Bantu Teman Tunarungu Saat Pandemi, Musisi Bandung Ini Bikin Masker untuk OBK

Minggu, 31 Mei 2020 09:50 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Bantu Teman Tunarungu Saat Pandemi, Musisi Bandung Ini Bikin Masker untuk OBK Masker Untuk Teman Tuli. Instagram Ifan Ohsi ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masa pandemi seperti sekarang ini banyak kalangan masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik berupa kebutuhan sehari-hari maupun bantuan untuk melakukan interaksi sosial. Salah satu benda yang sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat agar bisa tetap beraktivitas di tengah wabah seperti sekarang ini adalah masker.

Namun, untuk sebagian orang berkebutuhan khusus, masker biasa tak cukup membantu. Misalnya saja bagi tunarungu. Untuk berkomunikasi, para tunarungu harus melihat ke gerak bibir, selain dengan bahasa isyarat.

Permasalahan ini dirasakan oleh Ifan Ohsi, seorang musisi asal Bandung. Ia mencoba mengadakan kampanye untuk membuat masker khusus tunarungu atau deaf mask.

1 dari 4 halaman

Berawal dari Lagu Ciptaannya

masker untuk teman tuli

Instagram Ifan Ohsi ©2020 Merdeka.com

Seperti yang dikutip dari beritabaik.id, Ifan menjelaskan jika awal mula membuat masker transparan (Deaf Mask) berawal ketika meresapi lagu ciptaannya yang berjudul “Rasakan Dunia”.

Menurut Ifan, lagu bertema kemanusiaan tersebut bercerita tentang orang-orang berkebutuhan khusus. Terutama orang yang memiliki keterbatasan untuk mendengar dan merasakan dunia.

“Enggak langsung nemu ide bikin masker transparan. Awalnya saya nyari tau dulu kebutuhan Teman Tuli di lapangan tuh kayak gimana, sambil ngelanjutin kampanye pasca-rilis lagu Rasakan Dunia,” ujar Ifan.

2 dari 4 halaman

Mempermudah Komunikasi di Masa Pandemi

Lewat akun instagramnya, Ifan juga mempromosikan kampanyenya melalui penyaluran donasi untuk pembuatan masker transparan. Dalam akun Instagram pribadinya, Ifan mencoba menerangkan bahwa saat ini masker sudah menjadi kebutuhan utama dari teman tunarungu dan masyarakat dalam berkomunikasi.

Menurutnya, teman tunarungu bisa terus mengobrol tanpa harus meminta lawan bicaranya untuk melepas masker dalam membaca gerak bibir dari lawan bicaranya.

“Masker transparan ini dalam perkembangannya sangat besar sekali maknanya, bisa digunakan oleh beragam pihak yang berkomunikasi dengan teman tuli tanpa harus melepas masker," jelas Ifan.

3 dari 4 halaman

Memberdayakan Tunarungu

masker untuk teman tuli

Instagram Ifan Ohsi ©2020 Merdeka.com

Dalam unggahannya, Ifan menyebutkan jika dalam proses pembuatan masker transparan, dirinya dibantu teman-teman tunarungu dari berbagai daerah. Ada yang berasal dari Wonogiri, Tangerang dan Cimahi. 

Ifan menambahkan, sebisa mungkin masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia juga ikut membantu memproduksi masker untuk tunarungu ini.

“Hasil masker transparan diatas merupakan hasil jahitan Sutantini (Wonogiri), Jannah (Tangerang) dan Dadi (Cimahi-Bandung Raya) dan sy harap teman2 di daerah yg lain jg ikutan produksi masker transparan ya, supaya penyebaran nya lebih luas dan jadi manfaat yg sangat besar khusus nya utk teman Tuli, Tenaga Medis, Juru Bahasa Isyarat & jg Orangtua yg dianugerahi anak Tuli," tulis Ifan falam unggahannya.

4 dari 4 halaman

Akan Disalurkan Merata

Menurut Ifan, saat ini teman tunarungu dari wilayah-wilayah tersebut sudah memproduksi hingga 600 buah masker transparan. Jumlah tersebut telah dialokasikan dari 25 persen dana kampanye yang sudah masuk di kitabisa.com.

Selanjutnya, jumlah masker yang diproduksi akan lebih banyak lagi. Ifan bersama teman tunarungunya, masih akan membuat masker khusus ini untuk dibagikan ke beberapa daerah lagi. Di antaranya Jakarta dan Makassar.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini