6 Cara Penuhi Nutrisi Selama Bulan Puasa, Pastikan Konsumsi Makanan Bergizi

Jumat, 22 Mei 2020 16:14 Reporter : Novi Fuji Astuti
6 Cara Penuhi Nutrisi Selama Bulan Puasa, Pastikan Konsumsi Makanan Bergizi Ilustrasi makanan sehat. ©Pixabay

Merdeka.com - Selama berpuasa tubuh banyak kehilangan cairan sehingga menjaga energi selama bulan puasa menjadi salah satu kunci agar tubuh tetap sehat. Upaya lainnya untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan memenuhi nutrisi harian dengan makanan yang bergizi.

Mencukupi gizi selama bulan puasa tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu memastikan menu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Ada beberapa makanan yang sangat dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa, ada pula makanan yang sebaiknya dikurangi selama bulan puasa. Dengan memenuhi nutrisi selama bulan puasa bukan hanya tubuh sehat yang kamu peroleh tapi juga kamu bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih sempurna.

Berikut ini 6 cara penuhi nutrisi selama bulan puasa, pastikan konsumsi makanan bergizi telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

1. Perhatikan Asupan Buah dan Sayur

dan sayuran merah

©2018 Merdeka.com/Pixabay

Cara memenuhi nutrisi selama puasa yang pertama adalah dengan konsumsi buah dan sayur. Makanan kaya serat seperti buah dan sayur, khususnya yang mengandung plant stanol ester, cenderung lebih lama dicerna oleh tubuh. Karena itu, makanan yang seperti ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, buah dan sayur yang mengandung plant stanol ester juga dapat menurunkan risiko sembelit atau konstipasi, serta mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

2 dari 6 halaman

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

minum air putih

©2020 Merdeka.com

Asupan air putih juga harus benar-benar diperhatikan selama puasa agar kamu tidak kehausan di siang hari. Pastikan kamu selalu minum air putih dalam jumlah cukup. Kamu dapat minum segelas air putih saat baru bangun sahur, segelas saat makan sahur, dan segelas sebelum Imsak.

Sebisa mungkin, hindari konsumsi teh atau kopi saat sahur. Kedua minuman ini bersifat diuretik dan akan membuat kamu lebih sering buang air kecil. Pada akhirnya, kamu malah akan lebih mudah haus di siang hari.

3 dari 6 halaman

3. Pilih Konsumsi Nasi Merah

ilustrasi nasi merah

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Nixx Photography

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks, yang dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks akan berubah menjadi glukosa dan digunakan sebagai energi. Namun, pelepasan energi berlangsung perlahan karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat oleh tubuh.

Selain nasi merah, karbohidrat kompleks juga dapat ditemukan pada oat, kacang-kacangan, buncis, brokoli, ubi manis, dan lain-lain.

4 dari 6 halaman

4. Lengkapi Gizi dengan Daging dan Sumber Protein Lainnya

diet  protein

luxhouses.com

Cara memenuhi asupan nutrisi selama puasa berikutnya adalah dengan mengonsumsi protein. Protein seperti daging sapi, hati, ayam, telur, tempe, tahu, ikan, udang, dan lainnya dapat membantu tubuh memperbaiki kerusakan jaringan.

Kamu dapat memilih jenis protein yang lebih sehat, seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit atau ikan salmon.

5 dari 6 halaman

5. Mengonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

kurma ajwa

©2020 Merdeka.com

Cara memenuhi asupan nutrisi selama puasa berikutnya adalah mengonsumsi kurma. Kurma mudah dicerna dan dapat mengurangi rasa lapar sehingga mencegah kamu makan berlebihan saat berbuka.

Buah khas Timur Tengah ini kaya akan gula dan energi, serta dapat mencegah konstipasi.

6 dari 6 halaman

6. Hindari Mengonsumsi Gorengan

tahu aci

Brilio.net/ Instagram @imaanoona ©2020 Merdeka.com

Cara memenuhi asupan nutrisi selama puasa berikutnya adalah dengan menghindari gorengan. Gorengan memang selalu menggoda, apalagi sebagai teman berbuka puasa. Namun, akan lebih baik jika kamu bisa membatasi konsumsi makanan yang seperti ini.

Selain itu, batasi pula makanan yang tinggi gula dan tinggi lemak saat waktu berbuka tiba. Makanan jenis ini dapat membuat berat badan naik dan tubuh kamu melebar, apalagi bila dikonsumsi di malam hari.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini