Kunjungi TPU Cikadut, Ini 5 Pesan Ridwan Kamil Terkait Pemakaman Pasien Covid-19

Kamis, 9 April 2020 15:30 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Kunjungi TPU Cikadut, Ini 5 Pesan Ridwan Kamil Terkait Pemakaman Pasien Covid-19 Ridwan Kamil ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Rabu (8/4), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, di Bandung, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini melakukan pemantauan untuk memastikan pemakaman jenazah Covid-19 dilakukan sesuai prosedur.

Pemantauan tersebut juga dalam rangka untuk memastikan kesiapan TPU yang berada di pusat Kota Bandung tersebut. Seperti yang diberitakan sebelumnya, TPU Cikadut akan menjadi tempat pemakaman korban meninggal akibat Covid-19 di Jawa Barat.

1 dari 5 halaman

Dilakukan Sesuai Prosedur Kesehatan

Di unggahan pribadinya, Kang Emil mencoba menjelaskan bahwa setiap prosesi pemakaman yang dilakukan oleh pihak terkait sudah dilakukan sesuai protokoler yang dianjurkan.

"Beberapa pemakaman yang disiapkan menggunakan prosedur covid-19. Semua sudah mengikuti standar WHO dan syariat agama masing-masing dengan baik. Sehingga warga sekitar pemakaman tidak perlu khawatir", tulisRidwan Kamil.

Selain itu proses penguburan juga tetap dilakukan berdasarkan latar belakang dari agama yang dianut oleh korban.

2 dari 5 halaman

Dipantau Langsung oleh Dinas Kesehatan Setempat

Di unggahan tersebut Kang Emil coba meyakinkan masyarakat bahwa proses pemakaman para jenazah Covid yang meninggal akibat terpapar Corona telah ditangani sesuai prosedur dan terus dipantau oleh dinas kesehatan wilayah setempat.

Proses pemantauan tersebut dilakukan agar protokoler terus dilaksanakan selama masih ada pasien yang meninggal dan dikubur di wilayah Cikadut, Kota Bandung.

kunjungan ridwan kamil ke makam kusus covid

Akun Instagram Ridwan Kamil 2020 Merdeka.com

3 dari 5 halaman

Menjawab Keraguan Masyarakat

kunjungan ridwan kamil ke makam kusus covid

Akun Instagram Ridwan Kamil 2020 Merdeka.com

Emil menjelaskan jika segala proses pemakaman selalu menetapkan standar prosedur sesuai arahan dinas kesehatan dan Organisasi Kesehatan dunia atau WHO.

Masyarakat setempat diharapkan tidak panik. Virus Covid tidak akan menyebar dari orang yang sudah meninggal dan tertangani dengan baik.

4 dari 5 halaman

Menyerukan Pesan Kemanusiaan

Kang Emil juga meminta agar warga Bandung dan Jawa Barat tetap kompak untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini, salah satunya dengan tidak menolak jenazah dari pasien yang meninggal dan terpapar Covid-19.

kunjungan ridwan kamil ke makam kusus covid

Akun Instagram Ridwan Kamil 2020 Merdeka.com

5 dari 5 halaman

Menyampaikan Pesan AA Gym

kunjungan ridwan kamil ke makam kusus covid

Akun Instagram Ridwan Kamil 2020 Merdeka.com

Selain itu, Kang Emil juga mengunggah video yang berisi pesan dari dai kondang asal Jawa Barat yaitu Aa Gym. Dalam video tersebut, Aa Gym meminta masyarakat agar bisa menghormati jenazah yang meninggal akibat Covid-19.

Aa Gym merasa resah akibat banyaknya penolakan jenazah yang jelas-jelas sama seperti kita. Ia mencontohkan sikap Rasulullah yang tetap menghormati orang yang sudah meninggal.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini