4 Cara Membuat Hiasan Tumpeng untuk Ulang Tahun, Mudah dan Praktis

Minggu, 5 Juli 2020 07:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
4 Cara Membuat Hiasan Tumpeng untuk Ulang Tahun, Mudah dan Praktis Ilustrasi tumpeng. ©2020 Merdeka.com/solusicatering.com

Merdeka.com - Merayakan ulang tahun tak harus selalu dengan kue. Kamu bisa memilih alternatif lain yang lebih unik dan lebih lokal salah satunya adalah dengan membuat tumpeng lengkap dengan berbagai hiasannya.

Jangan khawatir merayakan ulang tahun dengan tumpeng akan terlihat kuno dan membosankan, karena seiring dengan kepopulerannya sebagai hidangan saat ulang tahun, kini ada banyak tema-tema tumpeng yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Misalnya tema tumpeng pelangi yang banyak digandrungi anak kecil saat ulang tahun, selain unik tumpeng pelangi juga sangat mudah dibuat yaitu hanya membuat nasi menjadi berwarna warni bak pelangi.

Tapi bukan pewarna makanan yang ditambahkan dalam membuat nasi tersebut menjadi berwarna. Tetapi tumbuhan yang mempunyai kesan warna tertentu sehingga menimbulkan warna warni dalam nasi tumpeng tersebut. Karena menggunakan pewarna alami maka tumpeng pelangi pun sangat aman di konsumsi anak-anak.

Banyak sekali tanaman yang bisa kita pakai untuk dijadikan pewarna dalam tumpeng pelangi tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan buah bit dan angkak untuk menjadikan nasi berwarna merah jambu, daun pandan untuk warna hijau, Ubi ungu untuk membuat nasi menjadi warna ungu, wortel untuk warna oranye, kunyit untuk warna kuning, dan bunga telang untuk menjadikan warna nasi menjadi biru.

Jika ingin menambah warna, kamu juga bisa menggunakan tinta cumi yang sudah direbus dan di saring agar tidak berbau amis untuk menjadikan warna nasi menjadi abu kehitaman.

Lebih lanjut berikut ini informasi mengenai 4 cara membuat hiasan tumpeng untuk ulang tahun, mudah dan praktis telah dirangkum merdeka.com.

1 dari 4 halaman

1. Siapkan Alat-alat yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat hiasan tumpeng pastikan kamu sudah menyiapkan alat-alat yang diperlukan agar proses menghias tumpeng jadi lebih mudah.

Adapun beberapa alat yang diperlukan untuk menghias tumpeng adalah cutter, pisau, lidi, serta mould. Cutter dan pisau digunakan untuk memotong dan mengiris-iris sayuran sebagai hiasan termasuk membuat pola guratan pada bahan hiasan.

Selain itu lidi juga penting untuk membuat bahan hiasan bisa tetap tegak. Sementara mould digunakan untuk membentuk pola bulatan kecil pada hiasan tumpeng. 

2 dari 4 halaman

2. Cetak Nasi

Setelah menyiapkan peralatan untuk menghias tumpeng, saatnya kamu mulai mencetak nasi sesuai dengan yang kamu inginkan. Seperti yang kita ketahui umumnya nasi tumpeng dicetak menyerupai bentuk kerucut. Namun kamu juga bisa membentuk nasi tumpeng dengan bentuk kotak atau piramida.

Cetaklah nasi sesuai dengan ukuran tumpeng yang ingin kamu buat. Kamu bisa melakukannya dengan cetakan tumpeng yang telah banyak dijual di pasaran atau melakukannya dengan cara tradisional yakni memanfaatkan daun pisang yang dibentuk menyerupai kerucut.

3 dari 4 halaman

3. Pilih Lauk Pauk yang Menarik

Setelah memastikan nasi sudah tercetak dengan sempurna, saatnya kamu pindah untuk mulai mengatur lauk pauk sesuai dengan yang kamu mau. Namun sebaiknya kamu memilih lauk pauk yang memiliki warna yang menyala agar tampak lebih menarik saat disandingkan dengan nasi tumpeng.

Biasanya nasi tumpeng kerap dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur rebus, urap sayur, sambal balado, ayam suwir balado. Namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa memilih menu lain yang sesuai dengan seleramu.

4 dari 4 halaman

4. Pilih Sayuran untuk Hiasan

Saat nasi tumpeng sudah tercetak dengan sempurna dan tata letak lauk sudah sesuai dengan porsinya, saatnya kamu memikirkan untuk membuat hiasan dari sayuran. Jangan lupa pilih sayuran yang segar dan mudah dibentuk seperti tomat, cabai, dan timun.

Kamu bisa membentuk tomat menyerupai bunga mawar untuk membuatnya sangat mudah kamu hanya perlu mengupas kulit tomat secara melingkar agar menjadi gulungan lembaran tipis yang kemudian digulung hingga menyerupai mawar. Sedangkan cabai kamu bisa menjadikannya hiasan dengan menggunting bagian bawah cabai sampai ke atas, lalu gunting sisi lainnya. dan tarik semua bagian hingga membentuk kelopak bunga.

Timun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan hiasan pada nasi tumpeng caranya dengan potong bagian dasarnya supaya bisa berdiri dengan baik, kemudian belah membentuk kelopak bunga untuk bagian tengahnya potong rapi berbentuk diagonal. Biarkan demikian atau kamu juga bisa mengisinya dengan sayuran lain yang menarik.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini