6 Jenis Olahraga Ini Bisa Memperpanjang Usia, Lakukan Secara Rutin

Kamis, 26 Maret 2020 10:00 Reporter : Andre Kurniawan
6 Jenis Olahraga Ini Bisa Memperpanjang Usia, Lakukan Secara Rutin 10 jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah. brilio.net ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gaya hidup sehat dan latihan fisik yang teratur adalah salah satu kunci utama bila Anda ingin mendapatkan umurcpanjang dan menjaga harapan hidup. Dengan melakukan olahraga, Anda sebenarnya sudah melakukan usaha untuk memperpanjang usia.

Pasalnya, dengan olahraga secara teratur dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan kuat sehingga menurunkan risiko terkena penyakit. Banyak jenis olahraga yang menawarkan manfaat-manfaat yang berbeda bagi tubuh.

Ada yang baik untuk jantung, ada yang berguna untuk mencegah cedera, hingga untuk meredakan stres. Akan lebih baik bila Anda bisa melakukan semua olahraga tersebut secara rutin.

Namun, bila tidak bisa dilakukan semua dan rutin jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai Anda cedera ketika ingin mendapatkan manfaat kesehatan. Dilansir merdeka.com dari brightside.me,berikut jenis olahraga yang dapat memperpanjang usia, Kamis (26/3/2020).

1 dari 6 halaman

Olahraga Tim untuk Harapan Hidup Lebih Baik

ilustrasi badminton

2019 Merdeka.com

Jenis olahraga yang pertama adalah olahraga tim. Olahraga ini melibatkan dua atau lebih orang untuk dimainkan. Studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari The Copenhagen City Heart Study menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga tim memiliki pengaruh pada harapan hidup yang tinggi daripada orang yang melakukan olahraga secara individu.

Para ahli berpendapat bahwa interaksi sosial yang terjadi ketika berolahraga, dapat meningkatkan kesehatan mental dan menjaga keteraturan dalam berolahraga. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan kemampuan kognitif Anda seperti ingatan dan fokus ketika kelak sudah tua.

Banyak olahraga tim yang bisa Anda mainkan seperti badminton, tenis, atau sepak bola. Beberapa jenis olahraga tim tersebut disarankan untuk dilakukan agar mendapatkan manfaat tersebut.

2 dari 6 halaman

Callanetic untuk Menurunkan Berat Badan

001 febrianti diah kusumaningrum

shutterstock

Jenis olahraga yang kedua adalah callanetic. Mungkin jenis olahraga ini terdengar asing bagi Anda. Mungkin, sekaranglah saatnya Anda perlu mencari tahu tentang olahraga ini. Karena jenis olahraga ini dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena gerakan callanetic melibatkan seluruh otot yang ada di tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan juga memberikan manfaat ketika anda sudah tidak muda lagi.


3 dari 6 halaman

Lari untuk Menurunkan Kolesterol dan Kesehatan Jantung

010 siti rutmawati

pixabay.com

Jenis olahraga yang ketiga adalah berlari. Olahraga sederhana ini tidak memerlukan alat ataupun tempat khusus. Jenis olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa pun dan di mana pun. Manfaat yang diberikan pun sangat baik bagi tubuh.

Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga lari secara signifikan dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda. Kelebihan kolesterol dalam darah merupakan salah satu penyebab penyakit kardiovaskular.

Olahraga lari akan merangsang produksi sel lipoprotein yang dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah. Selain itu, berlari juga akan memberikan efek positif terhadap jantung. Jantung akan lebih kuat dan mencegahnya dari terserang penyakit jantung.


4 dari 6 halaman

Yoga Anti-Gravity untuk Tulang Belakang yang Sehat

yoga di india

2019 AFP PHOTO/NOAH SEELAM

Jenis olahraga yang keempat adalah yoga anti-gravity. Ini merupakan salah satu gerakan yoga yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh bagian belakang. Bila Anda adalah seorang karyawan yang banyak menghabiskan waktu di tempat duduk, jenis olahraga ini akan membantu Anda untuk menghilangkan ketegangan pada tulang belakang yang ditimbulkan oleh lamanya waktu duduk selama bekerja.

Dengan meregangkan tulang belakang, akan memberikan lebih banyak nutrisi ke persendian di bagian belakang sehingga membuat bagian tersebut tetap sehat. Selain itu, gerakan dasar meditasi yoga itu juga akan membantu menenangkan pikiran dan melepaskan stres.


5 dari 6 halaman

Berenang untuk Kesehatan Paru-paru

ilustrasi berenang

2019 Merdeka.com/Pixabay

Jenis olahraga yang kelima adalah berenang. Selain merupakan aktivitas yang menyenangkan, berenang memberikan manfaat yang tidak kalah menyenangkan bagi tubuh. Jenis olahraga ini merupakan latihan kardio yang berkualitas untuk meningkatkan kesehatan jantung dan memperkuat otot Anda.

Namun, manfaat lain yang lebih besar dari berenang adalah untuk meningkatkan kapasitas paru-paru. Kapasitas paru-paru yang besar penting untuk menerima lebih banyak oksigen. Dengan begitu, kerja otak dan fokus juga akan ikut meningkat. Kapasitas paru-paru yang besar juga memberikan manfaat lain, yaitu dapat menangani lebih banyak tekanan fisik dan juga tidak cepat lelah.


6 dari 6 halaman

Peregangan untuk Memperkuat Otot

004 febrianti diah kusumaningrum

boldsky.com

Jenis olahraga yang terakhir adalah peregangan. Biasanya kita melakukan gerakan ini sebelum memulai aktivitas fisik atau olahraga. Peregangan diperlukan untuk menjaga otot agar tetap kuat dan sehat. Dengan otot yang fleksibel, Anda akan lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik dan mampu melakukan berbagai gerakan dengan tingkat risiko cedera yang kecil. Bila kita mengabaikan peregangan ini sebelum berolahraga, kemungkinan kita terkena risiko cedera juga semakin meningkat.

Itulah beberapa olahraga yang bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Tapi, jangan terlalu memaksakan diri dan lakukan olahraga-olahraga tersebut sesuai dengan kemampuan dan kondisi tubuh Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini