Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word, Praktis dan Sederhana

Selasa, 7 September 2021 21:00 Reporter : Andre Kurniawan
Cara Membuat Denah Lokasi dengan Microsoft Word, Praktis dan Sederhana ilustrasi denah. edrawsoft.com

Merdeka.com - Ketika hendak pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi, kita membutuhkan denah sebagai pemandu jalan. Pemandu jalan ini bisa kita dapatkan dari orang-orang sekitar, petunjuk jalan, atau dengan denah lokasi.

Untuk yang praktis, tentu pilihannya akan jatuh pada denah lokasi. Jika kita memiliki denah lokasi dari suatu tempat, kita bisa lebih mudah menemukan lokasi yang menjadi tujuan tanpa perlu bertanya atau mencari petunjuk jalan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya; peta atau gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya).

Denah lokasi seringkali terlihat seperti peta kecil yang menunjukkan detail dari suatu tempat. Denah lokasi ini biasa kita temukan di surat undangan pernikahan, brosur, atau surat rapat untuk menunjukkan lokasi dari acara.

Cara membuat denah lokasi sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu menggunakan perangkat lunak Microsoft Word untuk membuat peta kecil ini. Berikut kami sampaikan langkah-langkah cara membuat denah lokasi.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Denah Lokasi

Cara membuat denah lokasi dengan Microsoft Word cukup sederhana. Anda juga hanya akan menggunakan fitur-fitur yang mungkin pernah Anda gunakan sebelumnya. Hasilnya memang sederhana, namun cukup jelas dan akan sangat membantu dalam menunjukkan jalan.

Dilansir dari notesread.com, berikut adalah langkah-langkah cara membuat denah lokasi dengan Microsoft Word:

  1. Untuk mempraktikkan cara membuat denah lokasi di Microsoft Word, buka terlebih dahulu software Microsoft Word di komputer Anda. Setelah terbuka, langkah pertama pada cara membuat denah lokasi adalah membentuk citra jalan yang sesuai dengan denah lokasi. Caranya adalah dengan mengklik Insert kemudian masuk ke menu Shapes. Dalam menu Shapes pilih gambar yang berbentuk persegi panjang.
  2. Setelah itu, Anda dapat menggambar ukuran persegi panjang dengan mengklik tombol kiri mouse dan kemudian menahannya sambil menyeret mouse hingga terbentuk ukuran persegi panjang yang Anda inginkan. Kemudian pilih warna hitam pada Format > Shape Styles. Persegi panjang berwarna hitam ini akan mewakili bentuk jalan.

    cara membuat denah lokasi

    metodeku.com ©2020 Merdeka.com

  3. Anda perlu mengatur bentuk jalan secara keseluruhan di denah sesuai dengan lokasi yang sebenarnya. Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk membentuk jalanan.
  4. Selesai membuat jalanan, Anda perlu memberikan ikon untuk menunjukkan tempat-tempat yang mudah dikenali, seperti masjid, pom bensin, dan tentunya tempat yang dituju sebagai penanda yang memudahkan orang dalam membacanya. Ikon-ikon tersebut bisa Anda cari sendiri di internet, dan pilih ikon yang jelas dan mudah dikenali.

    cara membuat denah lokasi

    metodeku.com ©2020 Merdeka.com

  5. Untuk memudahkan orang membaca arah pada denah lokasi Anda, Anda bisa menambahkan anak panah pada jalan yang Anda buat. Buat panah-panah tersebut ke arah tempat tujuan. Untuk menggambar panah ini, Anda bisa menemukannya pada menu Shapes pada Insert. Untuk membuat anak panahnya mudah terbaca, ubah warnanya menjadi putih atau warna terang lainnya.

    cara membuat denah lokasi

    metodeku.com ©2020 Merdeka.com

  6. Cara membuat denah lokasi selanjutnya adalah memberi nama pada masing-masing ikon yang menandai jalur tersebut. Caranya klik menu Insert, lalu klik Text Box. Kemudian pilih Simple Text Box.

    cara membuat denah lokasi

    metodeku.com ©2020 Merdeka.com

  7. Selesai mengetik nama pada ikon, Anda harus menghapus garis luar pada kotak teks. Caranya klik kanan pada kotak teks, lalu pilih format dan cari Shape Outline pada menu Shape Styles. Setelah dapat, klik Shape Outline lalu pilih No Outline.
3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Denah

Dilansir dari bola.com, denah sendiri dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Denah sederhana, yaitu denah yang dibuat dalam bentuk praktis dan belum dipublikasikan secara resmi. Contoh: denah kelas dan tempat duduk siswa.
  • Denah desain kompleks, yaitu denah yang menciptakan bangunan atau lokasi dengan struktur kompleks. Satu di antara contohnya adalah peta kawasan wisata Baturaden yang dibuat oleh Kantor Pariwisata Banyumas.

Unsur-unsur Denah

Denah terdiri atas beberapa unsur utama, yaitu:

  • Judul. Setiap pembuatan denah tentunya diawali dengan judul untuk memudahkan penggunanya, sekaligus menjelaskan bahwa denah ini untuk menunjukkan lokasi tertentu.
  • Gambaran umum lokasi. Denah juga harus menggambarkan detail umum lokasi atau bangunan penting atau bangunan yang mudah dikenali. Ini dilakukan agar pengguna denah lebih mudah memahami isi denahnya.
  • Adanya tanda arah utara. Ini adalah komponen yang sangat penting dan harus tersedia dalam gambar denah.
  • Petunjuk berupa nama. Tidak hanya berisi gambar, denah juga harus disisipi nama lokasi atau elemen dalam bangunan. Ini untuk memudahkan pengguna mengenali lokasi.
4 dari 4 halaman

Cara Membaca Denah

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membaca denah:

  • Bacalah terlebih dahulu judul denah tersebut, biasanya letaknya di bagian tengah atas.
  • Perhatikan keterangan-keterangan atau legenda yang menjelaskan simbol pada denah yang ada.
  • Baca juga hubungan antara bagian denah, baik yang berupa jalan maupun berupa bangunan-bangunannya.
  • Ajukan segala hal yang ingin Anda ketahui dari denah tersebut.
  • Baca juga keseluruhan isi dari denah untuk mencari jawaban atas berbagai pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini