Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Bisa dengan Bahan Alami

Kamis, 14 Oktober 2021 17:01 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Bisa dengan Bahan Alami karang gigi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Perlu diketahui, jika Anda sudah merawat gigi dengan baik di rumah, Anda masih memiliki bakteri di mulut Anda. Mereka bercampur dengan protein dan produk sampingan makanan untuk membentuk lapisan lengket yang disebut plak gigi.

Kotoran ini akan melapisi gigi, di bawah garis gusi, dan menempel pada tambalan atau perawatan gigi lainnya. Plak membawa bakteri yang dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Tetapi jika Anda menghilangkan plak secara teratur, Anda dapat mencegah kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi.

Akan tetapi, masalah yang lebih besar muncul jika plak tetap berada di gigi Anda dan mengeras menjadi karang gigi. Karang gigi, yang juga disebut kalkulus, terbentuk di bawah dan di atas garis gusi. Karang gigi ini terasa kasar dan dapat menyebabkan penyakit gusi. Itulah kenapa masalah gigi ini harus segera dikonsultasikan pada dokter gigi.

Kebersihan mulut yang buruk sangat berperan dalam munculnya masalah dalam mulut. Menyikat gigi dua kali sehari merupakan cara terbaik untuk menghilangkan plak pembentuk karang gigi. Namun, jika plak tersebut sudah menjadi karang gigi yang mengeras Anda bisa mencoba cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras berikut ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

ilustrasi baking soda
©Pixabay

Soda kue

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang pertama adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue bersifat agak abrasif, yang berarti efektif untuk menggosok penumpukan karang gigi dari email gigi.

Dikutip dari doctor.ndtv.com, yang Anda butuhkan hanyalah satu sendok teh soda kue, pasta gigi, garam (opsional) dan sikat gigi. Campurkan soda kue dengan garam, atau cukup gunakan soda kue untuk mencoba cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras ini.

Letakkan di bulu sikat gigi Anda dan gosok gigi Anda dengan itu. Kemudian bilas mulut dengan air hangat. Anda juga bisa mencampurkan soda kue dengan pasta gigi dan menyikat gigi dengan bahan itu.

Cukup perhatikan jumlah soda kue yang digunakan. Karena jika kelebihan dapat merusak email gigi. Gunakan salah satu dari teknik ini dua kali seminggu untuk melihat hasilnya.

putih
©Snug Hug

Cuka putih

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang kedua yaitu dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi serta mencegah akumulasinya.

Asam asetat dalam cuka putih mempromosikan demineralisasi email gigi. Untuk mencobanya, Anda hanya perlu menyiapkan larutan cuka putih dan gunakan sebagai obat kumur secara teratur.

Ambil setengah cangkir air dan tambahkan 2 sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Aduk rata dan gunakan dua kali sehari untuk berkumur.

3 dari 4 halaman

Kulit jeruk

jeruk
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang ketiga yakni dengan kulit jeruk. Anda dapat menggunakan kulit buah ini langsung untuk gigi Anda dan membersihkannya dengan itu.

Ambil sepotong kulit jeruk dan gosokkan pada gigi Anda selama 2 menit. Biarkan dan cuci. Anda juga bisa membuat pasta dari ini dan gosokkan ke gigi Anda.

Lalu, bilas mulut Anda dengan air hangat. Ulangi cara ini dua atau tiga kali seminggu. Ini adalah cara yang mudah dan efektif untuk menghilangkan karang gigi pada gigi Anda.

ilustrasi lidah buaya
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Lidah buaya

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras yang berikutnya adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya memang pahit, tapi bisa bekerja luar biasa dalam menghilangkan karang gigi dari gigi Anda.

Gunakan bersama dengan beberapa bahan lagi untuk membuat pasta dan gunakan untuk membersihkan gigi Anda. Ambil satu sendok teh gel lidah buaya, empat sendok teh gliserin, 5 sendok makan soda kue, minyak esensial lemon, dan secangkir air.

Campur bahan-bahan ini dan gosokkan pada gigi Anda. Ulangi cara ini setiap hari sampai plak dan karang gigi hilang. Setelah itu lakukan ini setiap tiga sampai empat hari.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah

Dilansir dari medicalnewstoday.com, cara terbaik untuk mencegah penumpukan plak dan karang gigi pada gigi adalah dengan flossing sekali sehari dan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Pemeriksaan gigi secara teratur dan pembersihan profesional juga dapat membantu mencegah dan mengobati masalah kesehatan mulut.

Dokter gigi akan memeriksa seluruh mulut, memeriksa tanda-tanda kerusakan gigi dan penyakit gusi. Mereka juga akan menghilangkan plak atau karang gigi di permukaan gigi dan di tempat yang sulit dijangkau. Dokter gigi juga dapat merawat gigi dengan fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Perubahan pola makan juga dapat membantu mencegah penumpukan plak dan karang gigi. Mengurangi gula, pati, dan makanan asam dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.

Untuk mengurangi risiko plak dan karang gigi, seseorang harus menghindari:

  • kue dan permen
  • makanan bertepung atau manis yang dapat menempel pada gigi, seperti roti, keripik kentang, dan beberapa buah kering
  • soda dan minuman olahraga
  • jus jeruk
[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini