5 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah, Mudah Hanya dengan Bahan Alami

Rabu, 28 Oktober 2020 13:14 Reporter : Andre Kurniawan
5 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah, Mudah Hanya dengan Bahan Alami 10 Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dalam waktu singkat. ©2018 YouTube.com

Merdeka.com - Mungkin Anda pernah menemukan adanya noda hitam di wajah. Noda hitam ini akan tampak seperti bintik-bintik kecil pada kulit dan berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Noda hitam tidak hanya muncul di area wajah, namun juga bisa muncul di bagian lengan, dada, atau leher.

Noda hitam ini juga biasa kita kenal dengan flek hitam. Meskipun tidak berbahaya, bintik-bintik hitam pada wajah ini tentu akan berpengaruh pada penampilan, dan tak jarang dapat menurunkan kepercayaan diri. Inilah kenapa beberapa orang mencoba untuk menggunakan berbagai produk pencerah kulit.

Kondisi bintik hitam ini dapat disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormonal. Meskipun ada banyak produk dan solusi untuk mencerahkan kulit, tidak semuanya diciptakan sama dan sesuai. Bahkan ada produk yang berbahaya jika ternyata tidak cocok dengan kulit seseorang.

Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda mencoba bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah. Selain bahan-bahannya yang muda didapatkan, penggunaan bahan alami ini menjadi cara yang aman dalam merawat kulit.

Berikut cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami, yang kami rangkum dari situs byrdie.com.

2 dari 5 halaman

Pepaya

ilustrasi pepaya

©iStock

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang pertama adalah dengan pepaya. Pepaya bisa menjadi cara jitu untuk mencerahkan keseluruhan kulit Anda. Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi atau AHA, yang dapat menjadi pengelupas kimiawi.

AHA digunakan untuk kulit kering dan juga sebagai anti penuaan. Senyawa ini akan bekerja untuk memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui pelemahan lipid yang mengikatnya, sehingga menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam serta membuka sel kulit yang sehat.

Pepaya secara khusus akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih muda. Untuk mengatasi noda hitam atau flek hitam dengan pepaya, berikut langkah-langkahnya:

  • Kupas dan buang biji dari pepaya.
  • Selanjutnya, gunakan blender untuk membentuk pasta pepaya.
  • Oleskan pada wajah dan leher Anda, dan biarkan selama 20-30 menit di pagi hari dan sebelum tidur.
  • Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembap favorit Anda.
3 dari 5 halaman

Kunyit

ilustrasi kunyit
©Shutterstock

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang kedua yaitu dengan kunyit. Selama berabad-abad, banyak orang dari berbagai daerah dan budaya menggunakan kunyit karena khasiat penyembuhannya.

Kunyit memang dinilai mampu mengatasi banyak masalah pada kesehatan, mulai dari mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan. Manfaat kunyit juga ampuh sebagai perawatan kulit, dan telah terbukti dapat menghambat produksi melanin kulit, yang menghasilkan bintik-bintik akibat hiperpigmentasi.

Untuk memudarkan flek hitam dengan kunyit, buat masker dengan menggunakan satu bagian kunyit yang dicampur dengan madu. Anda juga dapat meningkatkan manfaat pencerahannya dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon, selama kulit Anda tidak terlalu sensitif.

Hindari penggunaan jeruk agar tidak bersentuhan dengan kulit terbuka, seperti jerawat yang baru saja pecah.

Tomat

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang ketiga yaitu dengan tomat. Menurut sebuah studi tahun 2014, partisipan yang menelan antara 40 dan 55 miligram pasta tomat dengan minyak zaitun per hari mendapatkan perlindungan dari kerusakan foto akut dan jangka panjang yang disebabkan oleh sinar UV.

Tomat secara alami kaya akan likopen, yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk perlindungan matahari. Jika Anda tidak terlalu suka dengan tomat, cobalah buah dan sayuran lain dengan warna serupa, seperti jambu biji, jeruk bali, semangka, dan paprika merah.

4 dari 5 halaman

Lidah Buaya

ilustrasi lidah buaya
©2014 Merdeka.com/shutterstock/Ilyashenko Oleksiy

BACA JUGA:
{news_title}

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang keempat adalah dengan lidah buaya. Bagi sebagian orang, bintik hitam bukanlah hasil dari hiperpigmentasi, tetapi jaringan parut, yang dapat terlihat terutama pada mereka yang memiliki kulit yang kaya melanin.

Semakin lentur kulit Anda, semakin kecil kemungkinan bekas luka muncul, jadi dengan mengembalikan kelembapan ke dalam kulit dengan minyak dan losion dapat mengurangi kemunculannya dan mencegah pembentukan baru.

Bahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda dari dalam atau dari luar adalah lidah buaya. Lidah buaya bisa ditelan dalam bentuk minuman lidah buaya, atau dioleskan ke kulit sebagai pelembap atau penyembuh kulit dengan cara mematahkan daun tanaman lidah buaya dan mengoleskan gel di dalamnya ke bekas luka Anda.

BACA JUGA:
{news_title}

Gel lidah buaya juga dapat dioleskan langsung ke wajah, seperti halnya banyak pembersih atau pelembap yang mengandung lidah buaya.

5 dari 5 halaman

Vitamin C

012 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

BACA JUGA:
{news_title}

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang terakhir yaitu dengan asupan vitamin C. Menurut American Academy of Dermatology, vitamin C adalah salah satu bahan alami paling efektif yang dapat diandalkan untuk menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah, serta berpotensi mencegah pembentukan bintik-bintik baru.

Untuk memudarkan hiperpigmentasi, Anda bisa mencari bahan pencerah seperti hidrokuinon, asam kojat, asam fitat, dan asam L-askorbat. Bahan perawatan kulit yang kuat juga dapat ditemukan secara alami dalam makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan bayam.

Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah. Caranya:

BACA JUGA:
{news_title}
  • Potong irisan lemon dan letakkan dengan lembut di area yang terkena selama 10 menit, pagi dan sore.
  • Jika Anda memiliki kulit sensitif, campurkan 1 sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan air atau air mawar dalam mangkuk kaca. Celupkan kapas dan oleskan ke kulit.
  • Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembap favorit Anda.
  • Anda akan melihat perbedaan kecerahan dalam dua bulan.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini