KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Virtual Account, bentuk kerjasama mutakhir antara sekolah dan bank

Selasa, 14 Mei 2013 17:22

Merdeka.com - Tulisan ini memang terinspirasi dari latar belakang saya yang pernah merasakan nuansa suka ataupun duka di dalam dunia perbankan. Di dalam dunia perbankan kita mengenal adanya kerja sama Virtual Account dalam bentuk pembayaran. Menurut saya alangkah baiknya apabila dalam melakukan transaksi pembayaran uang sekolah dan sebagainya dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak bank terkait dalam hal ini Bank BTN yang ada di sekolah untuk ditingkatkan kerjasamanya menjadi punya nilai lebih menggunakan metode dalam pembentukan virtual account. Tujuan dilakukan hal ini adalah untuk memudahkan siswa ataupun orangtua dalam melakukan pembayaran anak didiknya.

Sebagai bahan informasi tambahan Virtual Account adalah merupakan solusi pembayaran yang dikembangkan oleh perbankan dalam mensupport dan untuk mendukung fleksibilitas melakukan pembayaran uang sekolah ataupun transaksi lainnya.

konsep saya adalah pada konsep Virtual Account ini, setiap pelajar diberikan nomor unik yang mewakili suatu rekening melalui kombinasi nomor BIN (kode prefix bank) dan nomor ID nasabah. Sebagai contoh, yaitu 16 nomor unik yang terbagi atas 4 nomor pemberian Permata Bank untuk suatu sekolah contoh (8891) dan 12 nomor ID siswa di suatu sekolah contoh (000000123456).

Menurut rasio dan logika saya maka dengan fasilitas ini, pembayaran uang sekolah dan biaya lainnya dapat dilakukan di seluruh layanan elektronik bank terkait dalam hal ini Bank BTN, seperti di kantor cabang serta layanan Bank BTN lainnya, yang meliputi ATM BTN, BTN Mobile dan BTN Mini ATM (EDC), atau jaringan ATM Bersama.

Selain itu, pembayaran dapat juga dilakukan di jaringan kantor Cabang dan ATM milik bank lainnya. Transaksi ini terjadi secara langsung dan seketika (on line real lime) kapan pun, di mana pun sehingga nasabah dapat dengan leluasa melakukan transaksinya. Karena di era perkembangan teknologi elektronik yang semakin berkembang maka kemudahan dan keleluasaan dalam melakukan pembayaran biaya pendidikan sekolah merupakan salah satu perhatian utama.

Virtual Account yang dapat diakses dengan menggunakan beragam saluran distribusi, baik elektronik maupun cabang, merupakan solusi dalam memberikan fleksibilitas tersebut. Sekarang menurut saya tinggal dari pihak bank dan sekolah harus dapat memposisikan diri sebagai supporting pelayanan terhadap nasabah ataupun siswa terlebih lagi kepada orang tua siswa, karena tujuan itu semua adalah untuk memberikan fleksibilitas pembayaran uang sekolah bagi orang tua yang anak-anaknya belum memiliki akses perbankan.

Sekali lagi menurut pendapat saya dari sisi sekolah dengan dilakukan kerja sama Virtual Account ini akan memudahkan proses identifikasi transaksi yang dilakukan. Sehingga manajemen sekolah dapat meningkatkan efisiensi operasionalnya, antara lain karena proses rekonsiliasi menjadi lebih cepat dan mudah.

Selain solusi pembayaran tersebut, hal ini juga dapat memberikan nilai lebih atau brand kedua pihak juga menjalin kerja sama penerbitan kartu tabungan co-branding bagi para pelajar. Dan dari pihak bank akan menerbitkan kartu tabungan khusus bagi siswa yang berfungsi sekaligus sebagai kartu pelajar, kartu belanja, kartu pembayaran dan transaksi tarik tunai di ATM yang bebas administrasi bulanan, gratis asuransi jiwa dan gratis asuransi rawat inap, yang disertai dengan foto siswa serta logo Sekolah.

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.