7 Fakta Menarik Gado-Gado Betawi, di Belanda Dibuat Sup hingga Bisa Rusak Diet

Selasa, 30 Juni 2020 17:01 Reporter : Nurul Diva Kautsar
7 Fakta Menarik Gado-Gado Betawi, di Belanda Dibuat Sup hingga Bisa Rusak Diet Ilustrasi gado gado. commons.wikimedia.org

Merdeka.com - Siapa yang tidak kenal dengan gado-gado? Makanan khas Betawi dengan beragam isian sehat seperti sayur, kentang dan telur rebus ini menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat Jakarta khususnya orang Betawi.

Namun tahu kah jika makanan yang juga sering disebut sebagai “salad”-nya orang Indonesia ini ternyata telah dikenal hingga seantero dunia. Bahkan di Belanda, Gado-gado juga dijadikan sebagai olahan sup.

1 dari 7 halaman

Berasal dari Kalimat "Menggado"

ilustrasi makan sayur

Shutterstock/LoloStock

Gado-gado sendiri terdapat beberapa versi dari definisi penyebutannya. Istilah gado-gado berasal dari kalimat “Menggado” atau memakan lauk pauk tanpa menggunakan tambahan nasi.

Hal tersebut sesuai dengan kebiasaan warga Betawi yang biasa mencampurkan lontong atau ketupat dalam seporsi gado-gado dan bukan dengan nasi.

2 dari 7 halaman

Berasal dari Kampung Tugu

kampung tugu jakarta

Kampung Tugu jakarta featureweblog.wordpress.com/ ©2020 Merdeka.com

Hingga saat ini masih menjadi misteri terkait awal mula munculnya kuliner khas Betawi tersebut. Namun beberapa versi mengatakan jika kuliner bercita rasa gurih tersebut ditemukan oleh masyarakat Kampung Tugu, Jakarta.

Dikutip dari matain.id, saat itu di kawasan Kampung Tugu dihuni oleh masyarakat keturunan bangsa Portugis. Di sana ketika mereka menetap dan membuat suatu komunitas keluarga Portugis di tahun 1600 hingga 1700 an.

Saat itu masyarakat setempat masih menjaga tradisi leluhur mereka, termasuk dalam hal pembuatan makanan. Konon gado-gado dilahirkan disana dan merupakan kebiasaan dari bangsa mereka yang terbiasa mencampurkan berbagai makanan dengan nama Gadu (mencampur makanan dalam bahasa Portugis).

3 dari 7 halaman

Pernah Dibuat oleh Koki Tenar Inggris

Dilansir dari Liputan6, Gado-gado tersebut dibuat oleh salah satu koki tersohor dari negara Britania Raya, bernama Jamie Oliver. Saat itu ia membuat racikan gado-gado yang dipadukan dengan cita rasa khas Eropa.

Cita rasa yang mendobrak pakem tradisional gado-gado tersebut terlihat dari tambahan kecap ikan serta minyak zaitun yang ia padu padankan. Bahkan untuk bumbu kacangnya sendiri, Chef Berusia 44 tahun itu memakai selai kacang premium yang ia cairkan.

4 dari 7 halaman

Dibuat Varian Sup di Negara Belanda

chef terkenal inggris jamie oliver

Aksi Jamie Oliver ketika membuat gado-gado ©2020 Merdeka.com

Dikutuip dari dailysia.com, kepopuleran gado-gado telah sampai ke Negara Kincir Angin Belanda. Saat itu seorang mahasiswa Indonesia yang berkuliah di sana menceritakan bahwa terdapat makanan yang familiar bernama “gado-gado soup”.

Dalam makanan tersebut terdapat perbedaan yang sangat mencolok, kuah kacang dalam gado-gado dicampurkan ke dalam semangkuk sup yang kental dan berwarna kekuningan.

Menurut mahasiswa tersebut, jika gado-gado ala warga Belanda memang berbeda, dalam satu porsinya ia tidak diletakan berbarengan dengan sayuran rebus.

5 dari 7 halaman

Tidak Disarankan Bagi Orang Diet

002 yoga tri priyanto

© Boldsky.com

Jika masyarakat khususnya yang sedang menjalankan diet masih mengandalkan gado-gado sebagai makanan beratnya, sebaiknya pola tersebut harus segera diubah. Pasalnya dalam situs dokter.id, dikatakan bahwa dalam satu porsi gado-gado terdapat kalori yang cukup besar.

Disebutkan jika sayuran sebanyak 2-3 genggam mengandung kalori sebesar 40 kalori. Satu buah lontong memiliki sekitar 150 kalori. Selain itu kalori dalam kerupuk yang digoreng serta jumlah kalori yang paling besar dalam satu porsi gado-gado berasal dari bumbu kacang.

Mengingat bumbu kacang terbuat dari kacang tanah yang digoreng menggunakan minyak goreng terlebih dahulu sebelum dijadikan bumbu dan ditambah garam dan gula. Satu sendok makan bumbu kacang mengandung sekitar 130 kalori.

6 dari 7 halaman

Tidak Menggunakan Kencur dalam Bumbu Kacangnya

Selama ini masih banyak masyarakat yang bingung dalam membedakan beberapa makanan yang menggunakan bumbu kacang sebagai tambahannya, sebut saja karedok, lotek, pecel, ketoprak dan lain-lain.

Namun ternyata sangat mudah untuk mengetahui letak perbedaannya. Dalam racikan bumbu kacang di gado-gado, biasanya tidak ada tambahan kencur sebagai penyedapnya, sehingga lebih memiliki cita-rasa yang alami dibanding empat makanan berbentuk serupa di atas.

7 dari 7 halaman

Memiliki Manfaat Kesehatan bagi Pengkonsumsinya

Walaupun dianggap sebagai makanan yang “jahat” bagi yang sedang berdiet, namun kandungan isi dalam seporsi gado-gado juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi penikmatnya.

Dalam laman naqiyyahsyam.com, isian kangkung rebus terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1 serta vitamin C, protein kalsium danfosfor serta zat besi. Kangkung dalam hal ini juga berfungsi sebagai anti racun.

Sementara itu sayur tauge dalam seporsi gado-gado juga memiliki fungsi untuk mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah kanker payudara dan diyakini dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Selain itu kandungan sulforaphane dalam irisan kubis dapat mencegah pertumbuhan tumor dan anti kanker.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini