Affluenza adalah Istilah Kondisi Sosial Akibat Kemewahan, Begini Cara Mencegahnya

Rabu, 24 Maret 2021 11:38 Reporter : Andre Kurniawan
Affluenza adalah Istilah Kondisi Sosial Akibat Kemewahan, Begini Cara Mencegahnya Uang Dollar. shutterstok

Merdeka.com - Affluenza adalah kondisi sosial yang muncul dari keinginan seseorang untuk menjadi lebih kaya atau sukses. Definisi lain dari affluenza adalah ketidakmampuan seseorang untuk memahami konsekuensi dari tindakan mereka karena status sosial dan/atau hak finansial mereka.

Dilansir dari macleans.ca, affluenza adalah istilah yang dipopulerkan pada akhir 1990-an oleh Jessie O’Neill, cucu dari mantan presiden General Motors, ketika dia menulis buku "The Golden Ghetto: The Psychology of Affluence."

Affluenza adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana anak-anak yang umumnya berasal dari keluarga kaya, memiliki rasa berhak, tidak bertanggung jawab, membuat alasan untuk perilaku yang buruk, dan terkadang mencoba-coba narkoba dan alkohol.

Individu yang menderita affluenza gagal mengenali dampak sosial dari tindakan mereka, yang dapat menyebabkan cedera mental atau fisik, atau kesedihan pada orang lain. Istilah affluenza juga mengacu pada pencarian untuk mengumpulkan kekayaan dan kesuksesan yang berpotensi merusak hubungan dan menyebabkan depresi dan/atau kecemasan.

Baca Selanjutnya: Cara Mencegah Affluenza...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini