11 Manfaat Pose Kobra untuk Tubuh, Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Perbaiki Postur

Minggu, 7 Agustus 2022 07:01 Reporter : Andre Kurniawan
11 Manfaat Pose Kobra untuk Tubuh, Tingkatkan Sirkulasi Darah hingga Perbaiki Postur Ilustrasi yoga. ©Shutterstock/Pressmaster

Merdeka.com - Yoga dikenal sebagai latihan pikiran dan tubuh. Berbagai pose dalam yoga menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik.

Ada banyak pose yoga yang bisa Anda coba, dan setiap posenya memiliki manfaat masing-masing bagi tubuh. Salah satunya adalah pose kobra, atau yang disebut juga Bhujangasana. Pose ini adalah salah satu gerakan yang banyak diajarkan di kelas yoga.

Pose kobra termasuk dalam kategori pose yang disebut backbends, di mana Anda melengkungkan tulang belakang ke arah belakang, atau gerakan yang dikenal sebagai ekstensi tulang belakang.

Bergerak dengan pose ini sangat membantu untuk melawan postur membungkuk dan bentuk tubuh yang membulat. Postur yang tidak baik ini dialami oleh banyak orang, khususnya para pekerja kantoran yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk di depan komputer.

Berikut kami sampaikan beberapa manfaat pose kobra yang bisa Anda dapatkan dikutip dari laman bebodywise.com.

2 dari 4 halaman

Mengurangi Lemak Ekstra

Manfaat pose kobra yang pertama adalah untuk bantu mengurangi lemak ekstra. Pose kobra menargetkan lemak ekstra di area perut dan membakar kalori sekaligus membuat otot lebih fleksibel. Berlatih asana ini juga meningkatkan metabolisme, sehingga meningkatkan pembakaran asupan kalori. Selain itu, yoga pose kobra juga membantu mengencangkan bokong sekaligus mengurangi lemak ekstra dan mengencangkan otot tulang belakang.

Meningkatkan Pencernaan

Manfaat pose kobra yang kedua untuk meningkatkan pencernaan. Menjadi stimulator alami dalam fungsi pencernaan, latihan rutin dari pose kobra akan membantu merangsang organ pencernaan dan sekresi cairan pencernaan. Ini akan memastikan penyerapan makanan yang lebih baik.

Meningkatkan Fleksibilitas

Manfaat pose kobra yang ketiga untuk meningkatkan fleksibilitas. Pose kobra akan meningkatkan fleksibilitas otot dengan membuka bahu dan leher. Selain itu, ini juga mengurangi rasa sakit dan memperkuat kekakuan pada punggung bagian bawah.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat pose kobra keempat yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Pose kobra membantu sirkulasi oksigen yang lebih baik pada pembuluh darah di jantung dan berbagai organ. Sirkulasi darah yang baik akan meningkatkan nutrisi dan hormon yang lebih baik sambil menghilangkan produk limbah.

3 dari 4 halaman

Mengatur Ketidakteraturan Menstruasi

Manfaat pose kobra yang kelima adalah mengatur ketidakteraturan menstruasi. Jika dilakukan secara teratur, pose kobra dapat membantu mengatur siklus menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, pose ini juga meredakan kram dan nyeri saat menstruasi. Siklus yang teratur sangat penting untuk sistem reproduksi yang sehat.

Memperkuat Sistem Reproduksi

Dalam hal merevitalisasi sistem hormonal dan reproduksi, pose kobra akan membantu dalam berbagai cara jika dilakukan secara teratur. Pose ini akan meningkatkan aliran darah ke rahim dan ovarium, mendetoksifikasi tubuh, dan mengurangi kecemasan dan stres, sehingga memperkuat sistem reproduksi secara keseluruhan.

Mengatasi Kelelahan Dan Manajemen Stres

Pose kobra membantu mengatasi kelelahan, depresi, dan masalah terkait stres. Mengintegrasikan pose dinamis ini ke dalam rutinitas harian Anda tidak hanya meningkatkan suasana hati, tetapi juga menenangkan pikiran Anda.

Mengurangi Gejala Asma

Jika Anda sedang berjuang dengan gangguan pernapasan seperti asma, pose kobra akan membantu membuka penyumbatan dada sambil membersihkan jalan jantung dan paru-paru. Asana ini terbukti menjadi terapi karena membantu memperluas rongga dada, memberi lebih banyak ruang untuk tulang rusuk Anda terbuka.

4 dari 4 halaman

Memperkuat Otot Tangan dan Bahu

Saat melakukan pose kobra, Anda akan mengangkat tubuh selama beberapa menit, dengan tangan dan bahu menahan beban tubuh Anda. Oleh karena itu, asana ini dapat membantu memperkuat otot bisep dan trisep sekaligus membuat perut Anda lebih kuat.

Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat pose kobra yang berikutnya adalah untuk memperbaiki postur. Bhujangasana berkontribusi dalam memperkuat otot punggung Anda dan memberi mereka kekuatan fisik yang hebat. Ini membantu menghilangkan bungkuk di punggung atas Anda, sehingga memperbaiki postur tubuh jadi lebih baik.

Membantu Menghilangkan Rasa Sakit dari Cedera

Pose kobra berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi tubuh Anda dari rasa sakit yang berlebihan akibat cedera yang tak terhindarkan. Pose ini akan meregangkan bidang frontal, membuatnya fleksibel dan mengurangi ketegangan pada otot. Selanjutnya, pose kobra juga mengurangi nyeri linu panggul pada kaki dengan melunakkan pelampiasan tulang belakang.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini