5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Wanginya, Cegah Bau Badan

Senin, 7 September 2020 14:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanan Wanginya, Cegah Bau Badan Ilustrasi parfum. © Scoopwhoop.com

Merdeka.com - Memiliki aroma tubuh yang wangi dan segar merupakan dambaan semua orang, bukan hanya rajin mandi tapi kamu juga perlu menggunakan minyak wangi atau parfum untuk menunjang penampilan. Parfum sudah menjadi kebutuhan poko bukan saja untuk menunjang penampilan tapi juga mencerminkan karakter yang memakainya.

Tidak dapat dipungkiri, bila parfum merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang dalam lingkup pergaulannya. Sudah bisa dibayangkan betapa malunya jika berkomunikasi dengan orang lain dengan aroma tubuh yang tidak sedap.

Untuk menghindari bau badan tak heran banyak orang rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli parfum yang memiliki wangi tahan lama. Jika kamu masih bingung jenis parfum apa yang paling cocok untukmu kamu bisa mencari tahunya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Berikut ini informasi mengenai 5 jenis parfum berdasarkan ketahanan wanginya, cegah bau badan:

2 dari 6 halaman

1. Eau Fraiche

Jenis parfum yang pertama adalah Eau Fraiche yang merupakan jenis parfum yang paling ringan. Bisa dibilang sebagian besar produk Eau Fraiche mengandung antara 1 persen hingga 3 persen minyak esensial. Konsentrasi yang sangat kecil ini membuat parfum ini biasanya sangat ringan dan menghilang dalam satu atau dua jam setelah disemprotkan.

Meski memiliki konsentrasi wewangian yang rendah, Eau Fraiche tidak mengandung alkohol dalam jumlah tinggi tapi lebih banyak mengandung air. Sehingga ini sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka memakai jenis parfum yang mengandung banyak alkohol.

3 dari 6 halaman

2. Eau de Cologne

Jenis parfum berikutnya adalah Eau de Cologne atau EDC, memiliki konsentrasi wewangian yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Eau Fraiche. Eau de Cologne biasanya konsentrasi aroma 2 persen sampai 4 persen dan konsentrasi alkohol yang tinggi.

ilustrasi parfum©Pixabay/Lolame

Eau de Cologne atau yang umum disebut cologne, merupakan pilihan wewangian yang lebih murah dengan ketahanan sekitar 2-3 jam. Karena perlu banyak digunakan ke tubuh, umumnya EDC hadir dalam botol yang jauh lebih besar.

4 dari 6 halaman

3. Parfum

Parfum, juga dikenal sebagai extrait de parfum atau parfum murni, memiliki konsentrasi wewangian tertinggi. Parfum bisa mengandung aroma mulai dari 15 persen hingga 40 persen tapi konsentrasi umumnya antara 20 persen hingga 30 persen untuk sebagian besar parfum.

Dari semua jenis wewangian tubuh, parfum bertahan paling lama. Harga parfum cenderung lebih mahal karena memiliki kadar alkohol jauh lebih sedikit daripada jenis wewangian lain. Pemakaian parfum biasanya hanya dioleskan pada titik-titik tertentu dan tidak digunakan di seluruh tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Eau de Parfum

Jenis parfum lainnya adalah Eau de Parfum atau EDP yang merupakan parfum dengan wangi terbilang kuat. EDP juga mengandung antara 10-20 persen minyak parfum dan merupakan pilihanpaling populer sebagai wewangian.

ilustrasi parfum©Pixabay/shahidawan

EDP umumnya akan bertahan sekitar delapan jam. Jenis parfum ini termasuk wewangian yang paling umum dan cocok untuk dipakai sehari-hari.

6 dari 6 halaman

5. Eau de Toilette

Selain Eau de Parfum, jenis parfum lainnya adalah Eau de Toilette (EDT) yang terkenal mengandung sekitar 5-15 persen minyak parfum. Umumnya, parfum ini akan bertahan di tubuh antara empat hingga tujuh jam.

Istilah eau de toilette berasal dari istilah Perancis "faire sa toilette" yang berarti bersiap-siap. Parfum ini cenderung lebih berat daripada Cologne dan Eau Fraiche. Sehingga kamu hanya perlu menggunakannya dalam jumlah kecil.

[nof]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jenis Parfum
  3. Ragam
  4. Jabar
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini