9 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Sebagai Sumber Nutrisi sampai Cegah Cacat Lahir

Minggu, 2 Agustus 2020 10:04 Reporter : Andre Kurniawan
9 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Sebagai Sumber Nutrisi sampai Cegah Cacat Lahir Ilustrasi ibu hamil. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Khasiat buah naga sudah tidak perlu diragukan lagi. Buah yang berwarna merah muda dengan tampilan unik ini memiliki segudang nutrisi dan juga manfaat di dalamnya. Berbagai vitamin ditambah dengan kandungan karbohidrat, protein, serat, dan zat besi, membuat buah naga cocok dijadikan sebagai camilan sehat untuk Anda.

Bagi kesehatan, buah naga dinilai memiliki banyak manfaat yang akan berguna bagi tubuh kita, mulai dari kandungan antioksidannya, menyehatkan usus, meningkatkan kandungan zat besi, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu, buah naga ini juga bisa bermanfaat bagi ibu hamil. Seperti yang kita tahu, saat dalam masa mengandung, wanita tidak hanya bertanggung jawab atas kesehatan dirinya sendiri, namun juga kesehatan janin yang ada di dalam perutnya. Itulah kenapa, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur yang disarankan.

Kandungan buah naga yang kaya nutrisi tentu akan sangat baik untuk kesehatan ibu hamil beserta janinnya. Berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil yang dilansir dari parenting.firstcry.com dan liputan6.com.

1 dari 9 halaman

Tinggi Antioksidan

naga

StyleCraze

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang pertama adalah kandungannya yang tinggi antioksidan. Saat hamil, antioksidan sangat berguna untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Manfaat buah naga ini didapat dari adanya kandungan antioksidan berupa betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid.

2 dari 9 halaman

Sebagai Asupan Vitamin C

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang kedua yaitu sebagai sumber vitamin C. Mencukupi kebutuhan vitamin C selama kehamilan sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin C berguna untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel bagi janin, serta membentuk kolagen di dalam tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah.

Vitamin ini juga dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Namun, Anda perlu memerhatikan asupan vitamin C selama masa kehamilan karena kelebihan vitamin C selama kehamilan, dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.


 

3 dari 9 halaman

Kaya akan Lemak

ilustrasi buah naga

©Shutterstock/JIANG HONGYAN

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang ketiga yaitu sebagai sumber makanan yang kaya lemak. Kehadiran lemak baik dalam tubuh wanita hamil dinilai penting, karena tidak hanya menyediakan energi untuk menjaga berbagai proses metabolisme yang berjalan, tetapi juga dapat membantu pembentukan otak pada janin.

Buah naga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Hal ini membuat buah naga menjadi makanan tambahan yang baik untuk diet Anda.

4 dari 9 halaman

Sebagai Pemberi Energi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang keempat yaitu sebagai sumber energi. Ketika mengandung, sang ibu dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sebesar 9 hingga 11 porsi per harinya. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, buah naga bisa menjadi solusi yang patut Anda coba.

Selain kaya akan lemak, buah naga juga mengandung banyak karbohidrat. Buah naga memiliki kandungan karbohidrat sekitar 11 gram karbohidrat atau 62 kalori per takaran saji. Ini menjadi sumber energi yang lezat dan bisa langsung diberikan pada janin.

5 dari 9 halaman

Sebagai Pelindung dari Infeksi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang kelima yaitu untuk melindungi tubuh terhadap infeksi. Terinfeksi oleh mikroba tentu akan sangat berisiko bagi janin, karena mikroba ini dapat menemukan jalan menuju ke bayi melalui plasenta.

Buah naga dapat memberikan manfaat dengan melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka untuk mencegah infeksi dan memberikan anti-jamur dan anti-bakteri pada tubuh untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

 

6 dari 9 halaman

Mencegah Sembelit

002 siti rutmawati

©www.healthxchange.com.sg

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang keenam yaitu dapat mencegah sembelit. Kebutuhan serat juga sangat diperlukan bagi wanita hamil selama masa kehamilan. Serat akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit dan membantu tubuh mengeluarkan racun.

Kehadiran serat dalam buah naga dapat membantu masalah sembelit pada wanita hamil. Buah naga mengandung sedikitnya 3 gram serat per 100 gramnya. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, dapat membantu sistem pencernaan Anda kembali normal.

7 dari 9 halaman

Meningkatkan Hemoglobin

003 destriyana

©2015 Merdeka.com/shutterstock

Manfaat buah naga untuk ibu hamil berikutnya adalah untuk membantu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Zat besi ini juga sangat penting untuk pertumbuhan janin.

Zat besi dalam buah naga dapat membantu sel-sel darah meningkatkan kapasitasnya untuk membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini juga akan membantu mengurangi risiko anemia pada wanita dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

8 dari 9 halaman

Membantu Perkembangan Tulang

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu untuk membantu perkembangan tulang. Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin dalam mengembangkan struktur tulangnya.

Selain kalsium, fosfor juga memainkan peranan penting di dalamnya, dan keduanya bisa Anda temukan dalam bentuk buah naga. Kedua nutrisi ini juga dapat menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu.

9 dari 9 halaman

Mencegah Cacat saat Lahir

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang terakhir adalah untuk mencegah cacat saat lahir. Buah naga juga memiliki kandungan folat yang berguna untuk membentuk sel darah merah. Nutrisi ini juga sangat diperlukan oleh ibu hamil.

Vitamin B-kompleks yang dikombinasikan dengan folat, memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf si anak, sehingga dapat memastikan janin bebas dari gangguan dan mencegah adanya cacat tabung saraf.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini