5 Manfaat Mangan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meregenerasi Sel Darah Merah

Kamis, 21 Mei 2020 18:45 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Manfaat Mangan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Meregenerasi Sel Darah Merah Manfaat Mangan. healthline.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebutuhan mineral seseorang dipengaruhi oleh keadaan fisiologi, umur, faktor kesehatan, cadangan dalam tubuh, serta interaksinya dengan mineral lain. Mineral juga bergantung pada sumber serta bentuk yang dikonsumsi (organik atau anorganik).

Terdapat dua jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, yaitu makromineral dan mikromineral. Makromineral adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih besar, dengan ukuran konsentrasi >50 mg/kg (50 ppm). Sementara itu, mikromineral adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah lebih kecil, tapi tetap dibutuhkan secara lengkap, dengan ukuran konsentrasi

Fungsi mineral bagi tubuh diperlukan untuk menunjang fungsi dan berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh. Diperlukan pola makan baik yang sedapat mungkin harus memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh, termasuk mineral. Salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh adalah mangan.

Mangan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan manganese adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu proses pencernaan. Kekurangan atau defisiensi mangan (meskipun jarang terjadi) akan mengakibatkan nyeri otot, masalah kesuburan dan gangguan pada tulang. Sebaliknya kelebihan mangan akan mengakibatkan keracunan dan gangguan neurologis.

Berikut 5 manfaat mangan bagi kesehatan, salah satunya meregenerasi sel darah merah telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Baik untuk Kesehatan Tulang

manusia

© scienceunraveled.com

Manfaat mangan untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk tulang. Mangan merupakan sejenis mineral yang sangat erat kaitannya dengan kepadatan tulang.

Tak heran jika mangan merupakan mineral yang efektif untuk membantu pertumbuhan tulang secara optimal. Dan ini juga merupakan kabar baik bagi kamu yang menopause karena sering mengalami sakit di bagian persendian tulang akibat keropos.

2 dari 5 halaman

2. Menjaga Kesehatan Otot dan Syaraf

ilustrasi otot bisep

©2012 Merdeka.com

Selain bermanfaat untuk mencegah tulang dari kekeroposan, manfaat mangan juga untuk menjaga kesehatan otak, otot, hingga sistem saraf. Hal ini penting mengingat fatalnya akibat jika ketiga bagian tersebut mengalami gangguan.

Dalam memainkan peran menjaga kesehatan mangan ini akan mengikat bersama dengan neurotransmitter serta merangsang adanya transmisi impuls listrik menjadi lebih cepat dan efisien.

3 dari 5 halaman

3. Meregenerasi Sel Darah Merah

ilustrasi sel darah

©2012 Merdeka.com/shutterstock/fusebulb

Manfaat mangan selanjutnya adalah memiliki peranan penting dalam tubuh, yaitu regenerasi sel darah merah, pembentukan tulang, dan melancarkan siklus reproduksi.

Mineral ini banyak ditemukan dalam udang, gandum, serta beberapa jenis biji-bijian. Idealnya, tubuh orang dewasa memerlukan sekitar 2 mg asupan mangan per hari.

4 dari 5 halaman

4. Membantu Pencernaan dan Penyerapan Vitamin

ilustrasi vitamin

©Pixabay

Manfaat mangan selanjutnya yaitu untuk membantu pencernaan dan penyerapan vitamin. Tubuh memerlukan sistem metabolisme yang lancar sehingga proses penyerapan vitamin oleh tubuh bisa maksimal.

Adanya mangan dalam tubuh sangatlah penting mengingat mangan memiliki peran dalam proses reaksi enzimatik yang mana berfungsi untuk menyerap vitamin untuk kemudian dimanfaatkan oleh tubuh.

Selain itu, sistem pencernaan menjadi bagian tubuh yang sangat rawan mengalami gangguan. Tak pelak sistem pencernaan menjadi penting untuk dijaga kesehatannya. Karenanya konsumsi mangan menjadi penting agar proses pencernaan menjadi lebih lancar dan optimal sehingga nutrisi lain bisa terserap dengan baik.

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi Gangguan PMS

ilustrasi pms

Karuka/Shutterstock.com

Selain untuk membantu pencernaan dan penyerapan vitamin, manfaat mangan lainnya adalah dapat mengurangi gangguan PMS. Menstruasi tiap bulannya merupakan kebiasaan yang wajar bagi seorang wanita. Di saat PMS para wanita seringkali mengeluhkan beberapa gangguan seperti sakit kepala, sakit perut, perubahan mood yang mendadak, hingga meningkatnya emosi.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan mineral dalam tubuh meski dalam jumlah sedikit sangat berpengaruh terhadap munculnya gangguan saat PMS. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung mangan saat PMS.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan Tulang
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini