Aksi Bapak Ajarkan Cara Akrab dengan Anak Ini Tuai Pujian, Harus Tahu Generasi Lain

Selasa, 9 Agustus 2022 16:38 Reporter : Miftahul Arifin
Aksi Bapak Ajarkan Cara Akrab dengan Anak Ini Tuai Pujian, Harus Tahu Generasi Lain bapackgbd. ©2022 Merdeka.com/Tiktok-bapackgbd

Merdeka.com - Ayah merupakan sosok yang cukup dihormati bagai hampir kebanyakan keluarga. Selain sebagai kepala rumah tangga, ayah juga merupakan sosok pelindung bagi keluarganya. Tak heran jika tanggung jawab sebagai ayah kepada istri dan anak-anaknya cukup tinggi.

Terkait hal itu, baru-baru ini beredar sebuah video singkat yang diunggah oleh akun TikTok @bapackgbd. Akun tersebut membagikan video cara akrab dengan anak-anak, terutama generasi gen Z. Video itu pun berhasil mencuri perhatian warganet. Berikut selengkapnya.

2 dari 2 halaman

Lebih Banyak Mendengar

bapackgbd
©2022 Merdeka.com/Tiktok-bapackgbd

Tak banyak orang tua yang bisa jadi teman atau sahabat untuk anaknya sendiri. Terkait hal itu, belakangan ini beredar sebuah video yang memberi tips cara agar orang tua bisa menjadi sahabat baik bagi anak-anaknya. Salah satau caranya adalah mencoba menjadi pendengar yang baik.

"Anak itu bisa diatur pas kecil pak, kalau udah gede nggak bisa diatur. Jadi jangan anggap anak pas gede, jadikan bestie. Kalau bestie kan gak ada barrier, jadi bisa plong bisa cerita-cerita. Kalau cerita alur maju pak, jangan alur mundur. Posisikan bapak sebagai orang kedua, jangan orang pertama mulu," ucap dalam video tersebut.

Jangan Banyak Ceramah

bapackgbd

©2022 Merdeka.com/Tiktok-bapackgbd

Tak hanya menjadi pendengar yang baik untuk sang anak, lebih lanjut bapak-bapak paruh baya tersebut menambahkan cara lain agar tetap bisa akrab dengan sang buah hati yang kini sudah mulai tumbuh dewasa. Ia mengatakan bahwa jangan terlalu banyak memberikan nasihat atau ceramah saat berada di meja makan.

"Kalau di meja makan jangan kebanyakan ceramah. Jadi pendengar yang baik buat mereka. Mereka udah capek compare hidup di sosmed. Pura-pura bahagia di IG story," lanjut dalam video tersebut.

Orang Tua Banyak Belajar

bapackgbd
©2022 Merdeka.com/Tiktok-bapackgbd

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 1.2 juta itu pun menambahkan saran agar para orang tua banyak belajar kepada generasi di bawahnya. Hal ini bertujuan agar orang tua mengerti permasalahan yang dirasakan anak-anaknya.

"Saran saya, banyak gaul dengan generasi bawah pak. Jangan sok ide. Kalau seumuran biasanya pemikirannya sama. Bapak harus tahu generasi lain biar jadi bapak yang relate valid ygy," tutup video tersebut.

[mif]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini