Cocok untuk Liburan, Sungai Cidomas Purwakarta Tawarkan Pesona Air Jernih Kebiruan

Jumat, 27 Mei 2022 14:10 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Cocok untuk Liburan, Sungai Cidomas Purwakarta Tawarkan Pesona Air Jernih Kebiruan Wisata Sungai Cidomas. ©2022 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Merdeka.com - Di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terdapat sebuah destinasi yang menarik bernama Sungai Cidomas di Desa Parakan Garogek, Kecamatan Kiarapedes. Lokasi tersebut memiliki daya tarik yang unik, lantaran airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan.

Saat berada di lokasi, suasana sejuk langsung terasa menyapa para pengunjung. Terlebih titik sungainya yang berada di tengah hutan perbukitan, sehingga bisa mengobati rasa lelah dari hiruk pikuk perkotaan selama sepekan.

Untuk saat ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk dan hanya diminta membayar seiklashnya. Pengelola hanya mengajak agar lokasi bisa turut dijaga kebersihannya. Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 4 halaman

Memiliki Julukan Green Canyonnya Purwakarta

wisata sungai cidomas

©2022 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Dilansir dari kanal YouTube Liputan6 SCTV, Jumat (27/5), Sungai Cidomas selama ini memiliki sejumlah julukan yakni Blue River dan Green Canyonnya Purwakarta. Pemberian nama itu terkait keindahannya yang disebut merujuk ke sana.

Pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang di sungai, dengan kondisi air yang amat jernih. Selain jadi tempat yang asyik buat berenang, sekitar lokasi juga jadi area yang direkomendasikan untuk berswafoto ria. Hamparan pepohonan akan menjadi objek yang indah di dalam gambar.

Meski sedang dalam kondisi musim kemarau, keadaan air di lokasi sungai tidak akan berkurang dan tetap melimpah bersih.

3 dari 4 halaman

Rute Menuju Lokasi

Karena aksesnya yang masih alami, para pengunjung akan diharuskan berjalan kaki dari lokasi parkir di kawasan desa menuju lokasi sungai sejauh 500 meter. Namun tak perlu khawatir. Indahnya pemandangan khas pedesaan dataran tinggi, membuat rasa lelah hilang seketika.

Salah satu pengunjung asal Purwakarta, Rian, mengatakan jika lokasi tersebut sangat membuat nyaman. Terlebih kondisi lingkungan yang selalu dijaga kebersihannya oleh warga setempat.

“Tempatnya enak, dan ini menyatu dengan alam. Sejuk pokoknya di sini” terangnya

Warna Hijau Kebiruan Berasal dari Pantulan Matahari

 

Untuk warna hijau kebiruan yang menjadi daya tarik dari lokasi karena berasal dari pantulan sinar matahari dengan bebatuan yang ada di bawah sungai.

Kesegaran air tetap terjaga, karena berasal dari mata air alami kaki Gunung Barurang yang letaknya tak jauh dari lokasi. Suasana itu yang juga dikesankan oleh pengunjung lainnya bernama Desna.

“Karena tempatnya sejuk, nyaman. Di sini pemandangannya indah, dan airnya dingin” kata Desna

4 dari 4 halaman

Sensasi Melompat Dari Ketinggian

wisata sungai cidomas
©2022 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Terakhir, aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi adalah melompat dari atas ketinggian. Di sekitar celah antara bebatuan, warga setempat telah memasang bentangan bambu yang bisa digunakan wisatawan untuk melompat dari ketinggian.

Penjaga sungai, Abah Resmana terus berpesan kepada para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarang dan bersama-sama menjaga keindahannya agar bisa terus dinikmati oleh wisatawan.

“Untuk tiket memang seikhlasnya aja, ini untuk kebersihan” kata Abah Resna. [nrd]

Baca juga:
Wisata Cikole yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Instagramable
Jatinangor Bakal Punya Taman Bunga Seluas 8 Hektare, Ini Bocoran Fasilitasnya
Wisata Batang Populer dan Menarik, Bisa Jadi Destinasi Liburan Asik

 

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini