7 Manfaat Tanaman Dalam Ruangan, Redakan Stres hingga Tenangkan Pikiran

Kamis, 2 April 2020 13:30 Reporter : Andre Kurniawan
7 Manfaat Tanaman Dalam Ruangan, Redakan Stres hingga Tenangkan Pikiran 5 Jenis Tanaman Rumah Ini Bagus untuk Sirkulasi Udara dalam Rumah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketika Anda berpikir untuk membuat rumah atau ruangan kantor menjadi lingkungan yang sehat, cobalah untuk meletakkan beberapa tanaman. Tanaman ini bukan hanya untuk meningkatkan estetika, namun secara tidak sadar akan menciptakan suasana yang tenang dan santaidi dalam ruangan.

Kesan sejuk dan natural dari tanaman juga dapat meningkatkan perasaan nyaman di dalam ruangan. Apalagi dengan iklim Indonesia yang panas. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah dapat menciptakan perasaan adem, atau sejuk.

Banyak penelitian telah meneliti terkait manfaat tanaman dan kesehatan manusia. Penelitian menemukan hasil yang beragam tentang manfaat tanaman, bahkan dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat tanaman yang diletakkan di dalam ruangan.

1 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan

8 jenis tanaman hias gantung cocok untuk dekorasi rumah minimalis

2020 Merdeka.com

Iklim mikro atau kondisi di sekitar tanaman dapat meningkatkan kelembapan udara secara terkontrol. Sedangkan udara yang kering dan berdebu dapat mengakibatkan iritasi pada indra anda.

Ada kemungkinan bahwa tanaman dapat menyaring mikroba di udara, yang dapat menginfeksi atau mengakibatkan iritasi pada pernapasan anda. Sebuah penelitian di Washington State University menemukan bahwa tanaman tropis dan tanaman rumah biasa, bermanfaat untuk mengurangi debu hingga 20 persen.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Tingkat Oksigen

Manfaat tanaman yang berikutnya yaitu bisa meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan. Ketika Anda bernapas, tubuh mengambil oksigen dan melepaskan karbon dioksida.

Sedangkan tanaman, selama proses fotosintesis, tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Proses pernapasan yang berlawanan seperti ini membuat tanaman dan manusia menjadi partner alami yang baik.

Meletakkan tanaman di ruangan rumah atau kantor dapat meningkatkan kadar oksigen.

3 dari 7 halaman

Membersihkan Udara

ilustrasi kanker paru paru

Thinkstock photos/ Getty Image

Banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya berada di dalam ruangan. Sedangkan polusi di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko untuk terkena stroke, penyakit jantung, penyakit paru-paru, infeksi pernapasan, kanker paru-paru.

Salah satu manfaat tanaman yaitu sebagai pembersih udara alami. Tanaman dapat membantu menghilangkan senyawa berbahaya yang dikeluarkan dari bahan bakar, perabotan, dan pakaian.

Terdapat penelitian yang bertentangan terkait apakah tanaman benar-benar dapat membersihkan udara. Banyak situs web mengutip Studi Clean Air NASA dari tahun 1989. Namun, penelitian mereka dilakukan di dalam ruangan yang sangat terkontrol, dan rumah Anda membutuhkan banyak sekali tanaman untuk mendapatkan efek yang sama.

Menambahkan tanaman hijau di dalam ruangan paling tidak dapat memberikan manfaat detoksifikasi ringan di ruangan rumah atau kantor anda. Studi lainnya mencatat bahwa tanaman dapat menghilangkan hingga 10 persen karbon dioksida di udara.

Mereka juga menemukan bahwa 3-6 tanaman yang diletakkan di kantor dapat menurunkan tingkat senyawa berbahaya di udara. Orang-orang juga mengidentifikasi kamar yang memiliki banyak tanaman, sebagai kamar dengan udara yang paling bersih.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Mood

Manfaat tanaman lainnya adalah dapat meningkatkan mood. Merawat tanaman dapat membantu Anda meningkatkan kondisi psikologis, seperti kasih sayang, dan bahkan meningkatkan hubungan.

Menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression, menyentuh tanaman juga dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Bunga dikaitkan dengan kondisi positif dan dapat digunakan untuk meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik.

Satu studi menemukan bahwa bunga memiliki dampak langsung pada kebahagiaan dan meningkatkan daya ingat.

5 dari 7 halaman

Mengurangi Stres

Merasa tertekan atau stress dengan tugas atau pekerjaan? Coba tambahkan tanaman, disarankan tanaman philodendron, untuk dekorasi di dalam ruangan Anda. Dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan, dapat membantu Anda menjadi rileks.

Beberapa penelitian telah mengukur tingkat tekanan darah, detak jantung, dan hormon stres kortisol seseorang saat mereka menangani tugas berat atau sedang dalam tekanan mental. Berada di sekitar tanaman memiliki efek yang menenangkan pada seseorang.

6 dari 7 halaman

Terapi Hortikultura

Terapi Hortikultura adalah praktik yang menggunakan berkebun sebagai media terapi. Terapi ini juga dapat digunakan sebagai media rehabilitasi.

Berkebun di luar ruangan dapat mengurangi risiko demensia hingga 36 persen. Anda juga dapat menemukan manfaat terapi serupa dengan skala yang lebih kecil, seperti Zen Garden, pohon bonsai, atau kebun herbal mini.

Terapi Hortikultura memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan dari segi sosial, fisik, dan vokasional. Beberapa studi menunjukkan bahwa Terapi Hortikultura menawarkan perbaikan signifikan untuk beberapa masalah perilaku dan kesehatan, seperti demensia, skizofrenia, depresi, hingga kanker stadium akhir.

Selain itu, tanaman yang diletakkan di rumah sakit atau panti jompo juga memiliki manfaat terhadap pasiennya. Salah satunya mengurangi perasaan cemas dan lelah dan mengurangi waktu pemulihan yang lebih cepat.

7 dari 7 halaman

Berpikir Lebih Baik

Manfaat tanaman di dalam ruangan juga bisa menjadi media refreshing alami bagi otak. Apalagi ketika anda hanya bisa menatap layar komputer begitu lama, sebelum akhirnya otak mengalami kelelahan atau bosan. Memiliki sepotong alam untuk diletakkan di atas meja bisa mengalihkan perhatian anda dan menjaga otak tetap jernih.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini