10 Fungsi Vitamin B12, Cegah Osteoporosis Hingga Menjaga Kesehatan Saraf

Jumat, 6 Maret 2020 15:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
10 Fungsi Vitamin B12, Cegah Osteoporosis Hingga Menjaga Kesehatan Saraf Ilustrasi osteoporosis. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Monika Wisniewska

Merdeka.com - Vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukan protein, sel darah, dan jaringan. Kebutuhan vitamin B12 bisa kamu penuhi dengan cara mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan kandungan B12 seperti telur, yoghurt, oatmeal ,susu, hingga daging sapi.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, kamu juga bisa mendapatkan kandungan vitamin ini melalui suplemen tambahan. Namun dengan catatan lebih baik konsultasikan pada dokter mengenai suplemen apa yang cocok untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 supaya terpercaya dan lebih aman dikonsumsi.

Kekurangan vitamin B12 kerap dirasakan oleh wanita hamil, lansia, orang yang sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang terlalu banyak atau berlebihan, dan vegetarian.

Setelah mengetahui sumber bahan makanan yang mengandung B12 kamu juga perlu tahu mengenai beragam manfaat dari vitamin B12.

Berikut adalah 10 fungsi vitamin B12 yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber:

1 dari 10 halaman

1. Mencegah Penyakit Jantung

ilustrasi jantung

Shutterstock 2020 Merdeka.com

Manfaat dari vitamin B12 yang pertama adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan maupun suplemen yang mengandung vitamin B12 dapat menurunkan homosistein.

Homosistein sendiri merupakan asam amino alami,yang bila berada dalam kadar yang tinggi dalam darah dapat memicu meningkatnya risiko penyumbatan pembuluh darah (atherosclerosis). Salah satu penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan pembuluh darah yaitu hipertensi yang berdampak pada peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

2 dari 10 halaman

2. Mengurangi Risiko Depresi

Fungsi vitamin B12 lainnya adalah untuk mengatasi stres ringan dan mengurangi risiko depresi. Hal ini tidak lain karena dengan vitamin jenis ini maka hormon serotonin dapat dimetabolisme. Hormon tersebut dapat menstabilkan emosi serta memunculkan perasaan tenang dan bahagia.

Maka dari itu jangan malas untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12, selain juga kalau merasa makanan saja tidak cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12, kamu bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

3 dari 10 halaman

3. Mencegah Sariawan

003 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/leungchopan

Selama ini orang banyak mengaitkan sariawan dengan kekurangan vitamin C, akan tetapi beberapa penelitian baru-baru ini menyoroti kekurangan zat nutrisi lain sebagai salah satu pemicu timbulnya sariawan adalah asam folat (vitamin B9) dan vitamin B12.

Dikutip dari lukinotes.com, University of Connecticut pernah melakukan penelitian dengan mengumpulkan data tentang pola makan 100 orang yang pernah mengalami sariawan. Setelah diteliti, ternyata asupan vitamin B12 dan folat pada orang-orang tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan kelompok orang yang telah mengikuti survey nasional dan tidak pernah mengalami sariawan.

Maka dari itu mencukupi kebutuhan vitamin B12 akan memberi dampak positif untuk kesehatan kamu salah satunya adalah mencegah sariawan.

4 dari 10 halaman

4. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang tidak hanya terjadi pada orang tua. Orang yang masih muda juga tetap memiliki risiko terkena osteoporosis jika asupan nutrisinya tidak dijaga. Melemahnya kekuatan tulang kerap menyebabkan tulang rapuh dan mudah patah. Kondisi semacam ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala apa pun, sampai pada akhirnya tulang patah hanya karena benturan yang ringan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12 cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah. Biasanya risiko ini umumnya terjadi pada perempuan. Kepadatan tulang yang rendah lama kelamaan akan membuat tulang mudah rapuh sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

5 dari 10 halaman

5. Menjaga Kesehatan Mata

ilustrasi mata

2019 Merdeka.com/Pixabay

Salah satu gejala saat kamu mengalami kekurangan vitamin B12 dapat terlihat dari mata, seperti mata terlihat sedikit menguning atau kelopak mata yang kejang. Maka dari itu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dapat menjaga kesehatan mata.

6 dari 10 halaman

6. Menjaga Kesehatan Usus

Makan makanan yang kaya akan serat dan minum air yang cukup merupakan kunci untuk buang air besar yang sangat sehat. Namun tahukah kamu bahwa kekurangan vitamin B12 juga bisa menyebabkan sembelit, diare, kehilangan nafsu maka,n dan penurunan berat badan.

Maka dari itu penuhi kebutuhan vitamin B12 sebagai upaya menjaga kesehatan usus.

7 dari 10 halaman

7. Mencegah Anemia

002 siti rutmawati

healthguides.healthgrades.com

Salah satu fungsi vitamin B12 adalah untuk mencegah anemia karena vitamin B12 membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Anemia sendiri merupakan kondisi di mana kadar haemoglobin (Hb) dalam darah di bawah normal. Tanda-tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia adalah pucat, sakit dada, napas pendek, cepat lelah, dan pusing.

Pengobatan anemia sendiri harus diarahkan berdasarkan penyebabnya supaya hasilnya lebih maksimal. Beberapa ditempuh melalui transfusi darah, pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, pemberian obat dengan tujuan menambah sel darah dalam tubuh, dan mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin serta mineral lainnya.

8 dari 10 halaman

8. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Fungsi vitamin B12 berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut. Memenuhi asupan vitamin B12 dipercaya dapat membantu proses regenerasi sel kulit kamu, sehingga kulit jadi lebih sehat.

Tidak hanya itu, vitamin B12 juga berguna untuk kecantikan kulit wajah, mencegah penuaan dini, mengurangi risiko perubahan warna kuku, vitiligo atau kondisi hilangnya warna kulit pada bercak, dan juga stomatitis sudut atau sudut mulut meradan dan pecah.

9 dari 10 halaman

9. Mengurangi Risiko Degenerasi Makula

Berikutnya, vitamin B12 juga dapat membantu seseorang dalam mengurangi risiko degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang terkait dengan penuaan, sehingga hal tersebut umumnya terjadi pada orang dengan usia lanjut.

10 dari 10 halaman

10. Menjaga Kesehatan Saraf

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 berperan penting karena vitamin tersebut dikenal sebagai cobalamin yang berperan untuk menjaga kesehatan sel-sel darah. Vitamin B12 juga memainkan peranan penting dalam produksi DNA dan RNA, dua molekul tersebut sangat penting untuk pengkodean, decoding, regulasi dan ekspresi gen.

Selain itu, sama seperti vitamin B, vitamin B12 juga berperan dalam konversi karbohidrat menjadi energi. Maka dari itu demi menjaga kesehatan saraf maka ada baiknya mulai sekarang perhatikan makanan yang kamu konsumsi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini