Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Hidup, Buat Hati lebih Tenang dan Ikhlas

Selasa, 20 April 2021 09:01 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Hidup, Buat Hati lebih Tenang dan Ikhlas Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Jika Anda sering berkendara di jalan raya, Anda pasti pernah mendengar suara klakson di lampu lalu lintas ketika lampu tersebut baru saja berubah hijau. Atau ketika pengendara yang membuka palang pintu kereta api sendiri ketika kereta hendak lewat. Semua itu merupakan tindakan yang berasal dari ketidaksabaran seseorang.

Setiap orang pasti ingin segala sesuatunya berjalan cepat dan lancar bagi dirinya. Namun, kita juga harus ingat bahwa kita hidup di lingkungan bersama dengan orang lain, sehingga kita juga harus memikirkan apa yang ada di sekeliling kita sebelum bertindak. Dan kesabaran berperan penting dalam mengontrol keinginan individu tersebut.

Ketidaksabaran tidak hanya berpengaruh negatif pada lingkungan, tapi juga tubuh kita. Saat kita tidak sabar, tubuh melepaskan hormon stres kortisol. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) menunjukkan bahwa ”hormon stres merangsang trombosit, membuatnya lebih mungkin menggumpal di arteri yang sudah menyempit karena penyakit jantung, dan proses ini dapat mengakibatkan serangan jantung. Hormon ini juga menyebabkan sel lemak tubuh melepaskan lemak ke aliran darah."

Oleh karena itu, meningkatkan kesabaran menjadi sangat penting bagi setiap individu. Belajar untuk sabar juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental, di mana hati kita menjadi lebih tenang dan ikhlas.

Dikutip dari emindful, berikut kami sampaikan beberapa cara meningkatkan kesabaran dalam hidup yang akan membuat hidup Anda menjadi lebih tenang.

Baca Selanjutnya: Perhatikan Saat Anda Kehilangan Kesabaran...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini