Cara Membuat Abstrak yang Wajib Diketahui, Perhatikan Sebelum Menulis Karya Ilmiah

Kamis, 3 September 2020 18:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Cara Membuat Abstrak yang Wajib Diketahui, Perhatikan Sebelum Menulis Karya Ilmiah Ilustrasi buku. ©2012 Shutterstock/Tischenko Irina

Merdeka.com - Menulis karya ilmiah bukan saja sesuatu yang kerap dilakukan saat sekolah atau kuliah, tapi pada saat bekerja pun kita sering menulis karya ilmiah untuk beragam kepentingan. Terlebih bagi kamu yang bekerja dalam bidang penelitian.

Selain mengumpulkan sumber, kesulitan lain yang kerap dihadapi banyak orang yang menulis karya ilmiah adalah membuat kerangka laporannya salah satunya membuat abstrak. Abstrak dalam karya ilmiah merupakan salah satu bagian terpenting untuk menarik pembaca menelusuri isi makalah lebih lanjut.

Abstrak juga bisa diibaratkan sinopsis yang dapat merepresentasikan isi dari karya ilmiah tersebut. Fungsi abstrak secara umum adalah memberikan potret informasi bagi pembaca mengenai isi dari suatu karya ilmiah yang sudah dibuat. Maka dari itu abstrak memiliki sifat jelas, tepat, ringkas, objektif, dan berdiri sendiri.

Untuk membuat abstrak yang baik dan mewakili isi suatu karya ilmiah bukanlah pekerjaan yang sulit tapi juga bukan pekerjaan yang mudah. Perlu perumusan yang matang, agar tidak keliru maka simaklah informasi berikut ini mengenai cara membuat abstrak yang wajib diketahui:

Baca Selanjutnya: Unsur Abstrak...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini