6 Makanan yang Harus Dihindari saat Depresi, Cegah Kondisinya Semakin Parah

Kamis, 26 Mei 2022 09:02 Reporter : Andre Kurniawan
6 Makanan yang Harus Dihindari saat Depresi, Cegah Kondisinya Semakin Parah Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ollyy

Merdeka.com - Depresi adalah penyakit medis yang secara negatif mempengaruhi perasaan, cara berpikir dan bagaimana Anda bertindak. Depresi akan menyebabkan perasaan sedih dan membuat Anda kehilangan minat pada aktivitas yang pernah Anda nikmati.

Depresi dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik, serta dapat mengubah hidup seseorang. Meski perawatan medis dan konseling dapat membantu meringankan gejala, tetapi perubahan gaya hidup, seperti diet sehat, juga dapat meningkatkan kesejahteraan seseorang.

Kebiasaan makan seseorang memang dianggap sebagai salah satu faktor penyebab depresi. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa gejala penderita depresi sedang hingga berat dapat membaik ketika mereka menerima sesi konseling gizi dan makan makanan yang lebih sehat selama 12 minggu.

Oleh sebab itu, pemilihan makanan sangat penting ketika Anda sedang mengalami depresi. Selain memperhatikan makanan yang Anda makan, makanan yang harus dihindari saat depresi juga perlu Anda ketahui agar kondisi mental Anda tidak memburuk.

Dikutip dari healthgrades.com dan eatthis.com, berikut adalah makanan yang harus dihindari saat depresi yang perlu Anda tahu.

2 dari 4 halaman

Camilan Manis

Makanan yang harus dihindari saat depresi pertama adalah camilan manis. Camilan manis mungkin akan terlihat menggoda saat Anda merasa tertekan, tetapi mengonsumsi makanan ringan yang manis dapat memperburuk depresi Anda. Makan sesuatu yang manis menyebabkan lonjakan gula darah, diikuti dengan gangguan yang membuat Anda merasa lelah, mudah tersinggung, dan akhirnya depresi.

Selanjutnya, disregulasi insulin mungkin terlibat dalam siklus depresi dan makan berlebihan. Untuk mengobati depresi Anda dengan makanan, pilih buah utuh seperti apel daripada es krim atau kue.

Makanan Cepat Saji

ilustrasi fast food

©Shutterstock/Olga Dogadina

Makanan yang harus dihindari saat depresi yang kedua yaitu makanan cepat saji. Hubungan yang tepat antara makan makanan cepat saji, seperti burger dan kentang goreng, dan risiko depresi memang belum diketahui, tetapi para peneliti telah menetapkan bahwa pola diet yang lebih tinggi pada biji-bijian olahan dan makanan olahan lainnya, berkontribusi pada peningkatan risiko depresi, dibandingkan dengan pola diet yang lebih sehat.

Untuk mengurangi risiko terkena depresi akibat diet, hindari makanan cepat saji, daging olahan, makanan ringan kemasan dan biji-bijian olahan. Gantilah dengan biji-bijian seperti oatmeal, ditambah banyak sayuran segar.

3 dari 4 halaman

Lemak Jenuh

Makanan yang harus dihindari saat depresi yang ketiga yakni makanan dengan lemak jenuh. Saat Anda merasa depresi, hindari makan makanan olahan yang dibuat dengan asam lemak trans, karena dapat meningkatkan peradangan dan memperburuk gejala Anda.

Banyak makanan olahan mengandung lemak trans yang dapat memperburuk episode depresi. Jenis lemak jenuh lainnya yang dapat menghindari depresi dapat Anda temukan dalam daging merah, produk susu penuh lemak, mentega, dan minyak tropis seperti minyak kelapa. Jenis lemak ini juga akan meningkatkan berat badan dan menurunkan kesehatan jantung, di mana keduanya dapat memengaruhi fungsi otak dan suasana hati.

Kafein

ilustrasi kopi
©Unsplash/Nathan Dumlao

Makanan yang harus dihindari saat depresi yang keempat adalah kafein. Ada banyak ahli yang berkata bahwa kafein dalam jumlah sedikit pun dapat menyebabkan depresi.

Dalam satu penelitian menemukan bahwa di antara mahasiswa yang sehat, peminum kopi sedang dan tinggi mendapat skor lebih tinggi pada skala depresi daripada yang lain. Alasannya adalah efek mengganggu kafein pada tidur.

Kopi dan teh hitam adalah contoh minuman yang membuat kita jadi lebih sulit untuk tertidur atau pun tetap tertidur. Tidur sendiri berkaitan dengan suasana hati, dan tidur yang terganggu dapat mengacaukan kondisi mental Anda.

4 dari 4 halaman

Makanan Olahan

Makanan yang harus dihindari saat depresi yang kelima adalah makanan olahan. Makanan olahan adalah asupan sempurna yang dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Makanan ini tinggi natrium dan gula, dan membuka jalan bagi respon inflamasi dalam tubuh.

Meskipun tidak setiap pasien yang menderita depresi menunjukkan tanda-tanda peradangan dalam tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa peradangan memiliki efek langsung pada otak dan perilaku. Kondisi ini juga berdampak negatif pada area otak yang bertanggung jawab untuk motivasi dan aktivitas motorik, serta area yang mengontrol gairah dan kecemasan.

Alkohol

Makanan yang harus dihindari saat depresi yang terakhir yaitu alkohol. Banyak orang yang mengalami depresi berusaha untuk menghilangkan kesedihannya dengan alkohol, tetapi minuman keras ini cenderung memperburuk depresi, dan bukan membuatnya jadi lebih baik. Alkohol dalam segala bentuk adalah depresan yang menurunkan ambang penghambatan di otak.

Efek ini membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih percaya diri pada awalnya, tetapi akhirnya alkohol mengganggu keseimbangan kimiawi di otak, dan menyebabkan perasaan depresi, kesedihan, kecemasan, atau kemarahan. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan depresi, dan dapat memperburuk episode depresi pada orang yang sudah mengalami depresi.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini