5 Amalan Setelah Bulan Ramadan yang Bisa Dikerjakan, Jangan Sampai Lalai

Rabu, 12 Mei 2021 06:16 Reporter : Andre Kurniawan
5 Amalan Setelah Bulan Ramadan yang Bisa Dikerjakan, Jangan Sampai Lalai ilustrasi sholat. islam-today.ru

Merdeka.com - Bulan Ramadan adalah momen spesial bagi umat Islam. Bertemu kembali dan mampu melaksanakan ibadah di bulan yang penuh berkah ini menjadi sebuah nikmat tersendiri bagi kaum Muslimin. Ini karena keutamaan dan balasan besar atas amal baik yang diberikan pada bulan Ramadan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis lain dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang balasan dari amal kebaikan yang dilakukan selama bulan Ramadan,

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat ...” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun, amat disayangkan ketika melihat perubahan sebagian Muslim setelah Ramadan usai. Amalan-amalan baik yang biasa dikerjakan selama bulan Ramadan mulai ditinggalkan. Seakan-akan amalan tersebut hanya khusus dikerjakan selama bulan Ramadan saja.

Padahal, momen Ramadan inilah yang harusnya digunakan untuk memperbaiki ibadah dan hubungan kita dengan Allah SWT untuk kehidupan kita seterusnya. Oleh karena itu, hendaknya kita bisa terus mengerjakan amalan baik yang biasa dikerjakan selama Ramadan.

Terdapat beberapa amalan setelah bulan Ramadan yang bisa dikerjakan. Melansir dari rumaysho.com berikut amalan setelah bulan Ramadan yang bisa dikerjakan sehingga amal baik yang kita kerjakan saat Ramadan bisa terus terbawa di bulan-bulan selanjutnya.

Baca Selanjutnya: Menjaga Sholat Wajib dan Sholat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini