Atlet Menembak Asal Cirebon Raih Emas di SEA Games, Ini Kisah Perjuangannya

Senin, 23 Mei 2022 15:36 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Atlet Menembak Asal Cirebon Raih Emas di SEA Games, Ini Kisah Perjuangannya Dewi laila mubarokah. ©2022 Instagram Dewi laila mubarokah/ Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang atlet cabor menembak asal Desa Lungbenda, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Dewi Laila Mubarokah berhasil menyabet medali emas di ajang SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam. Dalam perhelatan itu, kandidat dari Singapura dan Thailand menjadi lawan terberatnya.

Dalam ajang SEA Games tersebut, Dewi berhasil meraih juara dengan kategori perseorangan 10 M Air Riffle Putri dan nomor beregu 10 M Air Riffle Putri. Saat ini, Dewi total telah mengumpulkan puluhan medali serta dua emas.

Diceritakan oleh orang tuanya, gadis 23 tahun itu mulai berlatih menembak sejak berusia 12 tahun. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Senin (23/5).

2 dari 4 halaman

Saingan Terberat Dewi

dewi laila mubarokah

©2022 Instagram Dewi laila mubarokah/ Merdeka.com

Dewi mengatakan, jika lawan terberatya merupakan dua kandidat yang berasal dari negara Singapura dan Thailand. Kedua lawan tersebut berhasil lolos, dari 11 negara yang masuk ke babak final. Walau begitu, Dewi berhasil menyabet juara hingga membawa pulang dua medali emas.

Untuk menjadi seperti sekarang, orang tua Dewi mengatakan jika keinginannya untuk berlatih menembak sudah muncul sejak duduk di bangku SMP. Saat itu Dewi masih berusia 12 tahun.

"Alhamdulillah, saya bersyukur karena Dewi bisa meraih juara setelah yang kuasa memberikan ridha dan kuasanya. Kami sebagai orang tuanya sangat bangga" terang ayah Dewi, bernama Ilyas dilansir dari ANTARA pada Senin (23/5).

3 dari 4 halaman

Mulai Belajar Menggunakan Senapan Angin

Saat kelas dua SMP, Dewi mulai mempelajari menembak menggunakan senapan angin yang dimiliki keluarganya. Pada awal latihan, Dewi hanya membidik tanaman hingga buah-buahan yang ada di sekitar rumah.

Lambat laun, ia mulai didukung kedua orang tua untuk mendalami cabang olahraga menembak dengan giat berlatih di Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia atau Perbakin. Dari jerih payahnya itu, Dewi berhasil menjadi atlet menembak seperti sekarang.

Kedua orang tua Dewi terus mendoakan yang terbaik, agar atlet berprestasi Kabupaten Cirebon itu bisa terus mencapai target yang ia inginkan.

4 dari 4 halaman

Pesan Orang Tua

Ilyas menambahkan, agar Dewi bisa terus menorehkan prestasi di bidang yang Ia geluti dan tetap rendah hati walau sudah mendapat juara.

"Saya ingin menitipkan pesan, bahwa kebanggaan ini jangan berlebihan. Artinya kemenangan ini tetap dijaga dengan kerendahan hati" tutur Ilyas

Di usia yang masih muda, Dewi juga telah memiliki berbagai aset seperti tanah, rumah dan kendaraan dari hasil jerih payahnya. Target ke depan adalah mengikuti kejuaraan di Olympic serta Asian Games. [nrd]

Baca juga:
Ketua DPR Apresiasi Indonesia Juara Ketiga di SEA Games: Semakin Diakui Dunia
Debut di SEA Games & Raih Medali Emas, Ini Potret Apriyani Rahayu & Fadia Silva
Perjuangan Timnas Indonesia Raih Perunggu Usai Tekuk Malaysia Lewat Adu Penalti
Mengenal Xiangqi, Olahraga Catur China yang Debut di SEA Games 2021
Deretan Fakta Rivan Nurmulki, Atlet Voli Andalan Indonesia di SEA Games 2021
Mohammad Yasin Raih Medali Perak SEA Games 2021

 

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini