6 Manfaat Latihan Deadlift bagi Tubuh, Bantu Perkuat Kaki dan Otot Inti

Kamis, 16 September 2021 15:35 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Latihan Deadlift bagi Tubuh, Bantu Perkuat Kaki dan Otot Inti Deadlift. ©Men's Health

Merdeka.com - Deadlift adalah salah satu program latihan kekuatan yang bisa Anda coba. Ini juga menjadi salah satu dari tiga lift yang dilakukan dalam olahraga powerlifting.

Deadlift dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai alat, tapi biasanya orang-orang menggunakan barbel dalam latihan ini. Latihannya biasa dimulai dengan beban yang kira-kira sejajar di bagian tengah kaki sebelum Anda membungkuk ke depan dan mengambil beban tersebut.

Latihan deadlift dan variasinya mengharuskan Anda untuk membungkuk sambil mempertahankan tulang belakang serta kaki yang kuat dan stabil. Gerakan ini menggunakan glutes, hamstring, dan quadriceps untuk mengangkat barbel atau beban lain dari lantai.

Sejumlah besar penelitian mendukung latihan deadlift untuk berbagai tujuan kebugaran dan kinerja, baik di kalangan atlet maupun masyarakat umum. Dilansir dari Healthline, berikut adalah manfaat latihan deadlift yang baik bagi tubuh Anda.

2 dari 4 halaman

Aktifkan ekstensor pinggul

Manfaat latihan deadlift yang pertama adalah membantu mengaktifkan ekstensor pinggul. Deadlift adalah salah satu latihan terbaik untuk melatih ekstensor pinggul. Ekstensor pinggul Anda yaitu gluteus maximus dan kompleks hamstring, yang biasanya sering menjadi target otot dalam program kebugaran.

Penelitian menunjukkan bahwa deadlift lebih unggul daripada squat dalam hal melatih otot-otot ini. Aktivasi gluteus maximus dan paha belakang saat melakukan deadlift akan menyebabkan peningkatan kekuatan dan ukuran otot-otot ini.

punggung
©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Image Point Fr

Mengurangi nyeri punggung bawah

Manfaat latihan deadlift yang kedua yaitu membantu mengurangi nyeri punggung bawah. Nyeri punggung bawah adalah keluhan yang sangat umum di kalangan masyarakat umum.

Meskipun ada banyak penyebab nyeri punggung bawah, penelitian menunjukkan bahwa untuk nyeri punggung bawah ringan, deadlift dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi atau membalikkan penyakit ini.

Perhatikan bahwa teknik deadlift yang tepat dengan tulang belakang stabil yang diperkuat sangat penting untuk memastikan deadlift tidak memperburuk rasa sakit Anda.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan performa lompatan

ilustrasi melompattd.org

Manfaat latihan deadlift yang ketiga yakni membantu meningkatkan performa lompatan Anda. Melompat adalah keterampilan kunci dalam berbagai kegiatan atletik, dan kemampuan melompat sering kali mencerminkan perkembangan kekuatan tubuh bagian bawah Anda. Penelitian menunjukkan bahwa deadlift adalah salah satu latihan kekuatan yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja lompatan.

Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat latihan deadlift yang keempat adalah membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Hilangnya kepadatan mineral tulang menyebabkan osteoporosis, yang sangat meningkatkan risiko patah tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

Untungnya, banyak penelitian mendukung penggunaan latihan ketahanan untuk memperlambat atau bahkan membalikkan hilangnya kepadatan mineral tulang terkait usia. Salah satunya adalah dengan latihan seperti deadlift.

Kunci untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang adalah melakukan latihan menahan beban yang membebani seluruh tubuh dengan resistensi eksternal.

Mengingat bahwa deadlift menargetkan kaki dan pinggul, latihan ini, bersama dengan latihan resistensi lainnya, dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi atau membalikkan hilangnya kepadatan mineral tulang terkait usia.

4 dari 4 halaman

Latih otot inti

deadlift©Men's Health

Manfaat latihan deadlift yang kelima adalah dengan melatih otot inti Anda. Melatih otot dan inti tubuh Anda adalah aspek kunci dari program kebugaran. Meski banyak latihan berbeda yang dapat melatih inti Anda, penelitian menunjukkan bahwa deadlift dan latihan beban bebas lainnya adalah cara yang efektif untuk mengaktifkan dan memperkuat otot-otot yang menstabilkan tulang belakang Anda.

Meningkatkan metabolisme

Penurunan berat badan adalah tujuan umum dari program kebugaran. Berhasil menurunkan berat badan, terutama dengan menghilangkan lemak tubuh, mengharuskan Anda untuk membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan seperti deadlift bisa menjadi salah satu metode yang paling efisien untuk meningkatkan pembakaran kalori, tanpa perlu menghabiskan banyak waktu di gym.

Selain itu, pertumbuhan otot yang akan Anda alami dari waktu ke waktu akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori saat istirahat.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini