Cerita Yohan Wijaya, Pria Asal Pangandaran yang Raup Untung Rp8 M dari Serabut Kelapa

Jumat, 13 November 2020 12:44 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Cerita Yohan Wijaya, Pria Asal Pangandaran yang Raup Untung Rp8 M dari Serabut Kelapa Kisah pengrajin serabut kelapa di Pangandaran yang raup omzet hingga Rp 8 M. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia, banyak melumpuhkan sektor usaha. Namun hal yang berbeda justru dirasakan oleh Yohan Wijaya (37), seorang pengusaha limbah serabut kelapa di Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat.

Di masa sulit seperti sekarang, Yohan justru kewalahan melayani pesanan kreasi serabut kelapa. Ia berhasil menyulap produk media tanam organik yang biasa disebut Cocofeat dan Cocofiber menjadi beragam produk kreatif.

Seperti dilansir dari Liputan6, produk unggulannya tersebut ia pasarkan hingga ke luar negeri. Produk bantalan jok mobil, belt lading, peredam, pengganti kom, hingga pembuatan matras, tali, kasur, sofa dikirim hingga ke Tiongkok dan Jepang.

"Kecuali Februari hingga Mei saat China lockdown total, sekarang malah kami kelabakan akibat banyaknya permintaan," ujar Yohan, di pabriknya Kampung Sidahurip, Desa Cinta Karya, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Rabu (11/11).

Baca Selanjutnya: Berawal dari Banyaknya Limbah Kelapa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini