8 Makanan Khas Garut yang Wajib Dicoba, Tak Hanya Dodol

Jumat, 14 Januari 2022 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
8 Makanan Khas Garut yang Wajib Dicoba, Tak Hanya Dodol Ilustrasi sambal ijo. www.youtube.com

Merdeka.com - Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang terkenal akan kudapannya yang enak salah satu yang paling populer adalah dodol. Dodol kerap jadi oleh-oleh wajib untuk dibawa pulang ke rumah saat kamu berkunjung ke Garut. Sayangnya, belum banyak yang tahu kalau makanan di Garut yang terkenal tak hanya dodol.

Ada banyak makanan khas Garut lainnya yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Beberapa makanan tersebut tak kalah enak dan legendaris dari dodol. Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Garut jangan hanya ekplore wisata alamnya saja, pastikan kamu juga mencicipi beberapa makanan khas sana.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai 8 makanan khas Garut yang wajib dicoba, tak hanya dodol telah dirangkum dari Pinterest dan berbagai sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

1. Dorokdok

pembuatan kerupuk kulit
©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Makanan khas Garut yang wajib dicoba pertama adalah Dorokdok. Makanan ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang tidak terlalu suka makanan bercita rasa manis. Sebab, Dorokdok ini terbuat dari kulit sapi.

Pengolahannya menggunakan beberapa rempah-rempah dan tidak menggunakan bahan pengawet sekalipun. Dorokdok ini dibuat dengan waktu yang cukup lama, masyarakat bisa membuatnya dalam jangka waktu lima sampai tujuh hari.

2. Baso Aci

cara buat bakso aci
brilicious.brilio.net ©2021 Merdeka.com

Makanan khas Garut yang wajib dicoba berikutnya adalah baso aci. Baso ini terbuat dari tepung kanji yang diisi dengan daging. Rasa baso aci menyerupai cilok dengan kuah super pedas. Makanan khas Garut biasanya juga diberi tambahan ceker ayam atau daging ayam.

3. Sambal Cibiuk

ijo
www.youtube.com

Makanan khas Garut yang tak boleh dilewatkan lainnya ada Sambal Cibiuk. Sesuai namanya makanan ini pada mulanya dibuat oleh masyarakat yang tinggal di daerah Cibiuk. Cerita yang beredar, resep sambal Cibuik ini berasal dari Arab. Apakah ceritanya benar atau tidak tidak perlu dipermasalahkan. Yang perlu diketahui sambal Cibuik ini berbeda dengan jenis sambal lainnya.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal cibuik ini diantaranya tomat hijau, serawung, cabai hijau serta beberapa bumbu lainnya. Sensasi rasanya sangat pedas, namun meskipun pedas tidak menimbulkan rasa panas di perut.

4. Burayot

Burayot merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari tepung beras, gula merah dan kacang tanah. Burayot memiliki bentuk unik yang bundar dan keriput. Burayot memiliki cita rasa manis dan gurih.

5. Soto Ayam Garut

resep bumbu soto ayam dan cara membuatnya mudah dipraktikkan
©2021 Merdeka.com


Selanjutnya, ada soto ayam Garut yang sayang untuk dilewatkan karena cukup terkenal di kalangan wisatawan. Bukan hanya memiliki penampilan yang menggugah selera, soto ini juga sudah terkenal enak di lidah para penikmatnya.

Kuah yang ada pada soto Garut ini memiliki rasa asin serta gurih dikarenakan memiliki campuran santan kuning pekat dengan rempah-rempah pilihan. Kuah soto yang diberi taburan kacang kedelai goreng ini akan menambah cita rasa khas pada kuliner ini.

3 dari 3 halaman

6. Opak

Opak merupakan makanan khas Garut yang terbuat dari tepung beras/ketan yang diberi bumbu garam, gula, kelapa parut dan bumbu penyedap. Opak memiliki rasa gurih yang renyah dan cocok dijadikan oleh-oleh. Opak yang cukup terkenal di Garut adalah opak yang bermerek “Bungbulang”.

7. Jeruk Garut

bali
©2015 Merdeka.com/flickr/Rita Willaert


Jeruk khas Garut sudah lama terkenal di kalangan masyarakat dan wisatan yang datang. Jeruk Garut kerap jadi pilihan ole-ole para pelancong. Jeruk Garut punya rasa asam yang khas. Jeruk Garut punya masa panen sepanjang tahun. Ini membuat jeruk ini bisa didapat kapan saja. Jeruk Garut banyak ditemui di daerah Situgede, Cigedug, Garut.

8. Emplod

Makanan khas Garut ini juga sering disebut dengan nama endog lowo. Nama tersebut memiliki arti telur yang terbuat dari daerah kampung lewo. Adapun bahan dasar makanan ini adalah singkong yang sudah digulung serta diperas.

Setelah itu prosesnya didiamkan kurang lebih 24 jam. Manakala proses tersebut sudah selesai maka dilanjutkan dengan mencampur parutan kelapa dan bumbu-bumbu.

Emplod ini memiliki ukuran kecil. Bulatan kecil tersebut kemudian dibentuk sebesar kelerang setelah itu digoreng. Manakala mengunjungi Garut maka jangan lupa untuk membeli Emplod di toko oleh-oleh khas Garut.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini