5 Cara Mencegah Disfungsi Ereksi Secara Alami, Salah Satunya dengan Berhenti Merokok

Kamis, 8 Oktober 2020 16:20 Reporter : Andre Kurniawan
5 Cara Mencegah Disfungsi Ereksi Secara Alami, Salah Satunya dengan Berhenti Merokok ilustrasi disfungsi ereksi. ©www.netdoctor.co.uk

Merdeka.com - Disfungsi ereksi, atau disebut juga dengan impotensi adalah kondisi di mana seorang pria tidak dapat mencapai atau mempertahankan ereksi selama hubungan seksual. Gejala kondisi ini bisa berupa gairah seksual atau libido yang menurun.

Jika dibiarkan, kondisi disfungsi ereksi ini tentu akan mengganggu kehidupan seksual seseorang. Sayangnya, karena masalah ini kerap dianggap sebagai hal yang tabu, maka banyak pria yang segan berkonsultasi dengan dokter terkait masalah ini.

Bagi pria, masalah disfungsi ereksi dapat menyebabkan stres, menurunkan kepercayaan diri, dan dapat mengalami masalah dalam hubungannya. Itulah kenapa, ada baiknya jika seseorang yang mengalami impotensi berkonsultasi dengan dokter, jika gangguan ereksinya sampai mengganggu kehidupannya dengan pasangan.

Kondisi impotensi bukan gangguan kesehatan yang serius dan hal ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut beberapa cara mencegah disfungsi ereksi secara alami yang dilansir dari niddk.nih.gov.

2 dari 5 halaman

Berhenti Merokok

Cara mencegah disfungsi ereksi yang pertama dengan berhenti merokok. Jika Anda seorang perokok aktif, usahakan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini. Merokok sudah sering dikaitkan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, yang mana dapat menyebabkan kondisi impotensi.

ilustrasi berhenti merokok
©2012 Merdeka.com

Bahkan jika penyakit jantung dan pembuluh darah serta kemungkinan penyebab impotensi lainnya tidak diperhitungkan, merokok masih dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami disfungsi ereksi.

3 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan yang Sehat

Cara mencegah disfungsi ereksi yang kedua dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Untuk membantu menjaga fungsi ereksi, pilih makanan dari biji-bijian, makanan olahan susu rendah lemak, buah-buahan dan sayuran, serta daging tanpa lemak.

Hindari makanan tinggi lemak, terutama lemak jenuh, dan natrium. Ikuti pola makan yang sehat untuk membantu mencapai berat badan yang ideal, dan kontrol tekanan darah dan diabetes Anda. Mengontrol tekanan darah dan diabetes dapat membantu mencegah terjadinya impotensi. Selain itu, hindari minum minuman alcohol sebagai cara mencegah disfungsi ereksi.

4 dari 5 halaman

Menjaga Berat Badan yang Sehat

Cara mencegah disfungsi ereksi yang ketiga dengan menjaga berat badan yang sehat. Menjaga berat badan yang sehat juga dapat membantu mencegah diabetes dan menurunkan tekanan darah Anda. Bicarakan dengan dokter tentang cara mencegah diabetes, atau cara mengelola penyakit tersebut jika Anda sudah mengidapnya. Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengukur tekanan darah Anda.

badan
© elembarazo.net

Jika Anda perlu menurunkan berat badan, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan tentang cara menurunkan berat badan yang aman. Mintalah rujukan ke ahli diet yang dapat membantu Anda membuat pola makan yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kadar testosteron, dan meningkatkan kepercayaan diri, yang semuanya itu dapat membantu mencegah kondisi impotensi. Jika Anda memiliki kondisi badan yang ideal, pertahankan dengan pola makan yang sehat dan aktivitas fisik.

5 dari 5 halaman

Aktif secara Fisik

Cara mencegah disfungsi ereksi yang keempat dengan aktif secara fisik. Aktivitas fisik akan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda, termasuk penis. Bicaralah dengan ahli perawatan kesehatan sebelum memulai aktivitas fisik yang baru.

Bagi pemula, ada baiknya bila memulai dengan aktivitas fisik dengan tempo yang lambat dan aktivitas yang lebih mudah seperti berjalan dengan kecepatan normal atau berkebun. Anda dapat secara bertahap melakukan aktivitas yang lebih berat, seperti berjalan cepat atau berenang. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu.

ilustrasi berjalan
©Thinkstock photos/ Getty Images

Hindari Penggunaan Obat-obatan Terlarang

Cara mencegah disfungsi ereksi yang kelima dengan menghindari penggunaan obat-obatan terlarang. Menggunakan obat-obatan terlarang dapat mencegah Anda mendapatkan atau mempertahankan ereksi.

Misalnya, beberapa obat-obatan terlarang dapat membuat Anda tidak terangsang atau merasakan sensasi lain. Menggunakan obat-obatan terlarang dapat menutupi faktor psikologis, emosional, atau fisik lainnya yang dapat menyebabkan kondisi disfungsi ereksi Anda. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan jika Anda merasa perlu bantuan dengan penyalahgunaan narkoba.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini