Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan, Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Kamis, 24 Februari 2022 11:11 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan, Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi Ilustrasi radang tenggorokan. © iStock

Merdeka.com - Tenggorokan gatal merupakan salah satu gejala yang muncul saat kamu mengalami radang tenggorokan. Penyakit ini bisa dibilang hampir sering menimpa banyak orang. Meskipun sering kali dapat sembuh sendiri, tak lantas kamu jadi menyepelekannya.

Selain membuat tak nyaman, radang tenggorokan juga bisa jadi suatu gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Radang tenggorokan sering terjadi salah satunya karena seringnya kita menyepelekan terkait menjaga kesehatan tenggorokan salah satunya dengan tidak makan sembarangan.

Makanan yang terlalu panas dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Untuk itu, imbangi setiap konsumsi makananmu dengan buah-buahan yang kaya akan nutrisi. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai cara menjaga kesehatan tenggorokan, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

1. Hindari Polusi Udara

Cara menjaga kesehatan tenggorokan yang pertama adalah dengan menghindari polusi udara. Sebab, sedikit banyak radang atau nyeri tenggorokan juga dapat terjadi akibat terpapar asap atau polusi udara yang ada di sekitar lingkungan hidup.

Menghindari sumber polusi udara adalah hal yang harus dilakukan. Namun, jika kita harus tetap berkegiatan di sekitarnya maka memakai masker bisa menjadi solusi.

2. Hindari Suhu Dingin

Cara menjaga kesehatan tenggorokan berikutnya adalah dengan menghindari suhu dingin. Hal ini tak lain karena ternyata suhu panas dari tubuh kamu bisa hilang dengan sendirinya. 40 hingga 50 persen suhu panas tubuh bisa hilang dari permukaan kepala dan leher.

Padahal saat suhu di area leher berubah dingin, tenggorokan akan rentan dilanda rasa sakit seperti batuk dan demam. Biasakan untuk memakai syal di leher kamu untuk menjaga kehangatan pada tenggorokan.

3. Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Tenggorokan

Salah satu cara menjaga kesehatan tenggorokan adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan yang kamu konsumsi memiliki nutrisi yang baik sehingga dapat menjaga kesehatan tenggorokan kamu. Beberapa makanan yang baik untuk tenggorokan di antaranya yogurt, kentang rebus, jeruk nipis, oatmeal, susu, hingga telur rebus.

3 dari 3 halaman

4. Minum Air Jahe dan Madu

Setiap orang pasti sudah mengetahui cara yang satu ini. Cobalah untuk rutin minum air jahe dan madu 2-3 kali tiap minggu. Buatlah dengan air hangat dan cocok untuk diminum saat pagi. Jahe dan madu adalah ramuan terbaik untuk melindungi tenggorokan.

5. Jangan Berbagi Peralatan

Selain minum air jahe dan madu, cara menjaga kesehatan tenggorokan juga dapat dilakukan dari hal kecil dengan tidak berbagi peralatan. Jangan pernah mencoba untuk minum dari gelas atau botol yang sama dengan orang lain. Hal itu bisa menyebabkan risiko kontaminasi kuman atau bakteri masuk, sehingga dapat mengancam kesehatan tenggorokan kamu.

6. Penuhi Cairan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan tenggorokan penting untuk mencukupi asupan cairan untuk tubuh. Maka dari itu, salah satu cara mencegah radang tenggorokan adalah dengan menjaga asupan cairan setiap hari. Usahakan minum air putih setidaknya dua liter sehari.

7. Rajin Mencuci Tangan

Sudah jadi rahasia umum kalau telapak tangan dapat menjadi sarang untuk banyak kuman penyebab penyakit, termasuk radang tenggorokan. Rajin mencuci tangan dengan cara yang benar, menggunakan sabun dan air mengalir, dapat efektif membunuh kuman.
Dengan tangan yang bersih, maka risiko penularan penyakit dapat diminimalisasi karena tak ada lagi kuman yang menempel dan bisa tersebar dari tangan kita. [nof]

Baca juga:
Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan Susah Menelan, Ini Ragam Langkahnya
Cara Mengatasi Gatal Tenggorokan dengan Bahan Alami, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini