6 Makanan Tanpa Santan, Alternatif Hidangan Lebaran yang Lebih Sehat

Kamis, 21 Mei 2020 15:51 Reporter : Novi Fuji Astuti
6 Makanan Tanpa Santan, Alternatif Hidangan Lebaran yang Lebih Sehat Ilustrasi rawon daging. © Cookpad/Aditya Damayanti

Merdeka.com - Selain bersilaturahmi dan saling memaafkan, lebaran juga identik dengan makan besar yang artinya banyak hidangan yang enak yang dimakan bersama keluarga.

Hidangan legendaris lebaran seperti opor ayam dan rendang hampir selalu tersaji di meja makan untuk disantap bersama orang-orang terkasih. Hidangan lebaran tersebut identik dengan santan yang kental dan gurih.

Bagi kamu yang tak ingin menyantap menu berbahan dasar santan tidak usah khawatir karena masih banyak menu-menu enak lainnya yang tidak mengandung santan yang bisa kamu nikmati di hari lebaran.

Beberapa di antaranya bahkan bisa jadi makanan favorit semua orang seperti rawon dan soto. Selain cara memasak yang lebih mudah, makanan tanpa santan juga bisa jadi alternatif hidangan lebaran yang jauh lebih sehat.

Berikut ini lebih lengkapnya ada 6 makanan tanpa santan, alternatif hidangan lebaran yang lebih sehat telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Rawon

daging

© Cookpad/Aditya Damayanti

Makanan tanpa santan ini merupakan makanan yang terkenal berasal dari Jawa Timur. Makanan ini tentu sangat bisa untuk dijadikan alternatif hidangan hari Lebaran yang tidak bersantan.

Rawon akan semakin nikmat saat dipadukan dengan nasi dan kerupuk. Namun, hati-hati juga bagi para penderita tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Pasalnya, rawon mengandung lemak dari daging sapi yang tidak baik jika dimakan berlebihan.

2 dari 6 halaman

2. Sop Buntut

ilustrasi sop buntut

©Shutterstock

Makanan tanpa santan selanjutnya yaitu sop buntut. Jenis masakan dengan bahan dasar buntut sapi ini sangat segar dan nikmat untuk dijadikan pilihan hidangan di hari Lebaran.

Sop buntut akan semakin nikmat saat dikonsumsi dengan tambahan nasi hangat.
Walau rasanya segar, dalam mengonsumsi sop buntut harus dibatasi. Karena sop buntut tinggi akan kandungan lemak yang kurang baik bagi tubuh.

Konsumsi nasi putih juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan.

3 dari 6 halaman

3. Ayam Bakar

ilustrasi ayam bakar

©Pixabay

Indonesia kaya akan berbagai budaya dan juga kulinernya. Bahkan, sekadar ayam bakar saja di tiap daerah memiliki resep yang berbeda-beda. Sebut saja ayam bakar khas Taliwang atau ayam bakar khas Klaten.

Selain beragamnya pilihan dan resep dalam memasaknya, ayam bakar juga mudah dalam pembuatannya. Bahan bakunya yang berupa ayam ini juga mudah untuk diolah agar cepat matang.

Jika kamu tidak sempat membuat jenis makanan yang butuh proses lama dalam memasaknya, maka ayam bakar adalah pilihan terbaik.

4 dari 6 halaman

4. Tom Yam

Menu masakan khas Thailand ini bisa menjadi alternatif hidangan saat hari Lebaran. Tom Yam memiliki rasa yang sangat segar dan identik dengan rasa asamnya. Selain itu, isi dari hidangan ini banyak mengandung makanan dari hasil laut seperti udang dan cumi.

Dalam membuatnya juga sangat mudah, dan bumbu Tom Yam juga sudah banyak dijual di supermarket atau minimarket. Selain segar, makanan ini juga bisa menjadi pilihan jika memang kamu sudah cukup bosan dengan menu masakan yang begitu-begitu saja.

5 dari 6 halaman

5. Sate

ilustrasi sate loso

©Instagram.com/sateponorogonologatenmlg

Berikutnya juga merupakan jenis makanan yang menjadi favorit semua orang, yaitu sate.

Sate ini bisa beraneka ragam, mulai dari sate ayam, sate sapi, dan beragam jenis olahan sate lainnya. Untuk membuatnya juga jelas sangat mudah.

Sate bisa menjadi alternatif yang cukup baik sebagai hidangan di hari Lebaran. Namun, ada baiknya untuk tidak membakar sate di atas arang karena proses pembakaran di atas arang dapat meningkatkan risiko kanker.

Lebih baik jika kamu memanggangnya dengan teflon atau panggangan khusus tanpa arang.

6 dari 6 halaman

6. Soto

8 cara membuat soto ayam bening enak dan menyegarkan

©2020 Merdeka.com

Salah satu makanan tanpa santan yang mudah dan umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu soto. Indonesia memiliki sangat banyak jenis soto, mulai dari Soto Banjar, Soto Madura, dan berbagai soto tanpa santan lainnya. Bahkan jenis soto seperti Soto Banjar merupakan menu wajib saat lebaran.

Soto tentu sangat bisa untuk menjadi alternatif hidangan makanan tanpa santan di hari Lebaran. Ada begitu banyak resp soto ayam atau sapi yang bisa kamu dapatkan di internet.

Selain tidak mengandung santan, soto juga sangat segar dan menyehatkan. Kandungan rempah pada soto juga dapat menghangatkan tubuh. Namun, jangan terlalu banyak juga ya dalam mengonsumsinya.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini