6 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga, Bantu Jaga Hidrasi Tubuh

Selasa, 24 Mei 2022 18:06 Reporter : Andre Kurniawan
6 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga, Bantu Jaga Hidrasi Tubuh ilustrasi olahraga. health.clevelandclinic.org

Merdeka.com - Mulai dari membentuk otot hingga meningkatkan suasana hati Anda, ada berbagai macam manfaat yang bisa kita dapat dari berolahraga secara teratur. Tapi, olahraga yang berat dapat membuat Anda kekurangan air atau nutrisi seperti elektrolit, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.

Namun, tidak semua cairan adalah minuman yang baik untuk Anda konsumsi setelah berolahraga. Anda harus tahu mana minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga, yang dapat membantu tubuh Anda kembali terhidrasi setelah sesi yang melelahkan.

Untuk membantu Anda memilih minuman yang tepat untuk pasca-latihan, kami akan menyajikan beberapa minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga untuk membantu Anda pulih dan tidak kehilangan cairan tubuh.

2 dari 4 halaman

Air

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga pertama adalah air. Merasa lelah atau haus setelah berolahraga? Sudah jelas bukan, air adalah jawabannya. Air putih adalah pilihan pasti bagi Anda untuk mengisi kembali cairan yang hilang. "Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh kita menggunakan air untuk berfungsi," katanya Lauren Minchen, MPH, RDN, CDN, ahli diet, dan konsultan nutrisi untuk aplikasi buku harian diet visual yang digerakkan oleh AI, Freshbit dalam byrdie.com.

"Tubuh kita menarik air dari makanan dan cairan untuk mengatur suhu, membuang limbah, dan melumasi sendi, jadi menyediakan air putih adalah cara terbaik dan tercepat untuk rehidrasi setelah berolahraga."

Minuman Elektrolit

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang kedua yaitu minuman elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Di dalamnya terdapat natrium, klorida, kalium, magnesium, dan kalsium yang kita butuhkan.

Ini karena olahraga yang intens, yang mengeluarkan banyak keringat, dapat menguras nutrisi itu dari tubuh Anda, menghasilkan ketidakseimbangan elektrolit yang dapat membuat Anda merasa lelah dan dehidrasi, kata Minchen. Solusinya? Kembalikan keseimbangan itu dengan bantuan minuman yang mengandung elektrolit. Namun Minchen menyarankan untuk tetap menggunakan jenis minuman yang rendah gula untuk rehidrasi yang efisien.

3 dari 4 halaman

Air Kelapa

ilustrasi sepak bola

soccertoday.com

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang ketiga yakni air kelapa. Air kelapa adalah sumber elektrolit alami seperti potasium, natrium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang bagus untuk membantu Anda mengisi kembali mineral yang terkuras setelah berolahraga. Air ini juga mengandung gula alami, yang menurut Diana Savani, ahli diet dan konsultan nutrisi di Vita Coco, dapat membantu memulihkan energi Anda setelah sesi olahraga yang melelahkan.

Teh tanpa Kafein dan Pemanis

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang keempat adalah teh tanpa kafein. Jika air terlalu membosankan, duduklah dengan segelas teh yang menghidrasi setelah berolahraga. Ramuan kaya antioksidan dapat membantu mendukung hidrasi, pemulihan otot, dan kesehatan secara keseluruhan, menurut Minchen.

Dia merekomendasikan chamomile, jahe, mint, dan teh hijau tanpa kafein. Pastikan untuk memilih jenis yang tanpa kafein. Karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

4 dari 4 halaman

Susu Cokelat

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang kelima yaitu susu cokelat. "Susu coklat adalah pembangkit tenaga dan nutrisi dalam hal pengisian bahan bakar setelah berolahraga, membawa semua komponen bermanfaat untuk bahan bakar pasca-latihan - karbohidrat, protein, cairan, elektrolit," kata Savani. Nutrisi tersebut dapat membantu memulihkan sumber energi yang terkuras dan memberi tubuh makanan yang dibutuhkan dan memberi energi kembali pada otot yang tertekan karena aktivitas.

Jus Sayuran

Minuman yang cocok dikonsumsi setelah olahraga yang terakhir yaitu jus sayuran. Sayuran adalah sumber nutrisi penting untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar dan bekerja dengan baik, jadi mengapa tidak menggunakan jus hijau ini untuk mengisi bahan bakar setelah berolahraga?

Jus yang mengandung sayuran seperti bit, wortel, dan sayuran lainnya menyediakan vitamin, mineral (termasuk elektrolit), dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mendukung pemulihan otot dan rehidrasi pasca-latihan, menurut Minchen.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini