Cara Menyablon yang Bisa Dilakukan di Rumah, Mudah Dipraktikkan

Rabu, 4 November 2020 11:00 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Menyablon yang Bisa Dilakukan di Rumah, Mudah Dipraktikkan sablon rumahan. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sablon kaos adalah salah satu jenis usaha yang banyak diminati. Sablon adalah proses menekan tinta melalui layar jaring stensil untuk membuat desain. Ini adalah teknik populer yang digunakan di berbagai industri yang berbeda, jadi meskipun Anda belum pernah mendengar istilah ini sebelumnya, namun Anda mungkin tanpa sadar pernah menggunakan produk cetakan layar.

Sablon adalah teknik yang efektif untuk membuat poster atau karya seni. Selain itu, metode ini juga dapat digunakan untuk mencetak desain pada kain, sehingga sangat bermanfaat untuk membuat pakaian dengan desain dan produk khusus.

Sablon adalah proses mentransfer desain stensil ke permukaan datar menggunakan layar jala, tinta, dan alat pembersih yang terbuat dari karet. Kain dan kertas adalah permukaan yang paling sering dicetak pada layar, tetapi dengan tinta khusus juga memungkinkan untuk dicetak pada kayu, logam, plastik, dan bahkan kaca. Metode dasarnya melibatkan pembuatan stensil pada layar jaring halus, dan kemudian mendorong tinta atau cat, untuk membuat cetakan desain pada permukaan di bawahnya.

Salah satu alasan mengapa teknik cara menyablon banyak digunakan karena teknik ini menghasilkan warna yang cerah, bahkan pada kain yang gelap sekalipun. Karena stensil yang sama dapat digunakan untuk mereplikasi desain berulang kali, teknik ini sangat berguna untuk membuat banyak salinan dari pakaian dengan desain yang sama. Hal ini membuat sablon menjadi teknik yang sangat efisien untuk membuat pakaian seragam dalam jumlah besar.

Jika Anda tertarik dengan sablon, atau ingin membuka usaha sablon, berikut kami berikan cara menyablon yang dilansir dari rumahsablonkaos.com.

Baca Selanjutnya: Cara Menyablon...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini