8 Tempat Wisata Purwakarta yang Seru dan Menarik, Wajib Dikunjungi

Kamis, 18 Agustus 2022 15:38 Reporter : Andre Kurniawan
8 Tempat Wisata Purwakarta yang Seru dan Menarik, Wajib Dikunjungi Memanjat tebing Gunung Parang. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Purwakarta adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Ibu kotanya terletak di Kecamatan Purwakarta, yang berjarak kurang lebih 80 km sebelah tenggara dari Jakarta.

Sebagai tempat wisata, Purwakarta memiliki banyak destinasi menarik dan seru untuk dikunjungi. Jika Anda ingin mencari tempat wisata alam, Purwakarta bisa menjadi tujuan yang cocok dipilih. Wisata buatan pun juga tersedia di sini, melengkapi pilihan Anda saat berkunjung.

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu libur di Purwakarta, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Purwakarta yang menarik dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Waduk Jatiluhur

002 dru

©2016 Merdeka.com/bram salam

Tempat wisata Purwakarta yang pertama adalah Waduk Jatiluhur. Dengan luas sekitar 8.300 hektare, waduk ini digunakan sebagai salah satu pembangkit listrik, budi daya ikan, irigasi, dan tentu saja sebagai pariwisata yang indah.

Dibangun pada masa pemerintahan Soekarno tahun 1957, Anda akan mendapatkan pemandangan cantik dari Gunung Parang dan Tiga menara. Selain pemandangan yang menarik, Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan mencoba berbagai wahana permainan, seperti kano, perahu, jetski dengan biaya.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah memancing. Ya, bagi Anda yang hobi memancing, jangan sampai melewatkan pengalaman memancing di tempat ini. Terlebih di tempat ini ada banyak ikan yang siap Anda tangkap. Jika tertarik, datanglah di waktu sore hari, jadi Anda juga bisa mendapatkan pemandangan cantik dari matahari terbenam.

Gunung Parang

gunung parang
©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Tempat wisata Purwakarta yang kedua, yaitu Gunung Parang. Jika Anda penyuka wisata ekstrem di alam, cobalah berkunjung ke Gunung Parang. Pasalnya, tempat wisata Purwakarta yang satu ini disebut-sebut sebagai tebing tertinggi kedua di Asia.

Dengan ketinggian yang mencapai sekitar 963 Mdpl, gunung ini mempunyai tiga jalur pendakian. Di mana salah satunya mengharuskan Anda untuk terus memanjat tebing. Disebut pendakian Ferrata, Anda harus mendaki dengan tangga besi yang sudah disediakan. Semakin tinggi Anda mendaki, semakin kuat angin berembus.

Tiga jalur yang bisa anda coba, yaitu 250, 300 dan 900 mdpl. Begitu sampai di puncak, Anda kembali ditantang untuk menuju ke puncak lain, namun kali ini dengan menggunakan tali yang telah disediakan. Jika anda mempunyai penyakit jantung, disarankan untuk tidak mencobanya.

Walau menuju ke puncaknya sangat sulit dan penuh tantangan, namun semua usaha tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan luar biasa dan memesona dari atas puncak. Anda juga bisa mencoba untuk menikmati makan siang dan makan malam di atas tebing sambil menikmati pemandangan dari sisi yang unik.

3 dari 4 halaman

Jatiluhur Waterworld

Tempat wisata Purwakarta yang ketiga ada Jatiluhur Waterworld. Jika Anda ingin mengajak anak Anda bermain, datanglah ke Jatiluhur Waterworld. Anda bisa berenang sepuasnya dengan mencoba berbagai macam wahana di dalamnya.

Di tempat wisata ini, terdapat 3 kolam anak yang sudah dilengkapi dengan water slider dan wahana seru lainnya. Sedangkan untuk orang dewasa, terdapat kolam Olympic serta air mancur untuk membilas tubuh. Jangan lewatkan juga Kolam Ombak yang akan menciptakan suasana layaknya pantai.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini antara lain adalah Gazebo, toilet, kamar bilas, dan kamar mandi. Jika Anda lapar, tempat ini juga menyediakan tempat makan yang siap menjamu Anda dan keluarga.

Sumber Air Panas Ciracas

Tempat wisata Purwakarta yang keempat yakni Sumber Air Panas Ciracas. Di tempat wisata ini, terdapat kolam persegi panjang dengan ukuran 5×10 meter dan telah dipisah antara laki-laki dan perempuan. Pemandangan alam yang indah adalah daya tarik utama yang akan Anda dapatkan di sini.

Pemandian ini tergolong sebagai mata air purba dan konon, sudah dibangun sejak masa penjajahan Belanda. Jika Anda tertarik mencobanya, datanglah ke Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta.

Apalagi dengan berendam di kolam air panas ini dianggap dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, gatal-gatal, hingga rematik.

Bukit Panenjoan

purwakarta
©2017 Merdeka.com

Tempat wisata Purwakarta yang kelima adalah Bukit Panenjoan. Jika Anda mencari tempat untuk menenangkan diri, cobalah berkunjung ke wisata alam Bukit Panenjoan. Suasananya sejuk, teduh, dengan pemandangan alam yang luar biasa akan membuat Anda merasa tenang dan santai saat berjalan-jalan di sini.

Tempat wisata ini merupakan perbukitan yang dikelilingi dengan perkebunan dengan luas mencapai 100 hektare. Panenjoan sendiri memiliki arti penglihatan dalam bahasa sunda. Lokasinya ada di Desa Sindang Panon, Kampung Cinangka, Kecamatan Bojong, kabupaten Purwakarta.

Di tempat ini, ada banyak spot foto yang bisa Anda coba, seperti sayap burung, bambu love, menara pandang, hingga jembatan kayu yang mempunyai panjang 5 sampai 7 meter yang melintang sepanjang perkebunan.

4 dari 4 halaman

Kampung Sadang

Memiliki luas kurang lebih 5 ha, tempat ini cocok digunakan untuk family gathering atau acara outbond. Di tempat ini, Anda bisa mencoba permainan seperti ATV, animal farm, dan flying fox. Anda juga bisa berkeliling sungai dengan mengendarai sepeda kayuh yang telah disiapkan.

Selain fasilitas dan permainannya, daya tarik dari tempat ini adalah suasananya yang menarik dan sejuk karena masih banyak pepohonan. Kampung Sadang juga dikenal dengan festival of light yang diadakan lebih dari satu bulan. Lampu-lampu yang tersebar di taman-taman menciptakan pengalaman berlibur yang semakin menarik.

Curug Tilu

Tempat wisata Purwakarta ini adalah sebuah air terjun yang mempunyai aturan unik. Anda dilarang mandi pada hari selasa jam 12 siang sampai 1 siang. Tempat ini disebut telah terisolasi sejak 50 tahun yang lalu. Sejak waduk jatiluhur beroperasi, akses menuju Curug Tilu tertutup. Hingga akhirnya akses jalan ke sana mulai dibuka kembali beberapa tahun lalu,.

Lokasinya berada di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp,Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta. Keunikan lain yang bisa Anda lihat adalah aliran airnya yang turun melintasi bebatuan. Terdalam kolam dengan kedalaman 1 sampai 2 meter.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi panorama cantik dari pegunungan di Purwakarta. Ada Gunung Parang, Bongkok, Lembu, serta area persawahan yang menenangkan.

Gunung Lembu

Tempat wisata Purwakarta yang terakhir yaitu Gunung Lembu. Wisata alam ini memiliki tinggi sekitar 792 mdpl, dengan trek yang tidak mudah, sehingga cocok bagi anda yang ingin belajar mendaki. Pemandangan yang ditawarkan juga menakjubkan seperti Waduk Jatiluhur yang terlihat indah dari atas.

Di puncaknya, Anda akan menemukan makam Raden Surya Kencana yang konon dikeramatkan. Selain itu, Anda juga akan menemukan makam Jonggrang Kalapitung.

Pendakian terbaik bisa Anda lakukan pada pukul 2 siang. Untuk menuju ke atas, membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 6 jam perjalanan, tergantung pada kecepatan Anda berjalan. Sekadar mengingatkan bahwa sepanjang perjalanan mendaki, Anda akan menemukan banyak tanjakan yang menguras tenaga.

Momen yang paling ditunggu di tempat ini tentu saja adalah Sunset, Sunrise, serta pemandangan malam yang memanjakan mata. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Batu Lembu, yang merupakan kawasan favorit saat mengunjungi tempat wisata ini.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini