7 Cara Mencegah Virus Corona Pada Bayi, Orang Tua Wajib Waspada

Jumat, 3 April 2020 15:03 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Cara Mencegah Virus Corona Pada Bayi, Orang Tua Wajib Waspada Ilustrasi bayi. ©Pixabay/blankita_ua

Merdeka.com - Belakangan ini dunia digemparkan dengan wabah Corona. Virus yang bermula dari Wuhan Cina, masuk juga di Indonesia. Jumlah pasien positif juga terus bertambah.

Meski virus Corona terlihat lebih bayak menyerang orang dewasa, beberapa kasus infeksi juga terjadi pada bayi. Hal tersebut tentu saja membawa kekhawatiran sendiri bagi orang tua yang kini tengah memiliki bayi.

Selain mengenali gejala Covid-19, mencegah penyebarannya juga perlu dilakukan. Hal ini untuk melindungi orang-orang tersayang yang ada di rumah termasuk juga anak atau keponakan yang masih bayi.

Mengingat bayi memiliki daya imun yang belum stabil sehingga memerlukan penjagaan yang ekstra. Berikut ini ada 7 cara mencegah virus Corona pada bayi. Orang tua wajib lebih waspada untuk mencegah penularan Corona.

1 dari 7 halaman

1. Rajin Cuci Tangan

ilustrasi cuci tangan

Pixabay

Cara yang paling mudah dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebelum berinteraksi dengan bayi seperti menyentuh, menggendong, menyusui atau memberi makan terlebih dahulu harus mencuci tangan dan memastikan kondisi tubuhmu bersih saat bersentuhan dengan bayi.

Cuci tangan menggunakan sabun lebih baik ketimbang menggunakan hand sanitizer. Cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik, setelah itu keringkan dengan kain yang bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer selama 20 detik.

2 dari 7 halaman

2. Pakai Masker

ilustrasi masker

Pixabay

Selain cuci tangan pencegahan terhadap virus Corona pada bayi adalah dengan menggunakan masker. Gunakan masker kalau kamu dalam kondisi kurang sehat seperti mengalami batuk atau pilek, agar saat kamu menyentuh atau memberikan ASI akan tetap aman untuk kesehatan bayi.

3 dari 7 halaman

3. Tutup Mulut dan Hidung

Ketika batuk atau bersin cobalah untuk menutup mulut dan hidung dengan menggunakan tisu. Dengan catatan setelah itu segera buang tisu dan lekas cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sampai benar-benar bersih.

4 dari 7 halaman

4. Jauhkan Bayi dari Orang Sakit

Langkah berikutnya untuk mencegah terjangkit virus pada bayi ialah dengan menjauhkannya dari orang yang sakit. Jika dalam anggota keluarga ada yang sakit, segera untuk menjauhkan bayi agar tidak tertular. Terlebih lagi bila orang itu terinfeksi Covid-19, bayi harus benar-benar dijauhkan.

5 dari 7 halaman

5. Berikan ASI Secara Teratur

ilustrasi bayi

Pixabay/blankita_ua

Banyak cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mencegah virus corona terhadap bayi. Salah satunya dengan rutin memberikan Air Susu Ibu (ASI).

ASI mengandung banyak nutrisi dan antibodi yang dapat melindungi bayi dari beragam penyakit dan infeksi. Jika memang ASI sudah tidak berproduksi, bisa digantikan dengan susu formula yang sesuai dengan umur bayi, kalau bisa konsultasikan terlebih dulu dengan bidan atau dokter supaya kamu tidak salah memilih susu formula.

6 dari 7 halaman

6. Menghindari Alat-Alat Pribadi Bersama

Selain memberikan ASI eksklusif pencegahan virus Corona pada bayi berikutnya adalah dengan menghindari pemakaian alat-alat pribadi secara bersama.

Penggunaan alat-alat pribadi bersama yang harus dihindari misalnya adalah gelas, peralatan makan, dan handuk. Setelah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicuci dengan sabun dan air sampai bersih.

7 dari 7 halaman

7. Kurangi Kebiasan Mencium dan Menyentuh Wajah Bayi

Cara pencegahan penyebaran virus Corona berikutnya adalah dengan mengurangi kebiasaan mencium dan menyentuh wajah bayi. Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan bayi dan menurunkan risiko terpapar Covid-19.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini