7 Penyakit Jantung Bawaan, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Rabu, 16 Juni 2021 19:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Penyakit Jantung Bawaan, Kenali Gejala dan Penyebabnya Ilustrasi sakit jantung. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pathompong Chai-onnom

Merdeka.com - Penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan kelainan jantung yang sudah didapat sejak lahir. Manifestasi klinis kelainan ini bervariasi dari yang paling ringan sampai berat. Pada bentuk yang ringan, sering tidak ditemukan gejala, dan tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan klinis. Sedangkan pada PJB berat, gejala sudah tampak sejak lahir dan segera memerlukan tindakan.

Dengan berkembangnya teknologi, khususnya ekokardiografi, banyak kelainan jantung yang sebelumnya tidak dapat dideteksi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang biasa, EKG, radiologi dengan menggunakan alat tersebut dapat dideteksi dengan mudah.

Angka kejadian PJB di Indonesia 8 tiap 1.000 kelahiran hidup. Jika jumlah penduduk Indonesia 200 juta, dan angka kelahiran 2%, maka jumlah penderita PJB di Indonesia bertambah 32000 bayi setiap tahun. Kelainan dapat terjadi di katup jantung, dinding jantung, dan pembuluh darah jantung atau aorta.

Kelainan yang terjadi sudah pasti akan sangat memengaruhi fungsi jantung. Para peneliti belum mengetahui secara pasti mengenai penyebab penyakit jantung bawaan ini. Dugaan sementara adanya faktor genetik, penyakit bawaan ibu dan infeksi virus rubella.

Lebih jauh, berikut 7 penyakit jantung bawaan yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Rabu, (16/06/2021).

Baca Selanjutnya: Stenosis Katup Aorta...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini