.

5 dari 5 halaman

Kondisi Satwa

wisata virtual masa pandemi di kebun binatang ragunan

Instagram Ragunan Zoo ©2020 Merdeka.com

Kebun Binatang Ragunan sendiri sudah mulai tutup sejak 14 Maret 2020  lalu. Hingga saat ini kebun binatang ini terus memperhatikan kondisi para satwa hingga tempat tinggalnya. Sehingga ribuan hewan tersebut bisa terjaga kondisinya mulai dari pengecekan kesehatan hingga pemenuhan pakan yang wajib diberikan setiap hari.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini