8 Cara Cepat Menstruasi Secara Alami dan Aman, Mudah Dilakukan

Sabtu, 30 Mei 2020 11:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
8 Cara Cepat Menstruasi Secara Alami dan Aman, Mudah Dilakukan Ilustrasi menstruasi. ©Shutterstock.com/Ivancovlad

Merdeka.com - Menstruasi merupakan hal yang pasti dialami oleh semua perempuan yang sudah melewati masa pubertas. Normalnya masa haid atau menstruasi berlangsung selama seminggu dengan rentang waktu 35-40 hari.

Beberapa dari kamu yang haidnya tidak teratur mungkin suka harap-harap cemas menanti kapan tamu bulanan itu akan datang lagi. Apalagi kalau kamu sudah punya rencana liburan atau beribadah ke Tanah Suci sejak jauh-jauh hari.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat haid. Cara yang paling populer adalah dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai dengan anjuran dokter. Tapi bila kamu tidak ingin mempercepat menstruasi dengan cara tersebut tidak usah khawatir, mengingat masih banyak cara alami yang bisa kamu lakukan yang tentunya lebih aman karena tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini ada 8 cara cepat menstruasi yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan beragam sumber lainnya.

2 dari 9 halaman

1. Cuka Apel

manfaat cuka apel
©2020 Merdeka.com

Cara cepat menstruasi secara alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Cuka memang tidak bisa secara efektif untuk menghentikan haid, namun bisa digunakan untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid kamu.

Cara untuk mendapatkan manfaat cuka apel juga terbilang sangat mudah, cukup dengan melakukan cara berikut ini:

  1. Siapkan 1 gelas air dan 2 sdm cuka apel.
  2. Aduk ke 2 bahan tersebut sampai tercampur, lalu minumlah.
3 dari 9 halaman

2. Lemon

lemongrass ginger tea©2020 Merdeka.com

Cara cepat menstruasi secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi air perasan lemon. Sama halnya dengan cuka, asam lemon akan mengurangi volume pendarahan dan mempercepat haid kamu.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan juga sangat sederhana yaitu berikut ini:

  1. Potong 1 buah lemon dan peras.
  2. Minum air perasan lemon tersebut.
4 dari 9 halaman

3. Rajin Minum Air Mineral

air putih© Istimewa

Selain mengonsumsi perasaan air lemon, untuk mempercepat haid berikutnya adalah dengan rajin minum air mineral secara teratur.

Air mineral penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Dengan lancarnya sistem metabolisme dalam tubuh, maka haid akan cepat dan lancar pula.

5 dari 9 halaman

4. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Tinggi

ilustrasi makanan sehat©Pixabay

Agar asupan gizi tercukupi sehingga produksi hormon tidak terganggu, tentu kamu harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta kaya akan gizi.

Dengan begitu sistem metabolisme dalam tubuh akan berfungsi jauh lebih baik dan haid pun bisa datang dengan teratur.

6 dari 9 halaman

5. Gaya Hidup Sehat

012 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pexels

Cara mempercepat haid yang terlambat selanjutnya adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Tak hanya dengan memenuhi diri dengan makanan sehat, namun juga menghindari pola hidup tidak sehat yang bisa memperlambat datangnya menstruasi seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, seringnya bersentuhan dengan polusi, hingga stres.

7 dari 9 halaman

6. Mengonsumsi Jahe

jahe merah©2020 Merdeka.com

Jahe memiliki banyak kandungan yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungannya antara lain adalah minyak atsiri, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin.

Jahe juga bermanfaat sebagai cara mempercepat haid yang terlambat secara alami dengan secara rutin meminum air rebusan jahe yang dicampur dengan madu.

8 dari 9 halaman

7. Istirahat Teratur

011 tantri setyorini©Pixabay

Cara cepat menstruasi secara alami lainnya adalah dengan istirahat teratur. Dengan istirahat yang cukup, hormon kortisol dapat diproduksi tubuh dengan baik.

Hormon ini mampu meredakan stres yang jadi salah satu penyebab menstruasi datang secara terlambat.

9 dari 9 halaman

8. Rajin Olahraga

011 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pexels

Selain istirahat teratur, cara lain agar cepat menstruasi adalah dengan rajin olahraga. Dalam hal ini olahraga sudah terbukti dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kamu tidak harus terlalu keras melakukan olahraga yang susah. Lakukan saja yang mudah seperti jogging, jalan kaki, atau bersepeda. Hal tersebut akan memperlancar aliran darah sehingga haid pun lebih cepat dan lancar. 

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini