Bacaan Tahajud Seusai Shalat Latin dan Artinya, Pelengkap Amalan di Sepertiga Malam

Selasa, 16 Agustus 2022 12:30 Reporter : Andre Kurniawan
Bacaan Tahajud Seusai Shalat Latin dan Artinya, Pelengkap Amalan di Sepertiga Malam ilustrasi berdoa. freepik.com

Merdeka.com - Salah satu waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa adalah di sepertiga malam terakhir. Pada waktu tersebut, kita dianjurkan untuk mendirikan shalat tahajud dan memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim).

Kemudian dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa Allah SWT turun di tiap malam hingga sepertiga malam,

Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibnu Baththol berkata bahwa waktu tersebut hingga terbit fajar adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahinya doa dan diberi setiap yang diminta.

Usai melaksanakan shalat tahajud, jangan lupa untuk mengamalkan bacaan tahajud. Bacaan tahajud di sini adalah doa yang bisa kita panjatkan usai melaksanakan shalat tahajud. Jika Anda belum hafal dengan bacaan tahajud tersebut, berikut ini kami sampaikan bacaan tahajud yang dikutip dari laman konsultasisyariah.com.

2 dari 3 halaman

Bacaan Tahajud Seusai Shalat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa shalat tahajud adalah sebaik-baik ibadah shalat setelah shalat wajib. Di dalamnya terdapat berbagai keutamaan besar bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Untuk melengkapi ibadah malam tersebut, terdapat bacaan tahajud berupa doa yang bisa diamalkan. Meski ini bukanlah amalan wajib, namun tidak ada salahnya jika kita membaca doa yang mengandung permintaan ampunan dan pujian kepada Allah SWT.

Berikut adalah bacaan tahajud arab, latin, dan artinya,

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahuma lakal hamdu Anta nuurussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta qayyimussamaawaati wal ardli wa man fihinna. Walakal hamdu Anta rabbussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta mulkussamaawaati wal ardli wa man fiihinna. Walakal hamdu Anta malikussamaawaati wal ardli. Walakal hamdu, Antal haqqu wa wa'dukal haqqu, wa qaulukal haqqu, wa liqaa ukal haqqu. Waljannatu haqqun wannaru haqqun. Wannabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun haqqun, wassaa 'atu haqqun.

Allahuma laka aslamtu. Wa 'alaika tawakkaltu, wabika aamantu, wa ilaika aanabtu, wabia khaashamtu. wa ilaika haakamtu. Faghfirlii maa qaddamu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal mu akhkhiru, laa ilaa ha illaa anta ilaihi laa ilaaha illa anta.

3 dari 3 halaman

Arti Bacaan Tahajud

"Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau."

Setelah mengamalkan bacaan tahajud di atas, Anda bisa lanjutkan dengan membaca doa berikut ini sebagai penutup ibadah malam Anda:

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah : 201).

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini