6 Penyebab Rambut Beruban, Begini Cara Mencegahnya

Selasa, 30 Juni 2020 09:30 Reporter : Andre Kurniawan
6 Penyebab Rambut Beruban, Begini Cara Mencegahnya Ilustrasi uban. ©Shutterstock

Merdeka.com - Munculnya uban, atau rambut berwarna putih, adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Tidak hanya orang tua, bahkan remaja dan orang-orang yang berusia 20-an tahun sudah dapat memiliki helaian rambut putih di kepalanya.

Tubuh manusia memiliki jutaan folikel rambut atau kantung kecil yang melapisi kulit. Folikel ini menghasilkan sel-sel rambut dan warna atau pigmen yang mengandung melanin. Seiring waktu, folikel rambut akan kehilangan sel pigmen sehingga menghasilkan rambut berwarna putih.
Namun, apa penyebab rambut beruban ini muncul?

Berikut ini, dilansir dari Medical News Today, merdeka.com telah merangkum penyebab rambut beruban pada seseorang.

1 dari 8 halaman

Kekurangan Vitamin

ilustrasi vitamin

©Pixabay

Penyebab rambut beruban yang pertama adalah karena kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B-6, B-12, biotin, vitamin D, atau vitamin E dapat menyebabkan munculnya uban, bahkan pada usia dini.

Dalam satu laporan pada 2015 dalam jurnal Development mencatat berbagai studi terkait kekurangan vitamin D-3, vitamin B-12, dan tembaga, serta hubungannya dengan rambut yang mulai memutih. Dalam laporan ini ditemukan bahwa kekurangan nutrisi dapat memengaruhi pigmentas, dan juga menunjukkan bahwa dengan suplemen vitamin, warna rambut dapat kembali.

2 dari 8 halaman

Genetika

bahagia

©mybank4.me

Penyebab rambut beruban yang kedua adalah genetika. Munculnya rambut beruban pada seseorang juga sering dikaitkan dengan faktor genetik.

Selain itu, perbedaan ras dan etnis juga berperan atas kemunculan rambut putih ini. Menurut laporan penelitian pada 2013, munculnya uban pada usia dini pada orang kulit putih dapat terlihat sejak berumur 20 tahun, sementara orang Asia bisa semuda terlihat pada usia 25 tahun, dan 30 tahun pada masyarakat Afrika-Amerika,.

3 dari 8 halaman

Stres Oksidatif

di tempat kerja

©Shutterstock

Penyebab rambut beruban yang ketiga adalah stres. Meskipun sebagian besar penyebab rambut beruban dikarenakan oleh faktor genetik, stres oksidatif di dalam tubuh juga memiliki peran atas munculnya rambut beruban.

Stres oksidatif menyebabkan ketidakseimbangan, ketika antioksidan tidak cukup untuk menangkal efek merusak dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel, sehingga berkontribusi terhadap penuaan dan munculnya beberapa penyakit.

Terlalu banyak mengalami stres oksidatif dapat meningkatkan perkembangan penyakit, termasuk kondisi pigmen kulit vitiligo. Vitiligo juga dapat memutihkan rambut karena kematian sel melanin atau hilangnya fungsi sel.

4 dari 8 halaman

Kondisi Medis Tertentu

Penyebab rambut beruban yang keempat adalah karena kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi medis, termasuk penyakit autoimun, dapat meningkatkan peluang munculnya uban, bahkan pada usia dini. Penelitian yang diterbitkan pada 2008 juga menunjukkan adanya hubungan antara kelainan rambut dan disfungsi tiroid.

Rambut putih juga umum terjadi pada penderita alopecia areata, yaitu suatu kondisi kulit autoimun yang menyebabkan kerontokan pada kulit kepala, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

5 dari 8 halaman

Merokok

ilustrasi merokok

Shutterstock/Goran Shutterstock

Penyebab rambut beruban yang kelima yaitu merokok. Sebuah studi pada 2013 yang dilaporkan dalam Italian Dermatology Online Journal, menunjukkan bahwa perokok memiliki peluang lebih tinggi untuk mulai beruban sebelum usia 30 tahun.

Sebuah studi pada 2015 di Journal of American Academy of Dermatology juga menunjukkan bahwa merokok memiliki keterkaitan dengan rambut putih pada pria muda.

6 dari 8 halaman

Pewarna Rambut dan Produk Rambut

ilustrasi rambut berwarna

©2020 Merdeka.com

Penyebab rambut beruban yang keenam yaitu pewarna dan produk rambut. Pewarna rambut dan produk rambut kimia, seperti sampo, dapat menjadi penyebab rambut beruban. Banyak dari produk rambut mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat mengurangi melanin.

Hidrogen peroksida yang ada di dalam beberapa pewarna rambut, merupakan salah satu bahan kimia yang berbahaya. Penggunaan berlebihan dari produk-produk kimia ini akan menyebabkan rambut berubah memutih.

7 dari 8 halaman

Mencegah Rambut Beruban

Jika penyebab rambut beruban adalah karena faktor genetika atau penuaan, tidak ada yang dapat mencegah atau membalikkan prosesnya. Namun, jika rambut putih disebabkan oleh kondisi medis, beberapa cara pengobatan rambut dapat membuat pigmentasi warna kembali seperti normal.
Berikut ini, cara-cara mencegah munculnya rambut beruban.

Mengonsumsi banyak antioksidan

Banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, termasuk sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mencegah rambut beruban. Itulah kenapa, makanan seseorang juga dapat berperan dalam mencegah rambut putih. Pola makan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif.
Makanan kaya antioksidan antara lain:

  • buah-buahan dan sayuran segar
  • teh hijau
  • minyak zaitun
  • ikan

ilustrasi sayuran hijau

©Shutterstock/Elena Elisseeva

8 dari 8 halaman

Mengatasi kekurangan vitamin

Seseorang yang rambutnya mengalami perubahan warna menjadi putih akibat kekurangan vitamin, perlu mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin juga, misalnya, makanan laut, telur, dan daging adalah sumber vitamin B-12 yang baik, dan susu, salmon, dan keju adalah sumber vitamin D. Suplemen vitamin yang tersedia tanpa resep, juga dapat memenuhi tubuh yang kekurangan asupan vitamin.

ilustrasi berhenti merokok

Shutterstock/sakhorn


Berhenti merokok

Merokok sudah menjadi musuh bagi tubuh karena memiliki efek buruk pada kesehatan, salah satunya berkontribusi pada rambut putih. Dan para peneliti telah menemukan hubungan antara kebiasaan dan hilangnya pigmentasi rambut. [ank]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini