8 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan, Atasi Nyeri Sendi hingga Cegah Epilepsi

Senin, 17 Mei 2021 12:00 Reporter : Andre Kurniawan
8 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan, Atasi Nyeri Sendi hingga Cegah Epilepsi ilustrasi buah ciplukan. www.vegetafruit.com

Merdeka.com - Tumbuhan liar tidak selalu berbahaya dan merugikan. Beberapa di antaranya bahkan dinilai memiliki khasiat yang menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh. Salah satu contohnya bisa kita lihat dari tanaman ciplukan yang buahnya tampak lucu.

Memiliki rasa manis, namun asam, buah ciplukan terlihat unik karena buahnya tertutup kulit tipis. Di dalam sekamnya, ciplukan bisa matang sendiri meski sudah dipanen. Selain buahnya yang unik dan pastinya bermanfaat, bagian lain dari tanaman ciplukan juga dipercaya memiliki manfaat kesehatan.

Adalah daunnya yang menjadi bagian lain dari tanaman ciplukan yang dianggap memiliki manfaat bagi kesehatan. Ini tidak lepas dari kandungan pada daun ciplukan yang berupa flavonoid, polifenol, tanin, saponin, alkaloid, dan C27H44O-H2O.

Keuntungan lain dari tanaman ciplukan adalah tanamannya yang mudah untuk ditemukan. Halaman rumah, lapangan, semak-semak, atau sawah adalah tempat di mana Anda bisa menjumpai tanaman ciplukan. Mengutip dari dream.co.id, berikut kami sampaikan apa saja manfaat daun ciplukan untuk kesehatan.

Baca Selanjutnya: Mengatasi Sariawan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini