Akhlak adalah Tingkah Laku Seseorang, Berikut Contohnya dalam Kehidupan

Rabu, 16 September 2020 14:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Akhlak adalah Tingkah Laku Seseorang, Berikut Contohnya dalam Kehidupan Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock

Merdeka.com - Banyak orang menilai bahwa generasi sekarang tidak memperhatikan bagaimana mengimplementasikan akhlak yang mulia dalam pergaulan sehari-hari. Hal ini dipicu oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kemudahan mengakses informasi yang tak terbatas.

Akhlak sendiri merupakan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang telah melekat pada diri seseorang. Dalam hal ini Indonesia sendiri terkenal sebagai sebuah negara yang menjunjung tinggi sopan santun dan etika dalam kehidupan. Di mana hampir setiap daerah selalu menekankan seseorang untuk memiliki akhlak yang baik kepada orang terdekat maupun orang-orang baru.

Pentingnya peranan akhlak dalam masyarakat Indonesia pun sedikit banyak dapat terlihat dari corak pendidikannya. Selama ini masyarakat terkenal mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai akhlak dan etika yang baik.

Kata akhlak sendiri berasal dari bahasa Arab jama' dari bentuk mufradatnya "khuluqun" yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat. Sedangkan menurut istilah ialah pengetahuan yang menjelaskan mengenai baik dan buruk atau benar dan salah, mengatur pergaulan manusia, dan menentukan tujuan akhir dari usaha dan pekerjaannya.

Lebih jauh berikut ini informasi mengenai akhlak adalah tingkah laku seseorang, berikut contohnya dalam kehidupan telah dirangkum merdeka.com melalui NU Online dan seputarpengetahuan.co.id.

Baca Selanjutnya: Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini