Cegah COVID-19, Segera Cuci Tangan Setelah Menyentuh 5 Benda Ini

Rabu, 8 April 2020 17:00 Reporter : Andre Kurniawan
Cegah COVID-19, Segera Cuci Tangan Setelah Menyentuh 5 Benda Ini Ilustrasi cuci tangan. ©Pixabay

Merdeka.com - Virus pernapasan seperti penyakit coronavirus (COVID-19) menyebar ketika lendir atau tetesan yang mengandung virus masuk ke tubuh Anda melalui mata, hidung, atau tenggorokan. Namun umumnya, penularan terjadi melalui tangan Anda. Tangan juga merupakan menjadi salah satu media paling umum dalam penyebaran virus dari satu orang ke orang lain.

Selama pandemi COVID-19 seperti saat ini, salah satu cara termurah dan termudah untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin. Dengan mencuci tangan, Anda sudah melindungi diri dan keluarga dari penularan penyakit.

Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman di sebagian besar situasi. Jika sabun dan air tidak tersedia, Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Anda dapat mengetahui apakah pembersih mengandung setidaknya 60% alkohol dengan melihat label produk.

Mencuci tangan dapat menjaga kebersihan, menghentikan kuman di jalurnya, dan membatasi perpindahan bakteri, virus, serta kuman lainnya. Tapi, tentu kita tidak bisa menjaga tangan kita selalu bersih. Namun, penting untuk mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda ini.

1 dari 5 halaman

Uang

ilustrasi uang

2013 Merdeka.com/shutterstock.com/rineca

Mungkin saat ini banyak transaksi sudah menggunakan kartu kredit atau dengan pembayaran virtual. Tetapi terkadang kita tetap saja masih menggunakan uang tunai.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan ratusan mikroorganisme termasuk bakteri dan virus pada uang kertas. Ditambah lagi uang juga selalu beredar dan berpindah tangan, sehingga bakteri dan virus yang ada di dalamnya pun ikut meningkat. Selalu cuci tangan setelah Anda memegang uang tunai untuk mengurangi risiko tertular penyakit.

2 dari 5 halaman

Pegangan Pintu

ilustrasi pintu hotel

Shutterstock.com/sixninepixels

Salah satu waktu yang baik untuk mencuci tangan adalah setelah Anda menggunakan transportasi umum atau ketika Anda berkunjung ke suatu tempat umum.

Karena banyak orang akan menyentuh benda-benda yang sama seperti pegangan pintu, pegangan pada escalator, hingga tiang pada kendaraan umum.

3 dari 5 halaman

Smartphone

012 indra cahya

2016 Merdeka.com

Saat ini teknologi sudah sangat memudahkan seseorang untuk melakukan apa pun. Dengan mengusap layar pada smartphone Anda, Anda sudah bisa melakukan apa pun.

Namun, dengan seringnya layar smartphone Anda disentuh, itu berarti sudah banyak kuman, bakteri, dan virus menempel di sana. Selalu mencuci tangan ketika akan menggunakan dan ketika selesai menggunakan smartphone Anda.

4 dari 5 halaman

Pompa Sabun

001 ita malau

2018 Merdeka.com

Pompa yang terletak pada kemasan sabun isi ulang juga berisiko mengandung banyak kuman. Karena sudah banyak tangan yang menyentuh bagian tersebut.

Jangan sampai tangan Anda terkena banyak bakteri dan virus ketika Anda ingin menghilangkan mereka. Bersihkan terlebih dahulu pompa tersebut sebelum digunakan.

5 dari 5 halaman

Benda di Rumah Sakit

pelayanan rumah sakit

shutterstock

Dengan banyaknya pasien yang selalu datang sepanjang waktu, sebagian besar barang di rumah sakit mengandung kuman, bakteri, dan virus. Di sana kemungkinan besar akan melakukan kontak dengan pegangan pintu, sandaran tangan pada kursi, sandaran kursi, atau toilet.

Selalu sempatkan untuk mencuci tangan dengan benar setelah Anda selesai melakukan kunjungan ke rumah sakit.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini