Selain Indonesia, 6 Negara Ini Juga Belum Lakukan Lockdown Karena Corona

Rabu, 1 April 2020 06:46 Reporter : Miftahul Arifin
Selain Indonesia, 6 Negara Ini Juga Belum Lakukan Lockdown Karena Corona Presiden Jokowi pidato di sidang tahunan DPR. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah virus Corona merebak di berbagai belahan dunia telah menjadi perhatian. WHO telah meningkatkan status virus yang dinamai Covid-19 ini sebagai pandemi.

Sejumlah negara seperti Italia, Denmark, Prancis, Hongkong dan lainnya sudah melakukan lockdown, ketika virus itu masuk ke wilayah mereka. Langkah tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona di kalangan masyarakat.

Dari beberapa sumber yang dihimpun, masih ada beberapa negara yang belum mengeluarkan status lockdown dengan berbagai alasan. Selain Indonesia, 6 negara-negara ini masih belum memberlakukan lockdown.

1 dari 6 halaman

1. Korea Selatan

bioskop drive in di korea selatan

Ed Jones/AFP


Korea Selatan memiliki pendekatan berbeda untuk menangani pandemi corona. Yakni dengan melakukan tes virus corona dengan cepat dan dalam jumlah yang besar.

Meskipun jumlah yang terjangkit virus corona banyak akan tetapi Korsel tidak menerapkan 'lockdown' sepenuhnya, karena menganggap metode ini tak bisa dilakukan di sebuah negara yang demokrasi.

Pemerintah hanya memberlakukan lockdown untuk wilayah Daegu yang menjadi awal munculnya virus corona di negeri ginseng tersebut.

2 dari 6 halaman

2. Singapura

universal studios di singapura

REUTERS/Edgar Su

Salah satu negara yang belum memberlakukan status lockdown ialah Singapura. Negeri yang terkenal dengan patung singa ini hanya membatasi pergerakan warga atau dengan istilah lain social distancing.

3 dari 6 halaman

3. Hongkong

aksi protes staf medis di hong kong tutup perbatasan dari china

2020 AFP PHOTO/ANTHONY WALLACE


Sama Seperti halnya Singapura, pemerintah Hongkong belum memberlakukan status lockdown. Hongkong memiliki cara untuk penanganan virus corona, yaitu dengan melakukan pelacakan.

Pelacakan yang dilakukan Hongkong cukup cepat dan jitu dalam menangani kasus pasien terinfeksi, mengingat negaranya sangat dekat dengan China, yang menjadi wilayah pertama ditemukan.

4 dari 6 halaman

4. Taiwan

art center taiwan

2019 Merdeka.com


Taiwan, secara geografis posisi Taiwan cukup dekat dengan Wuhan, pusat penyebaran virus corona pertama di dunia. Namun, pemerintah di Taiwan bisa meredam virus tanpa melakukan lockdown.

5 dari 6 halaman

5. Amerika Serikat

senyuman donald trump usai batal dimakzulkan

2020 REUTERS/Joshua Roberts


Pemerintah Amerika Serikat juga belum melakukan lockdown meski di beberapa wilayah negara bagian, seperti California dan New York sudah memberlakukan lockdown terhadap wilayahnya.

Presiden Donald Trump merasa belum butuh melakukan lockdown atau karantina berskala nasional untuk menangani pandemi virus Corona atau COVID-19. Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah Amerika sejauh ini sudah cukup.

6 dari 6 halaman

6. Indonesia

presiden jokowi

2020 Merdeka.com

Sejak virus corona masuk ke Indonesia dan terus merebak ke berbagai wilayah tanah air sudah mulai terinfeksi oleh virus ini. Dan, wilayah yang terdampak cukup parah adalah DKI Jakarta.

Namun sampai saat ini pemerintah Indonesia belum memberlakukan status lockdown secara nasional. Walau begitu, banyak daerah yang melakukan lockdown mandiri.

[mif]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini