6 Manfaat Latihan Beban bagi Wanita, Salah Satunya untuk Hilangkan Lemak Tubuh

Kamis, 13 Januari 2022 15:59 Reporter : Andre Kurniawan
6 Manfaat Latihan Beban bagi Wanita, Salah Satunya untuk Hilangkan Lemak Tubuh Ilustrasi olahraga. parkview.com

Merdeka.com - Mempertahankan massa otot yang ideal adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga lemak tubuh dalam kisaran yang sehat dan juga untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, terutama seiring bertambahnya usia.

Latihan ketahanan seperti angkat beban adalah cara terbaik untuk membangun otot. Namun, sayangnya latihan ini didominasi oleh kaum pria. Jumlah wanita yang berpartisipasi dalam latihan beban masih terbilang rendah.

Beberapa wanita yang berolahraga menghabiskan banyak waktu mereka di gym untuk latihan kardiovaskular. Tetapi apa pun tujuan dari latihan kebugaran Anda, latihan beban tetap perlu dimasukkan ke dalam menu latihan sehari-hari.

Latihan angkat berat dapat bermanfaat, dan manfaat tersebut dapat dirasakan bagi setiap orang terlepas dari jenis kelamin mereka. Melakukan rutinitas latihan beban yang teratur dapat bermanfaat bagi tubuh dan otak Anda.

Berikut kami sampaikan beberapa manfaat latihan beban bagi wanita yang dilansir dari verywellfit.com.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kekuatan

Manfaat latihan beban bagi wanita yang pertama adalah untuk meningkatkan kekuatan. Latihan angkat berat akan memperkuat otot Anda.

Ketika tubuh Anda menjadi lebih kuat, tugas sehari-hari dan olahraga rutin pun tidak akan terlalu melelahkan dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami cedera. Meningkatkan massa dan kekuatan otot Anda akan meningkatkan fungsi tubuh dan kepuasan dalam hidup.

Mengurangi Lemak Tubuh

ilustrasi lemak di perut

©Shutterstock/Tanawat Pontchour

Manfaat latihan beban bagi wanita yang kedua yaitu untuk mengurangi lemak tubuh. Studi yang dilakukan oleh Wayne Westcott, PhD, dari South Shore YMCA di Quincy, Massachusetts, menemukan bahwa rata-rata wanita yang melakukan latihan beban dua sampai tiga kali seminggu selama dua bulan akan mendapatkan hampir dua pon otot dan kehilangan 3,5 pon lemak. Saat otot tanpa lemak meningkat, metabolisme istirahat juga meningkat, memungkinkan Anda untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Wanita biasanya tidak mengembangkan otot yang besar dari latihan beban karena, dibandingkan dengan pria, wanita memiliki lebih sedikit hormon yang menyebabkan pertumbuhan otot, atau hipertrofi. Jadi, jangan takut tubuh Anda menjadi besar melalui latihan beban.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Performa Atletik

ilustrasi olahraga menggunakan masker©bodybuilding.com/

Manfaat latihan beban bagi wanita yang ketiga yakni untuk meningkatkan performa atletik. Latihan beban dapat meningkatkan kemampuan atletik Anda. Pegolf dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka.

Pengendara sepeda dapat bersepeda untuk waktu yang lebih lama dan jadi tidak mudah lelah. Pemain ski dapat meningkatkan teknik dan mengurangi cedera.

Terlepas dari olahraga apa pun yang Anda mainkan, latihan beban dapat meningkatkan performa Anda secara keseluruhan serta mengurangi risiko cedera.

Mengurangi Sakit Punggung, Cedera, dan Arthritis

Manfaat latihan beban bagi wanita yang keempat adalah untuk mengurangi sakit punggung, cedera, dan arthritis. Latihan beban tidak hanya membangun otot yang lebih kuat tetapi juga memperkuat jaringan ikat dan meningkatkan stabilitas sendi. Ini bertindak sebagai penguatan untuk sendi dan membantu mencegah cedera.

Memperkuat otot gluteal juga dapat membantu menghilangkan atau mengurangi nyeri punggung bawah dan lutut. Latihan beban dapat memperkuat persendian dan mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Manfaat latihan beban bagi wanita yang kelima yaitu untuk menurunkan risiko penyakit tertentu. Latihan beban dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dalam beberapa cara, seperti menurunkan kolesterol LDL ("jahat"), meningkatkan kolesterol HDL ("baik"), dan menurunkan tekanan darah. Menambahkan latihan kardiovaskular ke rutinitas latihan Anda dapat membantu memaksimalkan manfaat ini.

Latihan beban dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang belakang dan meningkatkan pemodelan tulang. Jika ditambah dengan jumlah kalsium makanan yang cukup, dapat menjadi pertahanan terbaik melawan osteoporosis, karena wanita berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis daripada pria.

Terakhir, latihan beban dapat meningkatkan cara tubuh memproses gula, yang dapat mengurangi risiko diabetes. Diabetes tipe 2 adalah masalah bagi setiap orang dan dikaitkan dengan kelebihan berat badan.

Suasana Hati yang Lebih Baik

Manfaat latihan beban bagi wanita yang terakhir yakni untuk memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Latihan beban dapat mengurangi depresi karena aktivitas olahraga menghasilkan neurotransmitter, yang meningkatkan suasana hati seperti endorfin, dopamin, norepinefrin, dan serotonin.

Plus, wanita yang melakukan latihan beban melaporkan bahwa dirinya merasa lebih percaya diri sebagai hasil dari program mereka. Ini adalah faktor penting dalam memerangi depresi.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini