Acara Konser Musik Sudah Diizinkan Pemkot Bandung, Ini yang Perlu Diperhatikan

Jumat, 27 Mei 2022 10:42 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Acara Konser Musik Sudah Diizinkan Pemkot Bandung, Ini yang Perlu Diperhatikan Ilustrasi konser musik. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Penyelenggaraan konser musik yang mengundang keramaian mulai diizinkan oleh Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/5). Pelonggaran ini diberikan setelah kasus Covid-19 di sana semakin melandai.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron, mengatakan diperbolehkan acara musik tersebut seiring terbitnya Peraturan Wali Kota Nomor 44 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam suasana pandemi Covid-19.

Selain musik, acara seni, budaya hingga pertemuan, konferensi dan pameran juga sudah boleh digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Sudah ya, sudah diperbolehkan untuk kegiatan konser di luar ruangan," katanya dilansir dari ANTARA.

2 dari 3 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan terkait penyelenggaraan terutama yang berada di dalam ruangan.

Pertama, kapasitas perlu dibatasi. Semisal ruangan tersebut mampu menampung 2.000 orang, maka kuota yang hadir hanya diizinkan banyak 500 orang. Kemudian ruangan dengan kapasitas 1.000 orang sampai 2.000 orang hanya dihadiri paling banyak 400 orang.

Untuk tempat tertutup berkapasitas 600 sampai 1.000 orang, penyelenggara wajib membatasi paling banyak 250 orang. Dan untuk ruangan berkapasitas kurang dari 600, hanya bisa diisi 40 persennya saja.

Outdoor juga Dibatasi

Pembatasan juga wajib diterapkan di lokasi luar ruangan, alias outdoor. Untuk luas area 15.000 meter persegi, hanya bisa dihadiri 2.500 orang. Lalu kegiatan di lahan dengan luas 10.000 meter persegi hanya dihadiri 1.500 orang.

Selanjutnya kegiatan di lahan seluas 5.000 meter persegi, paling banyak hanya bisa dihadiri 1.000 orang. Kegiatan di lahan seluas 1.000 meter persegi paling banyak dihadiri 500 orang.

Terakhir, kegiatan di lahan kurang dari 1.000 meter persegi hanya bisa dihadiri 250 orang.

3 dari 3 halaman

Wajib Peduli Lindungi dan Negatif Antigen

ilustrasi konser musik dalam kampanye politik

©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Asep turut mengingatkan kepada pengelola atau penanggung jawab acara, wajib memberlakukan aplikasi PeduliLindungi di lokasi. Untuk panitia, kru hingga pengisi acara wajib menyertakan hasil negatif Covid-19 dari tes antigen.

"Nanti akan dicek persyaratannya. Kalau komplit baru diperbolehkan, dan juga akan kami cek ke lapangan untuk memastikan persyaratan teknis, terutama itu soal protokol kesehatan tetap diterapkan," demikian Asep Gufron.

Akan Ditutup Jika Melanggar

Lampu hijau terkait acara yang mengundang keramaian juga disampaikan Kepala Polrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Aswin Sipayung. Ia mengatakan, izin dari pihak kepolisian juga masih menjadi syarat penyelenggaraan konser.

"Kalau Perwalnya sudah ada, nanti harus ada rekomendasi izin dari Polrestabes, izin itu menjadi syarat digelarnya konser," kata dia, di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Ia juga memastikan bahwa anggota kepolisian yang masih tergabung ke dalam satuan tugas Covid-19, akan tetap membantu mengawasi jalannya acara.

"Kalau ada satu poin yang mereka langgar, kita tutup. Tapi, kita ingatkan dulu secara persuasif oleh Satgas dari kita dan Pemkot, kalau mereka tidak mengindahkan pilihan terakhir ya harus dihentikan kalau emang bandel," kata Sipayung. [nrd]

Baca juga:
Ari Lasso Hadapi Panggung Pertama Usai Rehat, Pilih Tak Terlalu 'Excited' karena Ini
Konser Musik Metal di Masa Pandemi
Viral Usai Pandu Acara Allo Bank Festival, Ini Potret Indra Herlambang saat Jadi MC
Tawuran Antardesa Pecah Seusai Konser Musik di Jepara, Seorang Pemuda Tewas
Mulai Adakan Konser, Ini 4 Artis K-Pop yang Akan ke Indonesia Tahun 2022
Intip Para Casis Polri Ikut Bintara Musik, Agar Bisa 'Menembak' Hati Masyarakat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini