7 Jenis Makanan yang Sehat untuk Otak, dari Kopi hingga Telur

Senin, 25 Mei 2020 12:14 Reporter : Andre Kurniawan
7 Jenis Makanan yang Sehat untuk Otak, dari Kopi hingga Telur Ilustrasi otak. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Otak merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Sebagai pusat kendali tubuh Anda, otak bertugas menjaga jantung untuk berdetak, menjaga paru-paru untuk bernapas, dan memungkinkan Anda untuk bergerak, merasakan dan berpikir.

Itu sebabnya penting untuk menjaga bagian penting dari tubuh Anda ini agar tetap berada dalam kondisi yang optimal. Salah satu caranya bisa dengan memperhatikan menu makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang Anda makan dapat berperan dalam menjaga otak Anda tetap sehat dan dapat meningkatkan berfungsi otak, seperti memori dan konsentrasi.

Berikut, dilansir dari Healthline, beberapa jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan otak Anda.

1 dari 7 halaman

Kopi

011 tantri setyorini

© Pexels

Jenis makanan yang pertama adalah kopi. Beruntunglah bagi Anda yang suka minum kopi di pagi hari, karena minuman ini baik untuk Anda. Dua komponen utama dalam kopi, yaitu kafein dan antioksidan, dapat mendukung kesehatan otak Anda.

Kafein dalam kopi memiliki beberapa efek positif pada otak, termasuk:
• Meningkatkan kewaspadaan: Kafein membuat otak Anda waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia yang membuat Anda mengantuk.
• Suasana hati yang membaik: Kafein juga dapat meningkatkan beberapa neurotransmiter "rasa-baik" Anda, seperti serotonin.
• Mempertajam konsentrasi: Satu penelitian menemukan bahwa ketika partisipan minum kopi di pagi hari atau minum kopi dengan jumlah yang lebih kecil sepanjang hari, mereka akan lebih efektif pada tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi.

Minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer.

2 dari 7 halaman

Bluberi

ilustrasi blueberry

Shutterstock/Radu Bercan

Jenis makanan yang kedua adalah bluberi. Bluberi memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk otak Anda. Bluberi dan buah beri berwarna gelap lainnya memberikan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Beberapa antioksidan dalam bluberi telah ditemukan menumpuk di otak akan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak.

Anda bisa mencoba menaburkan bluberi ini pada sereal sarapan Anda, atau juga bisa Anda jadikan tambahan ke dalam smoothie.

3 dari 7 halaman

Kunyit

009 tantri setyorini

©2015 Merdeka.com/123rf

Jenis makanan yang ketiga adalah kunyit. Bumbu dapur ini yang sering menjadi bahan utama dalam bubuk kari ini memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, dapat langsung masuk ke otak dan bermanfaat bagi sel-sel yang ada di sana.
Senyawa ini adalah antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi yang dikaitkan dengan manfaat otak, seperti berikut ini:
• Bisa bermanfaat bagi ingatan: Curcumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer. Dan juga bisa membantu membersihkan plak amiloid yang merupakan ciri khas penyakit ini.
• Meringankan depresi: Curcumin meningkatkan serotonin dan dopamin, yang keduanya dapat meningkatkan suasana hati. Satu studi menemukan curcumin memperbaiki gejala depresi seperti halnya antidepresan.
• Membantu sel-sel otak baru tumbuh: Curcumin meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, sejenis hormon pertumbuhan yang membantu sel-sel otak tumbuh. Ini dapat membantu mencegah penurunan mental yang berkaitan dengan usia. Tetapi temuan ini masih diperlukan lebih banyak penelitian.
Untuk mendapatkan manfaat dari curcumin, Anda bisa mencoba memasak dengan bubuk kari, tambahkan kunyit ke hidangan kentang, atau membuat teh kunyit.

4 dari 7 halaman

Brokoli

011 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Jenis makanan yang keempat adalah brokoli. Brokoli dikemas dengan senyawa tanaman yang kuat, termasuk antioksidan. Sayuran ini juga sangat tinggi akan vitamin K, yang memberikan lebih dari 100% dari asupan harian yang dibutuhkan dalam porsi 1 cangkir (91 gram).

Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang padat ke dalam sel-sel otak. Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan daya ingat yang lebih baik.
Selain vitamin K, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak terhadap kerusakan.

5 dari 7 halaman

Biji Labu

ilustrasi biji labu

©shutterstock.com/Karen Sarraga

Jenis makanan yang kelima adalah biji labu. Biji labu mengandung antioksidan kuat yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Biji-bijian ini juga merupakan sumber magnesium, besi, seng dan tembaga yang sangat baik.
Masing-masing nutrisi ini penting untuk kesehatan otak, seperti:
• Seng: Unsur ini sangat penting untuk pensinyalan saraf. Kekurangan seng ini telah dihubungkan dengan banyak kondisi neurologis, termasuk penyakit Alzheimer, depresi dan penyakit Parkinson.
• Magnesium: Magnesium sangat penting untuk pembelajaran dan memori. Kadar magnesium yang rendah terkait dengan banyak penyakit neurologis, termasuk migrain, depresi, dan epilepsi.
• Tembaga: Otak Anda menggunakan tembaga untuk membantu mengendalikan sinyal saraf. Dan ketika tingkat tembaga berkurang atau habis, ada risiko lebih tinggi pada gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer.
• Zat Besi: Kekurangan zat besi sering ditandai dengan kabut otak dan gangguan fungsi otak.
Penelitian ini sebagian besar berfokus pada nutrisi mikro ini, daripada biji labu sendiri. Namun, karena biji labu mengandung mikronutrien yang tinggi, Anda dapat menuai manfaatnya dengan menambahkan biji labu ke dalam makanan Anda.

6 dari 7 halaman

Jeruk

010 destriyana

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Jochen Schoenfeld

Jenis makanan yang keenam adalah jeruk. Anda bisa mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dengan mengonsumsi satu jeruk berukuran sedang.

Mendapatkan vitamin C dari jeruk ini sangat penting untuk kesehatan otak, karena vitamin C adalah faktor kunci dalam mencegah penurunan mental.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Plus, vitamin C mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia Anda. Anda bisa mendapatkan vitamin C dalam jumlah yang sangat baik dari paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

7 dari 7 halaman

Telur

011 tantri setyorini

© Pixabay

Jenis makanan yang ketujuh adalah telur. Telur adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan otak, termasuk vitamin B6 dan B12, folat dan kolin. Kolin sendiri adalah mikronutrien penting yang digunakan oleh tubuh Anda untuk membuat asetilkolin, neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati dan memori.

Dua penelitian menemukan bahwa dengan asupan kolin yang tinggi dikaitkan dengan memori dan fungsi mental yang lebih baik. Namun demikian, masih banyak orang yang tidak mendapatkan cukup kolin dalam makanan mereka.

Makan telur adalah cara mudah untuk mendapatkan kolin, mengingat kuning telur adalah salah satu sumber nutrisi yang paling terkonsentrasi.

Asupan kolin yang diperlukan adalah 425 mg per hari untuk sebagian besar wanita, dan 550 mg per hari untuk pria. Sedangkan satu kuning telur sudah mengandung 112 mg.

Selain itu, vitamin B juga memiliki beberapa peran dalam menunjang kesehatan otak. Jenis makanan ini dapat membantu memperlambat perkembangan penurunan mental pada orang tua. Juga, kekurangan dua jenis vitamin B, yaitu folat dan B12, telah dikaitkan dengan depresi.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini