Bahas tentang Umat di Mutiara Hati SCTV, Ini Penjelasan Quraish Shihab

Kamis, 6 Mei 2021 03:03 Reporter : Andriana Faliha
Bahas tentang Umat di Mutiara Hati SCTV, Ini Penjelasan Quraish Shihab Kekhawatiran Perhitungan Ilahi, Ini Pesan Quraish Shihab Soal Hari Akhir di Mutiara Hati. You Tube - Surya Citra Televisi (SCTV)

Merdeka.com - Bukan hal asing lagi jika selama bulan Ramadan layar kaca televisi dihiasi dengan bermacam tayangan bernuansa religi. Mulai dari sinetron, acara talkshow hingga kultum bertema Ramadan selalu dihadirkan oleh sejumlah stasiun televisi

Berbicara soal acara kultum, hingga saat ini acara Mutiara Hati yang tayang di SCTV ini berhasil menarik perhatian. Acara ini menemani pemirsa menjelang waktu salat Subuh, Zuhur, dan Ashar

Diisi oleh pemuka agama ternama dengan pembawaan yang tenang dan halus yakni Quraish Shihab, acara ini begitu dinanti-nantikan. Terlebih, pembahasannya selalu menarik dalam setiap tayangan.

Adapun salah satu tayangannya yang pernah dibahas di Mutiara Hati SCTV yakni tentang umat. Seperti apa kira-kira penjelasan Quraish Shihab di Mutiara Hati? Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Membahas Tentang Umat

Melansir dari kanal YouTube Surya Citra Televisi (SCTV) yang tayang pada Selasa (04/05), ayah dari Najwa Shihab ini menjelaskan mengenai umat secara mendalam. Menurutnya, umat merupakan ciptaan Tuhan yang diikat oleh persamaan dan persaudaraan.

“Umat adalah sekumpulan makhluk Tuhan yang diikat oleh persamaan dan persaudaraan. kita akan gagal memaknai kehidupan kita sebagai umat dan bangsa tanpa memperhatikannya dan ketika itu kita akan menjadi cebol di tengah para raksasa,” kata ustaz Quraish Shihab.

bahas tentang umat di mutiara hati sctv ini penjelasan quraish shihab
YouTube/Surya Citra Televisi (SCTV) ©2021 Merdeka.com
3 dari 3 halaman

Jiwa dalam Kehidupan Keumatan

Lebih lanjut Pendiri Pusat Studi Qur'an (PSQ) ini menjelaskan bahwa ukhuwah atau memberi perhatian merupakan jiwa dalam kehidupan keumatan.

“Umat atau bangsa adalah keluarga besar yang kepadanya seseorang dinisbahkan dan untuknya dia berjuang, ukhuwah itu lah yang menjadi jiwa dalam kehidupan keumatan," jelas Quraish Shihab.

Ia pun kemudian menjelaskan buah dari ukhuwah yakni saling membela dan bukan saling menyakiti satu sama lainnya.

"Ia adalah kebersamaan jiwa raga, material dan spiritual dalam kesetiaan, buahnya adalah pertemuan untuk bekerja dan memikul tanggung jawab serta saling membela, bukan siapa yang teraniaya tapi juga yang menganiaya, dengan mencegahnya melakukan penganiayaan,” tutupnya.

bahas tentang umat di mutiara hati sctv ini penjelasan quraish shihab
YouTube/Surya Citra Televisi (SCTV) ©2021 Merdeka.com
[anf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini