Cara Membuat Origami Burung Bangau, Mudah dan Menyenangkan

Minggu, 31 Mei 2020 18:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Membuat Origami Burung  Bangau, Mudah dan Menyenangkan origami. ©2013 Merdeka.com/amusingplanet.com

Merdeka.com - Siapa yang tidak mengenal kertas origami? Kertas jenis ini sangat mudah dikreasikan ke dalam beragam bentuk benda dan sering kali dijadikan sebagai media bermain yang seru. Bisa dilakukan bersama anak-anak, baik di sekolah maupun di rumah. Selain hasilnya bisa untuk hiasan ruangan belajar atau kamar tidur, seni melipat kertas origami juga dapat melatih kecerdasan anak.

Bagi kamu yang sudah kehabisan akal menghabiskan weekend di rumah bersama anak, kamu bisa melakukan kegiatan mengkreasikan kertas origami. Tentu saja banyak sekali bentuk-bentuk benda yang bisa dibuat dari kertas origami, mulai dari bentuk bunga mawar, bunga sakura, angsa, dan juga burung bangau. Untuk pemula sangat disarankan untuk memilih yang paling mudah supaya tidak menyulitkan anak saat bermain nanti.

Salah satu bentuk kreasi origami yang paling mudah ditiru adalah origami burung bangau. Jadi jangan ragu lagi untuk lekas mencoba permainan ini. Berikut cara membuat origami burung bangau yang telah dirangkum merdeka.com melalui Liputan6.com dan berbagai sumber lainnya pada Minggu, (31/5/2020).

2 dari 7 halaman

Langkah Pertama Membuat Origami Burung Bangau

Cara membuat origami burung bangau pertama adalah menyiapkan selembar kertas origami. Pada umumnya kertas origami ada yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jika kamu memiliki kertas origami persegi panjang, ubahlah kertas tersebut menjadi bentuk persegi sama sisi dengan melipat sudut atas ke bawah secara diagonal.

Kamu bebas untuk memilih kertas origami dengan warna apa pun. Namun, sebaiknya pilihlah kertas bermotif berwarna-warni, karena dengan kertas warna-warni kepakan sayap burung akan semakin indah.

Jika kertas memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya, tentukan sisi mana yang menghadap ke atas dan sisi mana yang menghadap ke bawah. Jika kertas kamu memiliki warna yang sama di kedua sisinya, buatlah tanda atau gambar kecil untuk mengenali kedua sisi tersebut. Sisi yang menghadap meja adalah sisi yang akan kamu lihat ketika burung selesai dibuat.

3 dari 7 halaman

Langkah Kedua Membuat Origami Burung Bangau

Setelah persiapan kertas selesai, langkah kedua membuat origami burung bangau adalah membuat lipatan diagonal. Mulailah dengan meletakkan kertas persegi tersebut di depan kamu, dengan sudut bawah kertas menunjuk ke dada kamu.

Pertemukan sudut atas kertas ke sudut bawah, kemudian gunakan jari untuk menegaskan lipatan. Sekarang kertas telah berbentuk segitiga yang sudutnya menghadap ke kamu. Kemudian buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

4 dari 7 halaman

Langkah Ketiga Membuat Origami Burung Bangau

Cara membuat origami burung bangau berikutnya dengan membaut lipatan diagonal yang lain. Putar posisi kertas dan buatlah lipatan lagi. Kali ini pertemukan sudut yang lain dengan sudut di seberangnya. Pertegas lipatan kedua dengan jari. Kedua lipatan tersebut akan membentuk huruf X pada kertas.

5 dari 7 halaman

Langkah Keempat Membuat Origami Burung Bangau

Cara membuat origami burung bangau yang keempat adalah melipat kertas menjadi dua secara horizontal. Letakkan kertas di depan kamu dengan posisi tepi bawah kertas sejajar dengan dada.

Lipatlah kertas menjadi dua, pertemukan tepi atas kertas dengan tepi bawahnya. Pertegas lipatan dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

Lipatlah kertas menjadi dua sekali lagi. Putarlah kertas ke samping dan lipatlah menjadi dua sekali lagi, kemudian pertegas lipatan tersebut dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut. Sekarang kamu telah memiliki empat bekas lipatan yang berpotongan di tengah kertas persegi.

6 dari 7 halaman

Langkah Kelima Membuat Origami Burung Bangau

Langkah kelima yaitu jepitlah sisi-sisinya untuk membentuk persegi yang lebih kecil. Jepitlah kedua sisi kertas sepanjang lipatan horizontal, pertemukan sudut kiri dan kanan menuju sudut bawah. Kedua sisinya akan bertemu di tengah, dan sudut atasnya akan terlipat menumpuk di atasnya untuk membentuk persegi yang lebih kecil.

Lipatlah sisi kanan. Dengan sudut bawah kertas mengarah ke dada kamu, lipatlah lapisan depan kertas dari sudut kanan ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah.

Lipatlah sisi kirinya. Lakukan hal yang sama dengan melipat lapisan depan kertas dari sudut kiri ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah. Gunakan jari untuk mempertegas lipatan.

7 dari 7 halaman

Langkah Keenam Membuat Origami Burung Bangau

Langkah keenam atau langkah terakhir yaitu balikkan kertas untuk membuat lipatan yang sama. Sekarang kertas terlihat seperti layang-layang di kedua sisinya. Bukalah layang-layang tersebut. Arahkan posisi kertas sehingga sudut bawahnya (bagian yang lipatannya dapat dibuka untuk memperlihatkan bagian dalamnya) mengarah ke dada.

Balikkan kertas. Ulangi lipatan tadi pada sisi yang lain. Bukalah layang-layang yang ada di sisi belakang kertas.

Lipatlah kedua bagian yang berada di bawah ke atas secara diagonal. Bukalah lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk wajik. Balikkan kertas dan bukalah lipatan. Lipatlah ujung salah satu bagian diagonal kertas ke bawah.

Lipatan terbalik ini akan membentuk kepala. Lipatlah salah satu sayap ke bawah. Balikkan sisi burung tersebut. Tariklah ekor untuk mengepakkan sayap dan selesai. 

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini