6 Jenis Penyakit yang Disebabkan Nyamuk, Salah Satunya Menyerang Otak

Selasa, 30 Juni 2020 18:09 Reporter : Andre Kurniawan
6 Jenis Penyakit yang Disebabkan Nyamuk, Salah Satunya Menyerang Otak Ilustrasi nyamuk

Merdeka.com - Kita sering mendapati nyamuk sedang hinggap di bagian-bagian tubuh kita dan akhirnya menciptakan benjolan yang terasa gatal. Atau ketika hendak tidur, nyamuk akan datang dengan suara bisingnya sehingga membuat kita terjaga.

Kehadiran nyamuk memang menyebalkan dan memang pantas untuk dibasmi. Mereka layak dibasmi bukan hanya karena suka mengganggu tidur Anda, tapi juga karena dampak buruk yang bisa mereka bawa.

Serangga kecil ini terbukti menjadi salah satu penyebab dari beberapa penyakit serius. Mungkin ketika kita mendengar kata nyamuk, penyakit yang terlintas adalah demam berdarah atau malaria. Padahal, nyamuk bisa membawa masalah lebih dari itu.

Berikut ini, merdeka.com telah merangkum beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Selalu jaga kebersihan rumah Anda dan segera basmi nyamuk yang suka membuat Anda jengkel.

1 dari 6 halaman

Demam Berdarah

berdarah

©2016 Merdeka.com

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang pertama adalah demam berdarah. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui penyakit ini. Ya, demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, tepatnya nyamuk Aedes aegypti.

Dikutip dari Alodokter, penyakit ini dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah serta menurunkan kadar trombosit atau sel keping darah. Para penderita demam berdarah biasanya akan merasakan gejala-gejala seperti demam, muntah, dan tubuh yang terasa lemas.

2 dari 6 halaman

Malaria

malaria

©huffingtonpost.com

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang kedua adalah malaria. Penyakit ini terjadi akibat dari gigitan nyamuk. Namun sebenarnya, nyamuk bukanlah penyebab utama penyakit malaria, melainkan parasit yang bernama Plasmodium yang berada di dalam tubuh nyamuk.

Malaria merupakan penyakit yang menular. Namun, penyakit ini dapat diatasi jika penderitanya bisa segera mendapat perawatan. Gejala yang biasanya muncul pada seseorang yang menderita penyakit ini adalah demam, menggigil, dan sakit kepala.

3 dari 6 halaman

Chikungunya

tinggi malaria

boldsky.com

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang ketiga adalah chikungunya. Chikungunya sendiri adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus. Virus ini yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Seseorang yang terinfeksi penyakit ini biasanya akan merasakan gejala berupa demam tinggi, nyeri pada sendi, sakit kepala, dan tubuh akan terasa lemas.

4 dari 6 halaman

Zika

vaksin virus zika

©2016 REUTERS/Mike Segar

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang keempat yaitu zika. Penyakit zika adalah penyakit yang disebabkan oleh virus zika. Virus ini menyebar ke manusia melalui perantara yang sama dengan yang menyebarkan demam berdarah serta chikungunya. Siapa lagi kalau bukan nyamuk Aedes aegypti.

Penyakit zika ini dikatakan memiliki gejala yang serupa dengan chikungunya. Namun, gejala awalnya biasanya akan muncul sekitar 3–12 hari setelah Anda terkena gigitan. Tidak ada pengobatan untuk menyembuhkan penyakit ini. Pengobatannya akan lebih berfokus untuk mengurangi gejala yang dialami oleh si penderita, seperti beristirahat dan juga konsumsi obat-obatan.

5 dari 6 halaman

Demam Kuning

demam kuning di sudan

REUTERS

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang kelima yaitu demam kuning. Penyakit ini umumnya banyak ditemukan di daerah Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Karibia. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui nyamuk.

Penyakit ini ditandai dengan demam yang tinggi dan juga perubahan warna kulit dan mata yang menguning. Perubahan warna ini disebabkan karena fungsi dari organ hati yang mulai menurun.

Dalam pengobatannya, penyakit ini lebih berfokus pada penguatan sistem kekebalan tubuh. Beberapa cara pengobatannya antara lain dengan memberi obat demam, menjaga tekanan darah tidak turun, dan memberikan tambahan oksigen.

6 dari 6 halaman

Japanese Encephalitis

006 tantri setyorini

©2015 Boldsky.com

Jenis penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang terakhir yaitu Japanese Encephalitis. Selain beberapa penyakit yang disebutkan sebelumnya, nyamuk ternyata juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Japanese encephalitis merupakan penyakit yang menyerang otak sehingga bisa menyebabkan radang otak. Penyakit ini bisa muncul di mana pun, tidak hanya Jepang.

Gejala yang ditimbulkannya berupa demam, sakit kepala, hingga muntah. Dalam kasus yang lebih parah, penyakit ini bisa berkembang menjadi pembengkakan di sekitar otak dan menyebabkan koma.

[ank]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ragam
  3. Jabar
  4. Jenis Penyakit
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini