6 Makanan agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas, Jaga Asupan Nutrisinya

Selasa, 7 Desember 2021 16:16 Reporter : Andre Kurniawan
6 Makanan agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas, Jaga Asupan Nutrisinya Ilustrasi anak makan. thehealthsite

Merdeka.com - Tinggi badan menjadi salah satu pertumbuhan yang diperhatikan orang tua pada anak mereka. Orang tua tentu berharap tinggi badan anak mereka sesuai dengan usianya. Selain itu, perkembangan kecerdasan anak juga menjadi perhatian bagi orang tua.

Anak yang tumbuh tinggi dan cerdas adalah dambaan bagi orang tua. Namun, perkembangan kedua aspek tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah faktor genetik, yang berkontribusi cukup besar dalam pertumbuhan tinggi badan anak. Menurut studi, genetika menentukan 80 persen tinggi badan seseorang.

Tapi, genetik juga bukan satu-satunya faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Masih ada beberapa faktor lain yang ikut mempengaruhi pertumbuhan tinggi dan kecerdasan anak, salah satunya adalah gaya hidup sehat dan juga asupan makanan yang memiliki gizi seimbang.

Jadi, meski gen tidak bisa diubah, orang tua masih bisa memberikan makanan dengan gizi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan tinggi dan kecerdasan sang buah hati.

Berikut adalah beberapa makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang kami rekomendasikan, dirangkum dari parenting.firstcry.com dan webmd.com.

2 dari 4 halaman

Telur

011 tantri setyorini
© Pixabay

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang pertama adalah telur. Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang pertama adalah telur. Tinggi protein, kalsium, Vitamin B12 dan riboflavin, telur adalah tambahan penting dalam menu makan anak Anda jika Anda ingin meningkatkan tinggi badannya. Putih dalam telur adalah 100% protein. Jadi, jika Anda ingin menghilangkan lemaknya, Anda bisa memberinya putih telur saja.

Tapi jangan membuang kuning telurnya dulu, karena untuk otak, kuning telur membantu dalam pembentukan neurotransmitter asetilkolin. Asetilkolin memfasilitasi komunikasi antar sel dan meningkatkan memori pada anak-anak. Protein dan nutrisi dalam telur membantu anak-anak untuk berkonsentrasi, kata koki yang berbasis di Los Angeles, Beth Saltz, RD.

Produk Susu dan Yogurt

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang kedua yaitu produk susu dan yogurt. Produk susu seperti susu, keju cottage, dan yogurt mengandung mineral penting seperti kalsium dan vitamin seperti A, B, D, dan E. Susu juga merupakan sumber protein yang baik, yang membantu pertumbuhan sel dalam tubuh. Produk susu juga sudah lama dikenal dapat membantu pertumbuhan tinggi, khususnya bagi anak-anak.

Yogurt kaya akan kalsium yang baik untuk tulang, dan lemak baik dalam yogurt sangat penting untuk perkembangan otak. Belum lagi probiotik di dalamnya telah terbukti meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Lemak penting untuk kesehatan otak, kata Laura Lagano, RD. Greek yogurt yang penuh lemak (yang memiliki lebih banyak protein daripada yogurt lainnya) dapat membantu menjaga sel-sel otak dalam kondisi yang baik untuk mengirim dan menerima informasi.

3 dari 4 halaman

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang ketiga yakni kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan makanan yang baik untuk diberikan kepada anak Anda ketika Anda ingin mereka tumbuh tinggi dan cerdas. Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan mineral dan vitamin esensial serta lemak sehat dan asam amino, yang penting untuk pertumbuhan. Anda dapat menambahkannya ke sereal sarapan atau persiapan sarapan lainnya atau diberikan sebagai camilan sehat mereka.

Sedangkan untuk otak, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan mood dan menjaga sistem saraf Anda tetap terkendali berkat kandungan protein, asam lemak esensial, vitamin, dan mineral. Salah satu jenis kacang dalam manfaat ini adalah almond, yang mengandung protein, yang dapat memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan menjaga otak anak Anda berfungsi dengan baik.

Sayuran Berdaun Hijau

makan sayurparents.com

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang keempat adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang polong, okra, dan kecambah kaya akan mineral, vitamin, dan serat. Semua elemen ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

Selain itu, sayur seperti bayam dan kangkung yang penuh dengan folat dan vitamin berkaitan dengan risiko demensia yang lebih rendah di kemudian hari. Kale adalah makanan super, dikemas dengan antioksidan dan hal-hal lain yang membantu sel-sel otak baru tumbuh.

Sayuran berdaun hijau harus menjadi komponen penting dari makanan anak Anda. Mereka membantu tumbuh kembang anak dan melindungi otak dari radikal berbahaya. Mereka juga memfasilitasi fungsi neurologis dalam tubuh.

4 dari 4 halaman

Buah-buahan

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang kelima yakni buah-buahan. Asupan buah segar juga baik untuk anak. Mereka sangat kaya akan vitamin, mineral, dan serat sehingga menu makan anak tidak akan lengkap tanpa kehadiran buah.

Oleh karena itu, pastikan Anda memberi makan anak Anda semua jenis buah-buahan, terutama yang kaya vitamin C dan A, seperti pepaya, jeruk, semangka, mangga, apel, dan aprikot.

Khusus pada apel, buah ini memiliki manfaat luar biasa bagi otak. Ini karena apel mengandung antioksidan quercetin, yang telah terbukti melawan tanda-tanda penurunan keterampilan mental dan membuat anak Anda fokus dan waspada.

Ikan

Makanan agar anak tumbuh tinggi dan cerdas yang terakhir yaitu ikan. Manfaat kesehatan ikan sudah tak perlu diragukan lagi. Ikan memiliki kandungan yang kaya akan protein dan Vitamin D, yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan otot. Tapi, manfaat ikan lebih terlihat ketika dikaitkan dengan otak.

Ikan adalah sumber vitamin D dan omega-3 yang baik, yang melindungi otak dari penurunan keterampilan mental dan kehilangan memori. Salmon, tuna, dan sarden semuanya adalah jenis ikan yang kaya akan omega-3.

"Semakin banyak omega-3 yang kita makan, semakin baik fungsi otak dan semakin baik anak-anak dalam mendapatkan fokus," kata Bonnie Taub-Dix, RD, penulis Read It Before You Eat It.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini